PERBEDAAN SELF ESTEEM ANTARA SISWA PENGURUS OSIS DENGAN SISWA BUKAN PENGURUS OSIS
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(3) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran self esteem dalam membentuk sikap dan perilaku siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan self esteem siswa pengurus OSIS dengan siswa bukan pengurus OSIS di SMAN 55 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif komparatif. Populasi penelitian berjumlah 880 siswa dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang memiliki kriteria: (1) siswa SMAN 55 Jakarta; (2) siswa pengurus OSIS di SMAN 55 Jakarta; (3) siswa bukan pengurus OSIS di SMAN 55 Jakarta, jumlah sampel penelitian dipilih sebesar 10% dari populasi yang berjumlah 90 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah adaptasi dari Coopersmith Self Esteem Inventory (CSEI) dengan total 57 item pernyataan dengan menggunakan Skala Guttman. Hasil menggunakan uji T independen menunjukkan hasil Sig. 0.698 (lebih besar dari 0.05) yang berarti H0 tidak dapat ditolak dan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam self esteem antara siswa pengurus OSIS dan siswa bukan pengurus OSIS (0,698 > 0.05). Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan pada self esteem siswa tidak hanya dipengaruhi oleh keterlibatan dalam organisasi tertentu, tetapi juga oleh faktor-faktor sosial dan pengalaman positif lainnya.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aripa, A., Rahman, K. A., & Muspawi, M. (2023). Implementasi manajemen organisasi siswa intra sekolah. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 12(2), 126-132.
Akyafiani, A. (2019). Perbedaan Self-Esteem Dan Konformitas Pada Remaja Yang Tinggal Dengan Orang Tua, Keluarga Lain Dan Tinggal Di Panti Asuhan Di Cengkareng Jakarta Barat (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).
Coopersmith, Stanley. (1967). The Antecedents Of Self Esteem. Freeman And Company.
Nguyen, D. T., & Wright, E. P. (2019). Low self-esteem and its association with anxiety, depression, and suicidal ideation in Vietnamese secondary school students: a cross-sectional study. Frontiers in psychiatry, 10, 438641.
Reitz, A. K. (2022). Self-esteem development and life events: A review and integrative process framework. Social and Personality Psychology Compass, 16(11), 1–20. https://doi.org/10.1111/spc3.12709
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah konsep, teori, dan aplikasinya. Prenada media.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.24466
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).