IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN HOLISTIK DEEP LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII SMPN 5 PEKANBARU

Nurry Marfu’ah(1*), Alwizar Alwizar(2), Eva Dewi(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(2) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(3) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model pembelajaran holistik yang mengintegrasikan joyful learning, mindful learning, dan meaningful learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VII di SMPN 5 Pekanbaru, serta menganalisis faktor pendukung, penghambat, dan dampaknya terhadap kompetensi siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus tunggal, mengumpulkan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan 3 guru PAI dan 12 siswa, analisis dokumen pembelajaran, dan focus group discussion. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldaña dengan teknik kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran holistik dilakukan melalui strategi pembelajaran yang sistematis dengan mengintegrasikan variasi metode interaktif, media pembelajaran beragam, dan pendekatan contextual-experiential learning. Faktor pendukung utama meliputi komitmen guru, dukungan manajemen sekolah, dan antusiasme siswa, sementara penghambat utama adalah keterbatasan waktu dan variasi kemampuan siswa. Implementasi model pembelajaran holistik terbukti memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa, menciptakan pembelajaran PAI yang komprehensif, bermakna, dan mendukung pencapaian Sustainable Development Goals dalam bidang pendidikan berkualitas.


Keywords


Pembelajaran Holistik; Pendidikan Agama Islam; Kompetensi Siswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aziz, A., & Rahman, F. (2022). Efektivitas penggunaan metode blended learning dalam pembelajaran SKI di Madrasah Aliyah. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 78–92.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals, handbook I: Cognitive domain. Longmans, Green.

Dewey, J. (1938). Experience and education. Macmillan.

Dina, L. (2021). Pembelajaran kontekstual dalam PAI: Menghubungkan teori dengan praktik kehidupan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1), 56–73. https://doi.org/10.14421/jpai.2021.18.1.56-73

Farid, A. (2021). Media pembelajaran digital dalam PAI: Efektivitas dan implementasinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 7(2), 112–129. https://doi.org/10.31958/jipai.v7i2.112-129

Firmansyah, E. (2023). Various Paradigms in Islamic Educational Thought: Fundamentalism, Modernism, and Liberalism. International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS), 5(2), 139-145.

Firmansyah, E., Khozin, K., & Masdul, M. R. (2022). Implementasi Piaud Terhadap Anak–Anak Suku Kaili Pedalaman Di Desa Kalora Kabupaten Sigi. Research and Development Journal of Education, 8(1), 386-390.

Firmansyah, E., Tobroni, T., & Romelah, R. (2023a). Anthropology of Islamic Education as A Socio-Cultural-Religious Modernization Strategy in Alam Al-Kudus Islamic Boarding School. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03).

Firmansyah, E., Anwar, S., & Khozin, K. (2023b). Anthropological Approach to Islamic Education: Establishing Noble Spirituality in Overcoming Social Conflict. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 7(1), 163-172.

Firmansyah, E., Tobroni, T., & Rusady, A. T. (2023c). Internalisasi Ajaran Islam Dalam Aktivitas Budaya Etnik Kaili Prespektif Antropologi Pendidikan Islam. Research and Development Journal of Education, 9(1), 285-299.

Fitri, N. (2023). Kontekstualisasi pembelajaran PAI dalam menghadapi tantangan zaman. Islamic Studies Journal, 5(3), 298–315. https://doi.org/10.35891/isj.v5i3.298-315

Gardner, H. (2011). Frames of mind: The theory of multiple intelligences (3rd ed.). Basic Books.

Handayani, A. B., & Suyadi, S. (2019). Relevansi konsep akal bertingkat Ibnu Sina dalam pendidikan Islam di era milenial. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 222–240.

Hasan, M. F. (2024). The role of Islamic boarding schools in improving the quality of Islamic primary school education. IJIBS, 2(1).

Huraerah, A. J. A. (2016). Etika guru dalam perspektif al-Tirmidzi (Studi atas Kitab Sunan al-Tirmidzi karya Abu Isa Muhammad Bin Isa al-Tirmidzi). Journal of Islamic Education Policy, 1(2), 133.

Kaur, G. (2019). Education thought of John Dewey. International Journal of 360° Management Review, 7(Special Issue).

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Prentice-Hall.

Lestari, I. (2013). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).

Lestari, J. (2020). Pluralisme agama di Indonesia. Al-Adyan: Journal of Religious Studies, 1(1).

Putri, R. M. N., Nulhakim, A., Nasution, H. J., Saputra, R., & Husna, D. U. (2023). Peran wawasan pendidikan karakter guru PAI dalam pembentukan akhlak mulia siswa. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 573–580.

Rizki, F. (2020). Pembelajaran PAI berbasis kontekstual: Strategi menghubungkan teori dengan praktik. Islamic Education Research, 12(3), 267–284. https://doi.org/10.30868/ier.v12i3.267-284

Sari, D. P., & Mulyono, S. E. (2024). Responsive evaluation approaches in higher education: The case of Islamic cultural history courses under MBKM curriculum. Higher Education Evaluation and Development, 18(2), 145–162.

Tobroni, T., & Firmansyah, E. (2022). Tipologi Manajemen Tradisional Dan Modern Dalam Perkembangan Pendidikan Pesantren. Research and Development Journal of Education, 8(1), 333-338.

Tobroni, T., Firmansyah, E., Rajindra, R., & Fadli, N. (2023). Spirituality as a paradigm of peace education. Multicultural Islamic Education Review, 1(1), 26-35.

Tobroni, T., Firmansyah, E., Masdul, M. R., & Anwar, S. (2024). Strengthening Islamic Education Values through Kaili Da'a Local Ethnic Cultural Symbol. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(1), 113-122.

Vhalery, R., Wardoyo, C., Soesilowati, E., & Rahayu, W. P. (2025). A Conceptual Model of Economics Learning Based on Local Wisdom: Integrating the Theories of Lev Vygotsky and John Dewey. Asian Journal of Interdisciplinary Research, 8(2), 124-141.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Wijayanto, A., Murtiyah, & A. A. (2021). Pengaruh media pembelajaran audio visual dan alat peraga edukatif terhadap hasil perkembangan anak di RA Al Khodijah Purworejo Kecamatan Ngunut Kabupaten. OSF Preprints.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.24383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.