PENGUATAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MA PEKANBARU

Frida Rohmatika(1*)

(1) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pembelajaran fikih yang berhasil meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Miftahul Hidayah Pekanbaru dan mengkaji dampaknya terhadap perubahan perilaku disiplin siswa. Fenomena transformasi kedisiplinan yang signifikan di madrasah ini menarik untuk diteliti mengingat pembelajaran mata pelajaran keagamaan umumnya menghadapi tantangan rendahnya minat dan kedisiplinan siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus instrumental, melibatkan observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru fikih, siswa, dan kepala madrasah, serta studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldaña dengan triangulasi sumber dan metode untuk memastikan kredibilitas. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran komprehensif yang mengintegrasikan metode storytelling, diskusi kelompok, teknologi multimedia, komunikasi intensif guru-siswa, dan sistem evaluasi holistik berhasil menurunkan tingkat keterlambatan dari 18 siswa per hari menjadi 3-4 siswa per hari, meningkatkan kehadiran hingga 95%, dan menciptakan dampak positif yang meluas hingga lingkungan keluarga. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan pembelajaran fikih yang efektif dalam pembentukan karakter kedisiplinan siswa di madrasah.


Keywords


Pembelajaran Fikih; Kedisiplinan Siswa; Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin, M. (2017). Problematika pendidikan agama Islam di sekolah umum. Islamic Education Journal, 8(1), 45–62. https://doi.org/10.21580/iej.2017.8.1.1234

Arief, A. (2020). Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan Islam. Ciputat Press.

Azra, A. (2018). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi di tengah tantangan milenium III. Kencana Prenada Media Group.

Baharuddin, H. (2018). Efektivitas metode pembelajaran dalam pendidikan karakter. Jurnal Kependidikan, 12(3), 78–95. https://doi.org/10.24042/jk.v12i3.2845

Creswell, J. W. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Sage Publications.

Direktorat Agama RI. (2019). Pedoman pembelajaran pendidikan agama Islam di madrasah. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Djamarah, S. B. (2018). Psikologi belajar. Rineka Cipta.

Fathurrohman, M. (2018). Inovasi pembelajaran fikih di madrasah aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 34–51. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.161-03

Firmansyah, E. (2023). Various Paradigms in Islamic Educational Thought: Fundamentalism, Modernism, and Liberalism. International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS), 5(2), 139-145.

Firmansyah, E., Khozin, K., & Masdul, M. R. (2022). Implementasi Piaud Terhadap Anak–Anak Suku Kaili Pedalaman Di Desa Kalora Kabupaten Sigi. Research and Development Journal of Education, 8(1), 386-390.

Firmansyah, E., Tobroni, T., & Romelah, R. (2023a). Anthropology of Islamic Education as A Socio-Cultural-Religious Modernization Strategy in Alam Al-Kudus Islamic Boarding School. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03).

Firmansyah, E., Anwar, S., & Khozin, K. (2023b). Anthropological Approach to Islamic Education: Establishing Noble Spirituality in Overcoming Social Conflict. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 7(1), 163-172.

Firmansyah, E., Tobroni, T., & Rusady, A. T. (2023c). Internalisasi Ajaran Islam Dalam Aktivitas Budaya Etnik Kaili Prespektif Antropologi Pendidikan Islam. Research and Development Journal of Education, 9(1), 285-299.

Hamalik, O. (2018). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Hidayat, N. (2020). Korelasi pembelajaran fikih dengan pembentukan akhlak siswa. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 167–185. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v9i2.2687

Ismail, F. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam pendidikan agama Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 89–107. https://doi.org/10.30659/pendas.14.2.89-107

Karman, K. (2019). Tafsir ayat-ayat pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Majid, A. (2020). Strategi pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). Sage Publications.

Muhaimin. (2019). Tantangan integrasi nilai religius dalam pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 18(3), 78–95.

Mujib, A., & Mudzakir, J. (2020). Ilmu pendidikan Islam.

Mulyasa, E. (2019). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara.

Naim, N. (2017). Pendidikan karakter berbasis agama dan budaya bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 145–162. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.15751

Nasution, H. (2018). Pembinaan akhlak sebagai agen transformasi sosial. Jurnal Pemikiran Pendidikan, 15(1), 33–50.

Nata, A. (2018). Perspektif Islam tentang strategi pembelajaran. Kencana.

Qomar, M. (2020). Epistemologi pendidikan Islam dari metode rasional hingga metode kritik. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(1), 56–74. https://doi.org/10.15642/jipi.2020.18.1.56-74

Ramayulis. (2018). Metodologi pendidikan agama Islam. Kalam Mulia.

Sanjaya, W. (2018). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Prenada Media.

Sudiana, I. G. N. (2010). Transformasi budaya masyarakat desa Serangan di Denpasar Selatan dalam pelestarian satwa penyu. Jurnal Bumi Lestari, 10(2).

Sudjana, N. (2017). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.

Syarifudin, A. (2018). Peran kepramukaan dalam membentuk generasi berkualitas. Jurnal Pemberdayaan Pemuda, 4(2).

Tobroni, T., & Firmansyah, E. (2022). Tipologi Manajemen Tradisional Dan Modern Dalam Perkembangan Pendidikan Pesantren. Research and Development Journal of Education, 8(1), 333-338.

Tobroni, T., Firmansyah, E., Rajindra, R., & Fadli, N. (2023). Spirituality as a paradigm of peace education. Multicultural Islamic Education Review, 1(1), 26-35.

Tobroni, T., Firmansyah, E., Masdul, M. R., & Anwar, S. (2024). Strengthening Islamic Education Values through Kaili Da'a Local Ethnic Cultural Symbol. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(1), 113-122.

Uhbiyati, N. (2019). Ilmu pendidikan Islam. Pustaka Setia.

Wahid, A. (2018). Problematika pembelajaran fikih di madrasah tsanawiyah. Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 89–106. https://doi.org/10.29062/ta'lim.v1i2.567

Yin, R. K. (2014). Case study research. Sage Publications.

Zuhairini. (2020). Metodologi pembelajaran pendidikan agama Islam. Universitas Negeri Malang Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.24382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.