PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL, IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA, DAN PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITIES TERHADAP BUDAYA ORGANISASI DI SMA KOTA YOGYAKARTA
(1) SMAN 2 Leuwidamar
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah, implementasi Kurikulum Merdeka, dan Professional Learning Communities (PLC) terhadap budaya organisasi pada tingkat Sekolah Menengah Atas di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Populasi penelitian terdiri dari 290 guru, penentuan sampel dilakukan dengan teknik proportionate random sampling, dan diperoleh sebanyak 168 guru sebagai sampel. Instrumen divalidasi melalui penilaian ahli dan uji empiris menggunakan metode korelasi Product-Moment Pearson. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan Alpha Cronbach. Uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana untuk menguji pengaruh masing-masing variabel bebas (X₁, X₂, X₃) terhadap variabel terikat (Y), serta regresi linier berganda untuk menganalisis pengaruh variabel bebas (X₁, X₂, X₃) secara simultan terhadap variabel terikat (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepemimpinan instruksional berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya organisasi, dengan nilai Sig. 0.000 < 0.05; 2) implementasi Kurikulum Merdeka berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya organisasi, dengan nilai Sig. 0.000 < 0.05; 3) Professional Learning Communities berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya organisasi, dengan nilai Sig. 0.000 < 0.05; dan 4) secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan pada kepemimpinan instruksional kepala sekolah, implementasi kurikulum merdeka, dan Professional Learning Communities terhadap budaya organisasi. Berdasarkan analisis data diketahui nilai Sig. 0.000 < 0.05 dan nilai Adjusted R2 sebesar 0.700, yang menandakan variabel independen (X₁, X₂, X₃) menjelaskan 70.0% variabel dependen (Y).
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anggreani, F. S., & Apriliani, T. (2025). Pengaruh Budaya Nasional Terhadap Budaya Organisasi Untuk meningkatkan kinerja karyawan Di PT. Sugindo Internasional. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 172–178.
Aslam, A., Wahab, A. A., Nurdin, D., & Suharto, N. (2022). Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Basicedu, 6(3), 3954–3961. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2742
Carvalho, A. M., Sampaio, P., Rebentisch, E., McManus, H., Carvalho, J. Á., & Saraiva, P. (2023). Operational excellence, organizational culture, and agility: bridging the gap between quality and adaptability. Total Quality Management & Business Excellence, 34(11–12), 1598–1628.
Denison, D., Nieminen, L., & Kotrba, L. (2014). Diagnosing organizational cultures: A conceptual and empirical review of culture effectiveness surveys. European Journal of Work and Organizational Psychology, 23(1), 145–161. https://doi.org/10.1080/1359432X.2012.713173
Denison, D. R., & Mishra, A. K. (1995). Toward a Theory of Organizational Culture and Effectiveness. Organization Science, 6(2), 204–223. https://doi.org/10.1287/orsc.6.2.204
DuFour, R., Eaker, R., & Many, T. (2006). Learning by Doing: A Handbook for Professional Learning Communities at Work. Solution Tree.
Evangeline, N. (2021). Organizational Culture and Organizational Performance: A Review of Literature. International Journal of Advances in Engineering and Management (IJAEM), 3, 361. https://doi.org/10.35629/5252-0301361372
Garvin, M. (2020). Professional Learning Communities in an elementary school: Teacher perceptions, implementation, and impacts.
Haiyan, Q., & Allan, W. (2021). Creating conditions for Professional Learning Communities (PLCs) in schools in China: the role of school principals. Professional Development in Education, 47(4), 586–598. https://doi.org/10.1080/19415257.2020.1770839
Hallinger, P. (2003). Leading Educational Change: reflections on the practice of instructional and transformational leadership. Cambridge Journal of Education, 33(3), 329–352. https://doi.org/10.1080/0305764032000122005
Hallinger, P., & Murphy, J. (1985). Assessing the Instructional Management Behavior of Principals. The Elementary School Journal, 86(2), 217–247. https://doi.org/10.1086/461445
He, P., Guo, F., & Abazie, G. A. (2024). School principals’ instructional leadership as a predictor of teacher’s professional development. Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education, 9(1), 63. https://doi.org/10.1186/s40862-024-00290-0
Juniar, R. M., Hidayati, D., & Suyata, P. (2024). Penerapan Kepemimpinan Instruksional Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMA IT Kota Balikpapan. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 9(3), 302–312. https://doi.org/10.34125/jkps.v9i3.429
Kotter, J. P. & J. L. Heskett. (1992). Corporate Culture and Performance. The Free Press.
Leithwood, K., Louis, K. S., Anderson, S., & Wahlstrom, K. (2004). How leadership influences student learning. Wallace Foundation.
Nizary, M. A., & Hamami, T. (2020). Budaya sekolah. At-Tafkir, 13(2), 161-172.
Pandian, V., Awang, M. B., Ishak, R. B., & Ariff, N. (2022). A Systematic Literature Review on Professional Learning Community Models. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(11), e001902. https://doi.org/10.47405/mjssh.v7i11.1902
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.24361
Refbacks
- There are currently no refbacks.