STRATEGI GURU PAI MENGINTEGRASIKAN NILAI AGAMA DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 8 PEKANBARU
(1) 
(2) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi guru PAI dalam mengintegrasikan nilai agama dan budi pekerti serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung keberhasilan implementasinya di SMP Negeri 8 Pekanbaru. Fenomena dikotomi pembelajaran agama dan moral dalam pendidikan Islam menjadi problematika yang memerlukan solusi strategis melalui pendekatan integrasi holistik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivis Creswell dan jenis penelitian studi kasus intrinsik. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldaña dengan teknik validasi triangulasi, member checking, dan peer debriefing. Hasil penelitian mengungkap lima strategi integrasi efektif: storytelling Islami dengan refleksi nilai, pembelajaran kontekstual, pemodelan uswah hasanah, pembelajaran berbasis proyek karakter, dan pembelajaran kolaboratif. Keberhasilan implementasi didukung tujuh faktor: komitmen guru, dukungan kepemimpinan, ketersediaan sumber daya, budaya sekolah kondusif, keterlibatan orang tua-masyarakat, sistem evaluasi komprehensif, dan fleksibilitas adaptasi. Temuan memperkuat teori pendidikan Islam holistik sekaligus menghasilkan model integrasi praktis yang dapat direplikasi. Kontribusi penelitian mendukung pencapaian SDG 4 tentang pendidikan berkualitas dan SDG 16 tentang pembangunan institusi yang kuat melalui pengembangan generasi berkarakter dan berintegritas tinggi.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Al-Attas, M. N. (1980). The concept of education in Islam. Kuala Lumpur: Muslim Youth Movement of Malaysia.
Azra, A. (2020). Genealogy of Indonesian Islamic education: Roles in the modernization of Muslim society. Heritage of Nusantara: International Journal of Religious Literature and Heritage, 9(1), 1–21.
Bashori, K. (2018). Menyemai karakter Islami sejak usia dini. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 89–108.
Creswell, J. W. (2019). Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran.
Daradjat, Z. (2018). Metodologi pengajaran agama Islam. Bumi Aksara.
Dewi, S. K. (2020). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI di sekolah menengah. Jurnal Kependidikan Islam10, 10(1), 45–62.
Effendi, M. A. (2021). Sinergi tripusat pendidikan dalam pembentukan karakter siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 26(1), 67–84.
Fajar, T. N. (2018). Inovasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis teknologi. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(2), 201–220. https://doi.org/https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i2.3421
Fauziah, R., & Rahman, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Holistik dalam Pendidikan Al-Qur’an: Studi Kasus di TPQ Modern. Journal of Islamic Education Studies, 9(1), 78–93.
Fitriani, A. (2020). Peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam11, 11(2), 187–205. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.6789
Hasanah, U. (2019). Strategi guru PAI dalam pembentukan akhlak mulia siswa di era digital. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(3), 234–251. https://doi.org/https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i3.567
Hidayat. (2020). Integrasi Ilmu dalam Pendidikan Islam: Menuju Generasi Ulama Intelek. Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 45–62.
Hidayat, N. (2017). Profesionalisme guru pendidikan agama Islam: Tantangan dan peluang. Pustaka Pelajar.
Indrawati, L. (2018). Model pembelajaran terpadu dalam pendidikan agama Islam. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 16(1), 89–106.
Kuntowijoyo. (2019). Islam sebagai ilmu: Epistemologi, metodologi, dan etika. Tiara Wacana.
Kurniawan, D. (2019). Efektivitas metode pembelajaran kontekstual dalam PAI. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(2), 145–162.
Langgulung, H. (2018). Beberapa pemikiran tentang pendidikan Islam. Al-Ma’arif.
Langgulung, H. (2019). Asas-asas Pendidikan Islam. Pustaka Al-Husna Baru.
Maarif, M. A. (2019). Analisis strategi pendidikan karakter melalui hukuman preventif. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 31–56.
Maharani, P. (2021). Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran di sekolah umum. Islamic Education Journal, 2(1), 78–95.
Majid, A. (2020). Strategi pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Mas’ud, A. (2020). Rekonstruksi pendidikan pesantren dalam era globalisasi. Jurnal Penelitian, 14(1), 67–89.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.
Muhaimin, A., & Masrur, M. (2021). The Integration of Sufism Values in Islamic Education Institutions: Challenges and Prospects. Ournal of Islam and Plural Societies, 2(2), 1–18.
Mulyadi, H. (2018). Pembelajaran berbasis karakter dalam pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 167–184.
Nata, A. (2020). Metodologi studi Islam. Raja Grafindo Persada.
Purnama, I. (2021). Penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran PAI terintegrasi. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 245–264.
Qomar, M. (2018). Epistemologi pendidikan Islam: Dari metode rasional hingga metode kritik. Erlangga.
Ramayulis. (2017). Metodologi pendidikan agama Islam. Kalam Mulia.
Sanjaya, W. (2018). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Prenada Media.
Santoso, B. (2019). Model integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 45–67.
Sari, M. (2020). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI di SMA. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2), 89–108.
Subhan, F. (2017). Konsep pendidikan berbasis fitrah dalam perspektif Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 234–251.
Suyatno. (2021). Kepemimpinan transformasional dalam pendidikan Islam. Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan, 2(2), 145–163.
Tafsir, A. (2019). Transformasi Karakter dalam Menghadapi Tantangan Kontemporer. Jurnal Pemikiran Islam, 26(4), 112–128.
Uno, H. B. (2019). Model pembelajaran: Menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Bumi Aksara.
Utomo, P. (2020). Strategi guru dalam pendidikan karakter siswa sekolah menengah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 34–52.
Wahid, A. (2019). Agen Perubahan dan Misi Keadilan. Jurnal Pendidikan, 26(4), 112–128.
Wahid, A. H. (2019). Pergulatan negara, agama, dan kebudayaan. Desantara.
Wulandari, S. (2019). Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran di sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 178–195.
Yin, R. (2014). Case Study Research. Sage.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.24335
Refbacks
- There are currently no refbacks.