PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA SMAN 1 MANDAU
(1) 
(2) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(3) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi dinamika penggunaan gadget dalam mempengaruhi motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas X di SMA Negeri 1 Mandau dan menganalisis strategi pedagogis guru dalam mengintegrasikan teknologi digital sebagai media pembelajaran efektif. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus tunggal, penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan guru PAI dan siswa, observasi partisipatif terhadap proses pembelajaran, serta analisis dokumen pembelajaran. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldaña dengan teknik coding bertingkat dan triangulasi untuk memastikan kredibilitas temuan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan gadget dalam pembelajaran PAI menciptakan peningkatan engagement siswa melalui aplikasi Al-Qur'an digital, akses luas terhadap sumber keagamaan, dan pengembangan kemandirian belajar spiritual. Strategi pedagogis yang efektif mencakup blended learning, storytelling digital, gamifikasi, personalisasi pembelajaran, dan contextual learning yang mentransformasi gadget menjadi medium spiritual. Temuan ini menantang perspektif teoritis yang skeptis terhadap teknologi dalam pembelajaran agama, menunjukkan bahwa implementasi yang thoughtful dapat memperkuat internalisasi nilai-nilai keagamaan. Penelitian berkontribusi pada pencapaian SDG 4, 11, dan 16 melalui model pendidikan yang mengintegrasikan teknologi untuk memperkuat karakter spiritual dan kohesi sosial dalam masyarakat berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Brown, L. M., Johnson, K., & Wilson, R. (2019). Technology integration in secondary education: A meta-analysis of student outcomes. Educational Technology Research and Development, 67(4), 892–915. https://doi.org/10.1007/s11423-019-09678-2
Carr, N. (2020). The shallows: What the Internet is doing to our brains. WW Norton & Company.
Clark, R. C., & Kozma, R. B. (2019). Learning with media: Arguments, analysis, and evidence. Information Age Publishing.
Creswell, J. W. (2019). Research design: Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif dan campuran.
Firmansyah, E. (2023). Various Paradigms in Islamic Educational Thought: Fundamentalism, Modernism, and Liberalism. International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS), 5(2), 139-145.
Firmansyah, E., Khozin, K., & Masdul, M. R. (2022). Implementasi Piaud Terhadap Anak–Anak Suku Kaili Pedalaman Di Desa Kalora Kabupaten Sigi. Research and Development Journal of Education, 8(1), 386-390.
Firmansyah, E., Tobroni, T., & Romelah, R. (2023a). Anthropology of Islamic Education as A Socio-Cultural-Religious Modernization Strategy in Alam Al-Kudus Islamic Boarding School. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03).
Firmansyah, E., Anwar, S., & Khozin, K. (2023b). Anthropological Approach to Islamic Education: Establishing Noble Spirituality in Overcoming Social Conflict. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 7(1), 163-172.
Firmansyah, E., Tobroni, T., & Rusady, A. T. (2023c). Internalisasi Ajaran Islam Dalam Aktivitas Budaya Etnik Kaili Prespektif Antropologi Pendidikan Islam. Research and Development Journal of Education, 9(1), 285-299.
Hassan, N., & Kim, S. (2022). Youth perceptions of religious authority in the digital age. Journal of Religion and Society, 24(3), 287–305.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (2019). Naturalistic inquiry. SAGE Publications.
Martinez, C., Rodriguez, A., & Thompson, E. (2019). Digital pedagogy and student engagement in secondary education. Teaching and Teacher Education, 85.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage Publications.
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2021). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.
Patel, R. (2021). Role of information technologies in global business successes. In B. S. Thakkar (Ed.), Culture in global businesses (pp. 3-28). Palgrave Macmillan.
Prensky, M. (2017). Digital natives, digital immigrants revisited. Information Age Publishing.
Rahman, A. (2019). Implementasi pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran fikih. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama, 27(2), 198–215.
Roberts, K., Davis, L., & Anderson, M. (2019). The role of technology in enhancing student motivation: A qualitative investigation. Journal of Educational Research, 112(4), 456–469. https://doi.org/10.1080/00220671.2019.1567890
Shamsy, A. (2013). The canonization of Islamic law: A social and intellectual history. University Press.
Siddiqui, A. (1997). Ethics in Islam: Key concepts and contemporary challenges. Journal of Moral Education, 26(4), 423–431.
Thompson, J. (2020). Special educational needs and disabilities in schools: A critical introduction. Bloomsbury Academic.
Tobroni, T., & Firmansyah, E. (2022). Tipologi Manajemen Tradisional Dan Modern Dalam Perkembangan Pendidikan Pesantren. Research and Development Journal of Education, 8(1), 333-338.
Tobroni, T., Firmansyah, E., Rajindra, R., & Fadli, N. (2023). Spirituality as a paradigm of peace education. Multicultural Islamic Education Review, 1(1), 26-35.
Tobroni, T., Firmansyah, E., Masdul, M. R., & Anwar, S. (2024). Strengthening Islamic Education Values through Kaili Da'a Local Ethnic Cultural Symbol. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(1), 113-122.
Turkle, S. (2018). Alone together: Why we expect more from technology and less from each other. Basic Books.
Yin, R. K. (2014). Case study research. Sage Publications.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.24115
Refbacks
- There are currently no refbacks.