MENELUSURI DINAMIKA ORGANISASI PEMBELAJAR DALAM MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PTK) DI SLB DENA UPAKARA

Layung Rahmawati(1*), Nurtanio Agus Purwanto(2)

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menginterpretasi pemahaman ketua yayasan, kepala sekolah, kepala asrama, guru, dan tenaga kependidikan di SLB Dena Upakara Wonosobo terkait konsep organisasi pembelajar; (2) menggali strategi yang digunakan dalam proses manajemen PTK dengan konsep organisasi pembelajar; dan (3) menganalisis peran kepemimpinan dalam memberi peluang bagi pertumbuhan organisasi pembelajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan metode heuristic inquiry yang dilakukan pada Oktober 2024 hingga Januari 2025. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman yang mencakup pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman informan yang beragam tentang organisasi pembelajar, dengan penekanan pada pembelajaran berkelanjutan, adaptasi, dan kolaborasi. SLB Dena Upakara mengintegrasikan konsep organisasi pembelajar dan transformasi digital, yang berdampak positif pada efisiensi, inklusivitas, kualitas hidup kerja, dan pengelolaan pengetahuan. Gaya kepemimpinan yang diterapkan adalah kolaboratif, transformasional, dan demokratis, menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran dan pengembangan. Kesimpulan menunjukkan bahwa konsep organisasi pembelajar dapat menjadi salah satu strategi alternatif untuk meningkatkan layanan pendidikan inklusif di SLB Dena Upakara Wonosobo.


Keywords


Organisasi Pembelajar; Sekolah Luar Biasa; Strategi Manajemen Personalia

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bass, B. M. (2006). Transformational leadership. Lawrence Elabaum Associating.

Brynjolfsson, E., & McAfee, A. (2014). The Second Machine Age: Work, Progress, and Prosperity in a Time of Brilliant Technologies. Norton & Company.

Fullan, M. (2001). Leading in a Culture of Change. Jossey-Bass

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Permendiknas No. 70 Tahun 2009. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Senge, P. M. (1990). The art and practice of the learning organization. New York: Doubleday.

Tapscott, D. (2015). The digital economy. McGraw-Hill Education.

Wenger, E. (1999). Communities of practice: Learning, meaning, and identity. Cambridge university press.

Wibowo, U. (2007). Manajemen Perubahan dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yukl, G. (2013). Leadership in Organizations. Pearson Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.23933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.