PERBEDAAN KEMATANGAN EMOSI MAHASISWA LAKI LAKI DAN PEREMPUAN DI PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UHAMKA

Adellya Amartya Puspita(1), Nuraini Nuraini(2), Cici Yulia(3*)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(3) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi oleh fenomena mengenai perbedaan kematangan emosi antara laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui dan mendeskripsikan apakah terdapat perbedaan dari kematangan emosi mahasiswa laki-laki dan perempuan Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif komparatif menggunakan jenis instrumen yaitu kuesioner. Populasi berjumlah 457 mahasiswa. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan memiliki kriteria yaitu mahasiswa aktif BK FKIP UHAMKA, mahasiswa laki-laki, dan mahasiswa perempuan. Rentang sampel yang diambil sebanyak 10% dari populasi sehingga total yang digunakan sebanyak 82 responden. Instrumen yang digunakan pada perbedaan emosi mahasiswa laki-laki dan perempuan terdapat 43 item penyataan yang berbentuk kuesioner. Sedangkan kuesioner untuk menilai perbedaan kematangan emosi mahasiswa laki-laki dan perempuan menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian berdasarkan hasil perhitungan Uji T diperoleh nilai sig 0,709 > 0,05, maka Ha ditolak yaitu tidak terdapat perbedaan kematangan emosi pada mahasiswa laki-laki dan perempuan di Program Studi BK FKIP UHAMKA. Berdasarkan perhitungan diperoleh hasil rata-rata kematangan emosi pada mahasiswa laki-laki sebesar 27,15 dan pada mahasiswa perempuan sebesar 27,44, hal ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kematangan emosi mahasiswa laki-laki dan perempuan.


Keywords


Kematangan Emosi; Laki-laki; Perempuan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, P, D. (1997). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta

Hurlock, Elizabeth, B. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Indriani, Y. (2020). Hubungan pola pengasuhan dengan kematangan emosi pada remaja di kecamatan bandar dua kabupaten pidie jaya (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Kristina, A. Y., Eva, N., & Bisri, M. (2019). Pengaruh Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian Sosial Pada Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang. Jurnal Sains Psikologi, 8(1), 187-192.

Pranoto, Y., & Simbolon, M. J. (2021). Perbedaan Kematangan Emosi Berdasarkan Jenis Kelamin di FK UISU Angkatan 2017. Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan-Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, 20(2), 142-149.

Rahma, Z. (2019). Hubungan Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Siswa Di SMA Negeri 8 Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Sadewa, A. R. (2013). Kematangan emosi pada pendaki gunung ditinjau dari jenis kelamin (Doctoral dissertation, Widya Mandala Catholic University Surabaya).

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan: Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Walgito, B. (1980). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.23871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).