MODIFIKASI WEBSITE GOOGLE SITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PASAR MODAL

Sunarti Djoko(1*), Heri Pratikto(2), Wening Patmi Rahayu(3)

(1) Universitas Negeri Malang (UM)
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada abad 21 ditandai dengan terobosan-terobosan teknologi komunikasi dan informasi. Teknologi kini semakin berperan penting dalam dunia pendidikan. Teknologi telah mengubah cara kita berkomunikasi, memperoleh informasi, dan belajar dalam lingkungan pendidikan.Google Sites merupakan salah satu media yang dibuat oleh Google sebagai platform pengembangan web yang sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran karena mudah dioperasikan dan tidak memerlukan coding dalam proses pengerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran mata kuliah Lembaga Keuangan dan Pasar Modal pada materi pasar modal dengan memodifikasi Google Sites menjadi media pembelajaran yang interaktif, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pada tahap Analisis, peneliti melakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis media. Pada tahap Desain, peneliti mendesain produk dan perangkat. Pada tahap Pengembangan, peneliti membuat media dan melakukan validasi. Pada tahap Implementasi, peneliti melakukan uji coba media untuk mendapatkan kepraktisan dan efek potensial. Pada tahap Evaluasi, peneliti melakukan pembahasan terhadap nilai kepraktisan dan efek potensial. Untuk teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan angket dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di Institut Sains dan Kependidikan Kie raha (ISDIK) Maluku Utara.


Keywords


Google Sites; Media Pembelajaran; Berbasis Web; Pengembangan; Pasar Modal

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Chofifah, Y. A. N., & Gunansyah, G. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “Nares” Berbasis Google Sites Pada Materi Indonesia Kaya Raya Kelas V Sekolah Dasar.

Haviz, M. (2016). Research And Development; Penelitian Di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Ta’dib, 16(1).

Juniawan, E. R., Salsabila, V. H., Prasetya, A. T., & Rengga, W. D. P. (2023). Studi Literatur: Analisis Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 82-94.

Ketut, P. (2013). Model Pengembangan Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Said, S. (2023). Peran teknologi digital sebagai media pembelajaran di era abad 21. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2), 194-202.

Saputra, H., Octaria, D., & Isroqmi, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Materi Turunan Fungsi. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 123–135. https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i2.4072

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan multimedia interaktif video senam animasi berbasis budaya khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 280-294.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.23669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).