PERBEDAAN INTERAKSI SOSIAL DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA SMP NEGERI 9 TAMBUN SELATAN

Siti Maulida Fitriyani(1*), Nurmawati Nurmawati(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana siswa laki-laki dan perempuan kelas VIII di Smp Negeri 9 Tambun Selatan berinteraksi satu sama lain secara berbeda. Kuesioner digunakan sebagai instrumen pengumpulan data dalam pendekatan penelitian deskriptif komparatif. Siswa VIII yang terdaftar di SMP Negeri 9 Tambun Selatan, baik laki-laki maupun perempuan, berjumlah 140 orang yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Sampel berjumlah 58 siswa, 29 orang diantaranya adalah laki-laki dan 29 orang perempuan. Purposive sampling digunakan dalam prosedur pengambilan sampel. Teori yang menjadi pedoman penelitian adalah teori Sarwono. Analisis deskriptif dengan mean, median, modus, standar deviasi, skor tertinggi, dan skor terendah merupakan metode analisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat variasi dalam pergaulan siswa, ehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tambun Selatan perlu ditingkatkan dengan memberikan perhatian lebih terhadap berbagai unsur yang bisa menyebabkan terganggunya interaksi sosial siswa karena interaksi sosial yang positif sangat diperlukan khususnya pada siswa.


Keywords


Interaksi Sosial; Siswa; SMP Negeri 9; Tambun Selatan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aprianti, M. (2019). Perbedaan Kompetensi Sosial Pada Remaja Pria Dan Remaja Wanita. Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta, 3(2), 154.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.

Friebel, G., Lalanne, M., Richter, B., Schwardmann, P., & Seabright, P. (2021). Gender differences in social interactions. Journal of Economic Behavior & Organization, 186, 33-45.

Gray, J. (2004). Men Are from Mars, Women Are from Venus. Ebooks.

Sarwono, S. W. (2019). Pengantar Psikologi Umum. Rajawali Pers.

Seff, F., & Fitriah, A. (2019). Perbedaan Perilaku Prososial Pada Remaja Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Psycho Holistic, 1(1), 18-22.

Soekanto, S. & Sulistyowati, B. (2013). Sosiologi Suatu Penghantar. Rajawali Pers.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Turaeni, N. N. T. (2017). Interaksi Sosial Perempuan dan Laki-laki dalam Cerpen Para Pedansa Karya M. Shoim Anwar: Kajian Sosiologi Sastra. GENTA BAHTERA: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 3(1), 71-80.

Yusuf, S. (2017). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja . PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.23666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).