PENGEMBANGAN ARGUMENTED REALITY INSTRUMENT BERBANTUAN POWERPOINT TOPIK ANYAMAN BAMBU DI KELAS V
(1) Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Instrumen penilaian merupakan alat untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran. Namun, guru belum melakukan inovasi dalam mengembangkan instrumen penilaian belajar. Akibatnya hasil belajar siswa tentang aneka anyaman belum baik.Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan soal topik aneka anyaman yang dikombinasikan dengan Game Puzzle, Pilihan Ganda ClassPoint dan Pilihan Ganda Argumented reality. Diharapkan instrument penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang aneka anyaman. Metode penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model 4D yang meliputi Define, Design, Develop dan Disseminate. Data yang dianalisis adalah hasil dari data validasi materi dan validasi media atau desain. Pengembangan media berbasis game argumented reality dalam powerpoint menghasilkan validasi ahli media memperoleh presentase sebesar 90% dengan kelayakan kulifikasi yang menyatakan sangat baik Validasi materi oleh validator satu memperoleh nilai 95%, oleh validator 2 memperoleh nilai 95%. Rata-rata keseluruhan aspek baik dari validator media, dan validator materi 1 dan 2 memperoleh nilai rata-rata 93%. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media instrumen game aneka ragam anyaman bambu argumented reality berbasis powerpoint ini dinyatakan layak digunakan dalam menjalankan keefektifan dalam pembelajaran sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ahied, M., Muharrami, L. K., Fikriyah, A., & Rosidi, I. (2020). Improving students’ scientific literacy through distance learning with augmented reality-based multimedia amid the covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 499–511. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.26123
Aprianis, A., Novalia, N., Anum, A., & Dharmawan, D. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Flipbook Bagi Guru SMAN 2 Negeri Katon. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(1), 127. https://doi.org/10.37905/dikmas.2.1.127-136.2022
Azizah, N., Putri, S. U., & Adjie, N. (2020). Efektivitas Penerapan Steam Berbantuan Augmented Reality Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun. RECEP: Research In Early Childhood Eduation and Parenting, 1(1), 32–42. https://ejournal.upi.edu/index.php/RECEP/article/view/29395
Bakhtiar, F. A. (2018). Pengembangan Aplikasi Berbasis Multimedia pada Pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(1), 16. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i1.9363
Degeng, N. S. (2020). Developing Interactive Multimedia Model 4D for Teaching Natural Science Subject. December.
Ellianawati, E., Mufiatunnikmah, S., Setyaningsih, N. E., & Subali, B. (2020). Asesmen Multi Representasi Berbasis Keterampilan Abad Ke-21 pada Materi Gerak Lurus. Physics Education Research Journal, 2(1), 19. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.1.5038
Hsu, H. P., Wenting, Z., & Hughes, J. E. (2019). Developing Elementary Students’ Digital Literacy Through Augmented Reality Creation: Insights From a Longitudinal Analysis of Questionnaires, Interviews, and Projects. In Journal of Educational Computing Research (Vol. 57, Issue 6). https://doi.org/10.1177/0735633118794515
Ilmu, F., Dan, T., Negeri, U. I., & Utara, S. (2020). Media pembelajaran.
Islam, J. P., & Vol, M. (2022). DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PEMBELAJARAN SISWA DI SEKOLAH DASAR. 4(2), 220–231.
Jesionkowska, J., Wild, F., & Deval, Y. (2020). Active Learning Augmented Reality for STEAM Education—A Case Study. Education Sciences, 10(8), 1–15. https://doi.org/10.3390/educsci10080198
Khairani, A., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Menggunakan Sparkol Videoscribe Pada Materi Statistika Kelas IV SD. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 219–238. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.898
Muslichatun, Ellianawati, & Wardani, S. (2021). Analisis Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Konsep Rangka Manusia Berbantuan Media Interaktif Berbasis Android. Jurnal Profesi Keguruan, 7(1), 142–150.
Muthmainnah, & Istiyono, E. (2019). Constructing Reasoning Multiple Choice Test to Measure Bloomian Higher Order Thinking Skills in Physics of XI Grade Students. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012037
Nasir-Moin, M., Suriawinata, A. A., Ren, B., Liu, X., Robertson, D. J., Bagchi, S., Tomita, N., Wei, J. W., Mackenzie, T. A., Rees, J. R., & Hassanpour, S. (2021). Evaluation of an Artificial Intelligence-Augmented Digital System for Histologic Classification of Colorectal Polyps. JAMA Network Open, 4(11). https://doi.org/10.1001/jamanetworkopen.2021.35271
Ningrum, K. D., Utomo, E., Marini, A., & Setiawan, B. (2022). Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1297–1310. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2289
Nopriyanti, N., & Sudira, P. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kompetensi dasar pemasangan sistem penerangan dan wiring kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6416
Parhati, L. N., Zulijah, S., & Nugroho, M. T. (2022). Peran Guru PAI dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual dan Emosional Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal of Elementary Educational Research, 2(2), 121–129. https://doi.org/10.30984/jeer.v2i2.285
Pengembangan, A. M. (2019). Gambar 1. Model Penelitian Pengembangan (Borg & Gall, 1983). 10.
Prastiawan, M. D., & Utaminingsih, E. S. (2024). Development of Natural Science Instruments on the Topics of Green Plant Assessment. Research and Development Journal Of Education, 10(2), 1208–1220.
Purnomo, H., & Wilujeng, I. (2016). Pengembangan Bahan dan Instrumen Penilaian Penyempurnaan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 12–19. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/14288/pdf
Rohman, P. N. (2021). JINoP ( Jurnal Inovasi Pembelajaran ). 7(c), 1–9.
Rouf, A. (2019). Reaktualisasi dan Kontekstualisasi Kearifan Lokal dengan Manhaj Global: Upaya menjawab problematika dan tantangan pendidikan di era Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 910–914.
Saleh, M. (n.d.). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. 51–56.
Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468
Setyawan, B., Rufii, Nf., & Fatirul, A. N. (2019). Augmented Reality Dalam Pembelajaran IPA Bagi Siswa SD. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90
Utaminingsih, E. S., Anwar, A., Arbi, A., Lala, C., Salama, M. S., Apriantoro, S., Intania, B. Y., & Ihsandi, A. (2024). Enhancing Critical Reasoning Character in Pancasila Students : A STEAM Approach by E-Module PRISMA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(10), 7296–7305. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i10.7325
Utaminingsih, E. S., & Ellianawati, E. (2025). Development of Steam-Based E-Modules on Human Circulatory Topics Containing Critical Reasoning and Independent Characters. Turkish Online Journal of Distance Education-TOJDE, 26(1), 48–84.
Utaminingsih, E. S., Intania, B. Y., Aida, H., Salama, M. S., & Sukma, I. M. (2024). Designing an Innovative Educational Framework for “How We Live and Grow” Using the 4D Model. Journal of Educational Development, 12(1), 42–52. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1752
Utaminingsih, E. S., Raharjo, T. J., & Ellianawati. (2023). Development of an E-module Based on STEAM on the Topic of Human Blood Circulation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5333–5340. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i7.3719
Utaminingsih, E. S., Ramadhani, M. H., Puspita, M. A., Sumartiningsih, S., Apriantoro, M. S., & Ihsandi, A. (2024). Fostering Superior Characters : Development of Innovative Instruments for Critical Reasoning and Independent Character in the Realm of Science Topic. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(8), 4650–4661. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i8.7053
Utaminingsih, E. S., Wuriningsih, F. R., Intania, B. Y., & Idammatussilmi. (2025). Empowering Sustainable Education Through Differentiated Learning : A Systematic Review in Primary School. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 63–72.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.23637
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION


















