MERDEKA BELAJAR, MERDEKA BERKARYA: E-MODUL ANDROID UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Syahrul Munir(1*), Heri Pratikto(2), Wening Patmi Rahayu(3)

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Kurikulum Merdeka yang digulirkan pemerintah menuntut guru untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran agar lebih berkualitas dan beragam. Namun, implementasinya di lapangan masih menghadapi kendala, salah satunya terkait kesiapan guru dalam mengembangkan bahan ajar yang efektif dan relevan dengan tuntutan kurikulum tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis aplikasi Android dengan game edukasi pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model 4D meliputi tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian berupa e-modul Ecobook yang telah divalidasi oleh ahli materi dan media serta mendapat respon sangat layak dari siswa dengan persentase 91,26%. Uji efektivitas dengan one group pretest-posttest menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan N-Gain Score 0,658. Dapat disimpulkan bahwa e-modul Ecobook sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran ekonomi materi masalah dasar ekonomi. E-modul berbasis aplikasi ini menarik minat belajar siswa, memfasilitasi pembelajaran mandiri, serta dapat diakses kapan saja dan di mana saja.


Keywords


E-Modul; Game Edukasi; Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Almeida, S. and Viana, J. (2022). Teachers as curriculum designers: what knowledge is needed?. The Curriculum Journal, 34(3), 357-374. https://doi.org/10.1002/curj.199

Ambarita, E. (2021). Belajar Dari Rumah (Bdr) Menggunakan Padlet Alternatif E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Sman 56 Jakarta). 2(1), 30–36.

Dewi, I. P., Akbar, H., Jalinus, N., Waskito, & Irfan, D. (2021). Development of Android-Based Interactive Learning Media Using Ispring Suite Application. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 14(3), 49–55.

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 134. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Pamungkas, P. W. G., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Word Search Puzzle Berbasis Android pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X pada Saat Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4363–4373. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1464

Pratama, D. P. A., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Handout Digital Berbasis Android Pada Materi APBN dan APBD Kelas XI IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 15–28.

Rohwati, M. (2012). Penggunaan Education Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 75–81.

Sanjaya, W., Erita, Y., Putri, R., & Indriyani, N. (2022). Teachers' readiness and ability in designing teaching modules in the independent curriculum. Journal of Digital Learning and Distance Education, 1(7), 288-296. https://doi.org/10.56778/jdlde.v1i7.46

Sari, A. K., Rahmiati, R., Rosalina, L., & Irfan, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran perawatan wajah berbasis android pada kompetensi tata kecantikan di sekolah menengah kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 602. https://doi.org/10.29210/30032220000

Sasmita, D. H., Utami, W. S., & Budiyanto, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Pembelajaran Geografi sma kelas x di surabaya. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 4(2), 621–631.

Siregar, L., Sumanik, N., & Christianto, H. (2022). Analysis of teacher’s ability in setting learning objectives, flow of learning objectives, and modules in the merdeka curriculum. SHS Web of Conferences, 149, 01005. https://doi.org/10.1051/shsconf/202214901005

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.23584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).