BELAJAR GO GREEN: “INOVASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS MICROLEARNING UNTUK PEMBELAJARAN ECOPRENEURSHIP"

Sulistiyani Sulistiyani(1*), Heri Pratikto(2), Wening Patmi Rahayu(3)

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas Learning management system (LMS) berbasis microlearning dengan nama "Belajar Go Green" untuk mata kuliah Ecopreneurship di Universitas Pamulang. LMS ini dirancang dengan pendekatan microlearning yang menyajikan materi pembelajaran dalam segmen-segmen singkat dan padat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LMS "Belajar Go Green" telah berhasil dikembangkan dengan fitur-fitur seperti penyajian materi dalam bentuk teks dan video, evaluasi pre-test dan post-test, forum diskusi, dan penugasan project. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa LMS "Belajar Go Green" berada dalam kategori sangat valid dengan skor rata-rata 86,75%. Uji coba kepada mahasiswa juga menunjukkan hasil yang sangat valid untuk persepsi kemudahan penggunaan (82%) dan persepsi kegunaan (90%). Uji efektivitas dengan desain one group pre-test and post-test menghasilkan rata-rata nilai N-gain sebesar 0,587991718 atau 58,79917%, yang termasuk dalam kategori sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa LMS "Belajar Go Green" berbasis microlearning efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan mahasiswa pada mata kuliah Ecopreneurship.


Keywords


Learning Management System; LMS; Microlearning; Ecopreneurship

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Allela, M. (2021). Introduction to microlearning.

Bada, S. O., & Olusegun, S. (2015). Constructivism learning theory: A paradigm for teaching and learning. Journal of Research & Method in Education, 5(6), 66–70.

Bradley, V. M. (2021). Learning management system (LMS) use with online instruction. International Journal of Technology in Education, 4(1), 68–92.

Branch, R. M., & Stefaniak, J. E. (2019). Instructional design theory. Open and Distance Education Theory Revisited: Implications for the Digital Era, 85–94.

Bruner, J. S. (1961). “ The Act of Discovery”. Harvard Educational Review, 31: 21-32.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.

Dewey, J. (1929). The quest for certainty.

Dolasinski, M. J., & Reynolds, J. (2020). Microlearning: a new learning model. Journal of Hospitality & Tourism Research, 44(3), 551–561.

Giurgiu, L. (2017). Microlearning an evolving elearning trend. Scientific Bulletin, 22(1), 18–23.

Hidayatulah, A. H. (2015). Pengembangan bahan ajar berbasis web interaktif dengan aplikasi e-learning moodle pada pokok bahasan besaran dan satuan di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2).

Kasim, N. N. M., & Khalid, F. (2016). Choosing the right Learning management system (LMS) for the higher education institution context: A systematic review. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 11(6).

Krishnamoorthy, R. R., Prelatha, R., David, T. K., & Manikam, M. K. (2021). The Implementation of Behaviorism, Constructivism and Information Processing Theory in Instructional Design Practice Activities–A Review. International Journal of Education and Pedagogy, 3(2), 37–44.

Leong, K., Sung, A., Au, D., & Blanchard, C. (2020). A review of the trend of microlearning. Journal of Work-Applied Management, 13(1), 88–102.

Listiawan, T. (2016). Pengembangan Learning management system (lms) di program studi pendidikan matematika stkip pgri tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 1(01).

Mohammed, G. S., Wakil, K., & Nawroly, S. S. (2018). The effectiveness of microlearning to improve students’ learning ability. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 32–38.

Noriska, N. J., Widyaningrum, R., & Nursetyo, K. I. (2021). Pengembangan Microlearning pada Mata Kuliah Difusi Inovasi Pendidikan di Prodi Teknologi Pendidikan. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 100–107.

Piaget, J. (1980). The psychogenesis of knowledge and its epistemological significance.

Spatioti, A. G., Kazanidis, I., & Pange, J. (2022). A comparative study of the addie instructional design model in distance education. Information, 13(9), 402.

Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138.

Vygotsky, L. (1962). Thought and language. MIT press Cambridge, MA.

Zhang, J., & West, R. E. (2020). Designing Microlearning Instruction for ProfessionalDevelopment Through a Competency Based Approach. TechTrends, 64(2), 310–318.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.23549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).