INOVASI WEBSITE NOTION SEBAGAI PLATFORM PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROYEK

Jefry Aulia Martha(1*), Heri Pratikto(2), Wening Patmi Rahayu(3)

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Evolusi teknologi telah merubah paradigma lembaga pendidikan dengan menghilangkan batasan geografis dan keterbatasan zona waktu dalam proses pembelajaran. Di dalam kelas, Internet memiliki dampak yang signifikan, memungkinkan para pendidik untuk memperkaya metode pembelajaran mereka. Penggunaan media pembelajaran interaktif membantu peserta didik dalam memahami materi dengan lebih baik dan meningkatkan kolaborasi aktif selama proses pembelajaran. Penelitian ini menyoroti pentingnya pengembangan keterampilan kolaboratif dan analitis dalam konteks pemasaran online untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin digital. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan desain penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan 5 tahap penelirian. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa produk hasil inovasi website notion sebagai platform pembelajaran interaktif berbasis proyek dapat membantu menunjang pembelajaran di kelas dan mampu menjawab serta mendukung tantangan global dalam lingkungan perguruan tinggi ynag terbukti dengan validasi ahli dan pengguna masuk dalam kategori sangat layak dan penilaian aktivitas belajar masuk dalam kategori sangat aktif untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen masuk dalam kategori aktif.


Keywords


Inovasi; Website; Notion; Pembelajaran Interaktif; Proyek

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Cahyani, A., Agustin, D., Muslimah, I., & Khulliyatunnisa, N. (2023). Peran Aplikasi Notion dalam Perkuliahan untuk Mewujudkan Produktivitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 262-273.

Dewi, N. L. P. R., Suastra, I. W., & Pujani, N. M. (2018). Pengembangan modul praktikum ipa smp kontekstual pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan karakter peduli lingkungan. Indonesian Values and Character Education Journal, 1(2), 57-67

Do?ekal, V., & Tulinská, H. (2015). The Impact of Technology on Education Theory. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 3765–3771. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.1111

Embarak, O. H. (2022). Internet of Behaviour (IoB)-based AI models for personalized smart education systems. Procedia Computer Science, 203, 103–110. https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.07.015

Hendri, N., & Anugrah, S. (2019). Development of Web-Based Materials Using Moodle Applications in E-learning System. Atlantis-Press.Com, 372(ICoET), 272–275. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icoet-19/125925094

Hidayati, N. (2021). Pemanfaatan website sekolah sebagai strategi digital marketing di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 111-133.

Lakutomo, G. S. (2014). Analisis Pemasaran Terhadap Bisnis Online (E-Commerce) Dalam Jaringan Sosial Internet (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Maxwell, P. E., Little, J. J., & Stites-Doe, S. (2011). eTextbook Exploration: Are Students Ready to Declare their Independence from the Printed Text?.

Morrison, G. R., Ross, S. J., Morrison, J. R., & Kalman, H. K. (2019). Designing effective instruction. John Wiley & Sons.

Nardjosoeripto, P., Sari, N., & Purbosari, P. M. (2017). Analisis Ahli dalam Pengembangan Evaluasi Pembelajaran IPS Online Berbasis Classmaker. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 268-278.

Novitasari, E., & Rahman, K. (2021). Analisis Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Media Pembelajaran Simulator Hidroponik Berbasis Mikrokontroller Di SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 7(2), 249. https://doi.org/10.26858/jptp.v7i2.22781

Putra, D. R., & Nugroho, M. A. (2016). Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11364.

Prihatiningtyas, S., & Sholihah, N. F. (2020). Project Based Learning E-Module to Teach Straight-Motion Material for Prospective Physics Teachers. Pendidikan Fisika, 8(3), 223–235. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i3.3442

Rahayu, W. P. (2016). Pengembangan Modul Kewirausahaan Di SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2). DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v17i2.2634.

Rahayu, W. P., Zutiasari, I., & Munadhiroh, S. (2021). Learning Media of Canva Based on Flipbook in the Subjects of Creative Products and Entrepreneurship to Improve Students’ Digital Technopreneurship Competence. In Sixth Padang International Conference On Economics Education, Economics, Business and Management, Accounting and Entrepreneurship (PICEEBA 2020) (pp. 220-229). Atlantis Press. DOI 10.2991/aebmr.k.210616.033.

Sabtaningrum, F. E., Wiyokusumo, I., & Leksono, I. P. (2020). E-book Tematik Terpadu Berbasis Multikultural Ddlam Kegiatan SFH (School from Home). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 153-162. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24796.

Salam, R., Akib, H., & Daraba, D. (2018, October). Utilization of learning media in motivating student learning. In 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018) (pp. 1100-1103). Atlantis Press.

Sangsawang, T. (2015). Instructional design framework for educational media. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 176, 65-80.

Santos, C., Rybska, E., Klichowski, M., Jankowiak, B., Jaskulska, S., Domingues, N., ... & Rocha, J. (2023). Science education through project-based learning: a case study. Procedia Computer Science, 219, 1713-1720.

Shalikhah, N. D. (2017). Media pembelajaran interaktif lectora inspire sebagai inovasi pembelajaran. Warta Lpm, 20(1), 9-16. DOI: 10.23917/warta.v19i3.2842.

Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). Pelatihan pemanfaatan dan pengembangan bahan ajar digital berbasis multimedia interaktif untuk menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Karinov, 3(1), 53.

Sung, Y. T., Chang, K. E., & Liu, T. C. (2016). The effects of integrating mobile devices with teaching and learning on students’ learning performance: A meta-analysis and research synthesis. Computers and Education, 94, 252–275. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.11.008

Wariani, T., & Hayon, V. H. (2023). Kajian Tentang Keaktifan, Hasil Belajar, dan Produk yang Dihasilkan Mahasiswa Pada Perkuliahan yang Menerapkan Pembelajaran Berbasis Proyek. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 5(2), 134-142.

Wulandari, E. (2014). Penerapan Metode Praktek Untuk Meningkatkan Keterampilan Sholat Siswa Kelompok A Paud Terpadu Jabal Rahmah Banguntapan Bantul (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.23521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).