PENGEMBANGAN APLIKASI POINT OF ACCOUNTING PADA MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI

Eni Susilowati(1*), Heri Pratikto(2), Wening Patmi Rahayu(3)

(1) 
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam era globalisasi, perkembangan teknologi, terutama di bidang teknologi informasi, meningkat pesat. Salah satu area di mana teknologi informasi berkembang pesat adalah Aplikasi akuntansi berbasis. Oleh karena itu, pengembangan aplikasi berbasis web seperti Point of Accounting sangat diperlukan untuk membantu proses pembelajaran akuntansi. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat dirumuskan bahwa permasalahan adalah bagaimana optimalisasi perancangan Point of Accounting berbasis Web yang bisa membantu proses pendataan barang, pembuatan nota penjualan, pembelian dan laporan keuangan. Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar dalam praktik mata kuliah Pengantar Akuntansi masih menggunakan Buku Folio besar selayaknya mata kuliah tersebut. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan model penelitian Research and Development (R&D) atau Penelitian dan Pengembangan. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Point of Accounting di Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Nahdlatul. Hasil pengembangan sistem pada Aplikasi Point of Accounting berbasis Web yang difokuskan pada proses pembelajaran Pengantar Akuntansi 2 menunjukkan aktivitas sebagai berikut Aplikasi Web Point of Accounting menggunakan model Research and Development (R&D) yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, ujicoba produk, revisi desain dan produk, dan produksi masal. Pada langkah selanjutnya adalah hasil uji coba produk Uji coba lapangan terdapat 4 aspek yang dinilai diantaranya adalah kualitas system menjadi prioritas dalam mata kuliah pengantar akuntansi 2. Navigasi Responden Navigasi menunjukkan 90% menyatakan bahwa kesimpulan sangatbaik. Kepuasan pengguna dalam mengaplikasikan Point of Accounting menyatakan puas. Buku panduan yang digunakan dalam penelitian ini dipergunakan untuk mempermudah responden.

 


Keywords


Pengembangan; Point of Accounting; POA

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustina, R., Dartanto, T., Sitompul, R., Susiloretni, K. A., Achadi, E. L., Taher, A., ... & Khusun, H. (2019). Universal health coverage in Indonesia: concept, progress, and challenges. The Lancet, 393(10166), 75-102.

Gani, et. al. (2020). Sepaktakraw Double Event. Surabaya: PT. Raja Grafindo Persada.

Ramdhani, F. R., et.al. (2021). Pendidikan Kewirausahan. Medan: Yayasan Kita Menulis

Muharto & Arisandy, A. (2016). Metode Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish

Nistrina, K., & Rahmania, A. (2021). Sistem Informasi Point of Sale Berbasis Website Studi Kasus: PT Barokah Kreasi Solusindo (ARTPEDIA). Jurnal Sistem Informasi (J-SIKA).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soemarso. (2009). Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat.

Warren, dkk. (2005). Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.23387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).