PENERAPAN MEDIA BERBASIS VIRTUAL REALITY UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh media teknologi berbasis Vitual Reality yang digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Pemilihan media ini berpengaruh terhadap proses belajar peserta didik, mendengarkan dongeng dan cerita pendek dengan media VR dapat menumbuhkan kreatifitas peserta didik dalam memiliki rasa ingin tahu dan kepercayaan diri. Adapun subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III unggulan dan Wali kelas III unggulan MIN 1 Medan dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dikumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik Triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media pembelajaran berbasis teknologi ini, guru bahasa indonesia kelas 3 MIN 1 Kota Medan telah berhasil menumbuhkan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran bahasa indonesia yang ditandai dengan peserta didik mampu mengungkapkan apa yang terjadi dengan gaya bicara yang kreatif, selain itu peserta didi juga mampu mengambil pesan atau amanat bahkan kesimpulan dari sebuah cerita yang diberikan melalui media virtual reality. Dengan demikian, siswa menjadi lebih semangat dan berlomba-lomba dengan peserta didik yang lain untuk menunjukkan kreativitas mereka.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdillah, F., Riyana, C., & Alinawati, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality terhadap Kemampuan Analisis Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Educational Technologia, 2(1), 35–44.
Amalia, D., Efendi, A., Kasuya, I. L., Sofia, I., & Fadlillah, N. (2024). PEMBERDAYAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI DI SEKOLAH DASAR. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 46–53.
Aminah, S., Ramawani, N., Azura, N., Fronika, S., Meitha Hasanah, S., & Salsabillah, T. (2022). Pengaruh Metode Belajar Sambil Bermain Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2). https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.66
Anggriani, R., & Hurriyati, D. (2024). Peningkatan Kreativitas Melalui Media Majalah Dinding Anak Kelas 6 SDN 16 Pemulutan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 143–147. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23729
Aulia, Z., Sari, D. P., Nst, M. D., AR, N. A., Muda, S. N., Qulby, T. L. N., & Akmalia, R. (2023). Inovasi Pendidikan Dalam Peningkatan Strategi Mutu Pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4191–4196. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.778
Bell, D., & Jones, R. (2013). Exploring augmented reality. D&T Practice: The Design and Technology Publication for the Profession, (1), 15–17.
Bergita, I., Bera, L., & Mbari, M. A. F. (2023). Meningkatkan Hasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Menuliskan Kembali Isi Dongeng Menggunakan Media Audio Visual Pada Peserta Didik Kelas III SD Katolik Wegoknatar Kecamatan Hewokloang. Journal on Education, 5(3), 6672–6680. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1447
Bhugaonkar, K., Bhugaonkar, R., & Masne, N. (2022). The Trend of Metaverse and Augmented & Virtual Reality Extending to the Healthcare System. Cureus, 14(9). https://doi.org/https://doi.org/10.7759/cureus.29071
Cuhanazriansyah, M. R. (2023). Kontribusi Pembelajaran berbasis Virtual Reality (VR) dalam upaya Peningkatan Pembelajaran Berkelanjutan. INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(2), 1–4. https://doi.org/https://doi.org/10.56842/infotika.v2i2.264
Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82–88. https://doi.org/https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876
Farsi, G. Al, Yusof, A. B. M., Fauzi, W. J. B., Rusli, M. E. Bin, Malik, S. I., Tawafak, R. M., … Jabbar, J. (2021). The practicality of virtual reality applications in education: Limitations and recommendations. Journal of Hunan University Natural Sciences, 48(7).
Harni. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya di SD Negeri 2 Uebone. Jurnal Paedagogy, 8(2), 181–189. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3481
Indriana, N., Nisa’, I. F., & Diantika, D. E. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Komunikatif Berbasis Keunggulan Lokal (Implementasi Kampus Merdeka di Unugiri Bojonegoro). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.2960
Lovisia, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ, 2(1), 1–10.
Manurung, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-book di Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad, 10(2).
Matondang, A. H., Syahfitri, N., Fadilla, S., Ramadhani, T., & Hasibuan, S. (2024). Analisis Strategi Guru dalam Menggunakan Teknologi Berbasis Digital pada Pembelajaran PKN di SD Negeri 105322. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 248–255. https://doi.org/https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i2.984
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. In PT Remaja Rosdakarya.
Musril, H. A., Jasmienti, J., & Hurrahman, M. (2020). Implementasi Teknologi Virtual Reality Pada Media Pembelajaran Perakitan Komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 9(1), 83. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.23215
Mustafa, P. S., & Suryadi, M. (2022). Landasan Teknologis sebagai Peningkatan Mutu dalam Pendidikan dan Pembelajaran: Kajian Pustaka. Fondatia, 6(3), 767–793. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.2130
Nasution, M. F., & Anas, N. (2022). The Effect of Mentimeter Learning Media on Students’ Learning Outcomes in Biology Learning. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8(2), 293– 301. https://doi.org/https://doi.org/10.36987/jpbn.v8i2.2791
Pandita, S., & Stevenson Won, A. (2020). Clinical applications of virtual reality in patient-centered care. Technology and Health: Promoting Attitude and Behavior Change, 20(17), 129–148. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-12-816958-2.00007-1
Rahmawati, L., Lestari, C., Batura, I., Mahata, E., & Ningrum, V. (2024). THE EFFECTIVENESS OF EDUCATION USING VIRTUAL REALITY VIDEO MEDIA ON ORAL HYGIENE STATUS IN STUDENTS OF STATE ELEMENTARY SCHOOL 10 SUNGAI SAPIH , PADANG CITY. According to the Data and Information Centre of the Ministry of Health of the Republic of Indonesi, 13(1), 39–43.
Risqi, W., & Siregar, N. (2023). Media Papan Pintar Materi Perkalian dalam Pembelajaran Matematika Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63497
Shabilla, S. P., Suprihatien, & Yuliana, L. (2023). Penerapan Media Edukatif Teka- Teki Silang Materi Membaca Dongeng Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Iii Sdn Dukuh Kupang V Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(2), 352–357.
Siahaan, A., Akmalia, R., Syafriani, Y., Ramadhani, S., Ahmad, A. K., & Sihombing, H. R. S. (2022). Manajemen Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Belajar Mengajar di SMP Negeri 2 Binjai. ANWARUL, 2(6), 436–446.
Sibuea, R., Nasution, S., & Rambe, R. N. (2023). Teacher Creativity in Making Learning Media in MIN 3 Medan City. Literasi Nusantara, 3(3), 95–107.
Sinduningrum, E., Hilda, A. M., & Kamayani, M. (2021). Praktik Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality Berbasis Mobile untuk Media Pembelajaran Merakit Personal Komputer. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 482–490.
Siregar, L. N. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga (Garis Bilangan) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2501–2509.
Sudatha, Wawan, G., & Tegeh, M. (2015). Desain Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabet.
Supriadi, M., & Hignasari, L. V. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 578–581.
Wijaya, A. K., Giyono, U., & Adha, M. M. (2020). Kontribusi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Model Role Playinguntuk Pengembangan Keterampilan Intelektual Siswa. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(2), 130.
Zulherman, Z., Aji, G. B., & Supriansyah, S. (2021). Android Based Animation Video Using Millealab Virtual Reality Application for Elementary School. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4), 754–764.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.23369
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).