IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM PENGELOLAAN KELAS IQRA’ PADA YAYASAN MASJID BAITUL HIKMAH CIMANGGIS

Tri Angkarini(1), Wiwik Yully Widyawati(2*), Suhendra Suhendra(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Pakuan
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya manajemen mutu terpadu/total quality management (TQM) dalam pendidikan non-formal, khususnya pada program kelas Iqra’ di Yayasan Masjid Baitul Hikmah Cimanggis. Pendidikan non-formal memerlukan penerapan TQM untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan efektivitas proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi TQM dalam pengelolaan kelas Iqra’ dan dampaknya terhadap kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara langsung dengan pengurus, tenaga pengajar, dan peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TQM telah meningkatkan kepuasan peserta, meskipun terdapat beberapa kendala, seperti kurangnya materi pembelajaran dan alat bantu. Tindakan korektif yang diusulkan meliputi penjadwalan ulang program, penambahan materi ajar, dan pengaturan penggunaan alat bantu pengajaran. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan evaluasi berkelanjutan terhadap implementasi TQM dan memperluas cakupan penelitian ke lembaga pendidikan non-formal lainnya untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif tentang efektivitas TQM dalam konteks pendidikan.


Keywords


Total Quality Management; TQM; Kelas IQRA; Pendidikan Non-formal

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Annisa, A., & Gyfend, P. (2021). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Syntax Transformation, 2(07), 929-936.

Ariyani, R. (2021). Implementasi Total Quality Management (TQM) di Lembaga Pendidikan Tinggi Islam.

Creswell, J., & Creswell, J. D. (2009). Reseach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed.

Farhan, F., & Suhartini, A. (2022). Masjid Sebagai Basis Pendidikan Non Formal. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 14(1), 46-57.

Heene, J., & Jodkowska, L. (2014). 80 New ISO 29990: 2010 as Value Added to Non-Formal Education Organization in the Future.

Hidayat, M. F., Tobroni, T., & Rusady, A. T. (2023). IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA PEMBELAJARAN ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG. Research and Development Journal of Education, 9(1), 266-278.

Jasmi, K. A. & A. H. T. (2019). Pendidikan Islam, Kaedah Pengajarandan Pembelajaran. Skudai: Universiti Teknologi Malaysia.

Khaeriyah, E. (2021). Fungsi Masjid dan Peranannya dalam Perkembangan Umat Muslim. LP2M. Url: https://web.syekhnurjati.ac.id/lp2m/fungsi-masjid-dan-peranannya-dalam-perkembangan-umat-muslim/

Khoirunisaa, I. (2022). Pengembangan Mutu Lembaga Pendidikan Islam Non-Formal: Eksplorasi Strategi BKPRMI pada Taman Pendidikan Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 77-88.

Krisnawati, N. M., Asrori, A., & Sumiati, T. (2018). Efektivitas Taman Pendidikan Alqur’an (TPQ) terhadap Mata Pelajaran Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 42-57.

Lie, V., Katuuk, D. A., Rotty, V. N., & Lengkong, J. S. (2021). Manajemen Mutu Terpadu: Suatu Pendekatan Transformatif Gerakan Mutu secara Mandiri pada Perguruan Tinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 55-61.

Mahdi, M. (2021). Implementasi TQM Berbasis Metode Qiraati di TPQ Daarul Jannah Desa Kaligawe Wetan Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon. Hadlonah: Jurnal Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 2(1), 23-32.

Ma'dan, M., Ismail, M. T., & Daud, S. (2020). Strategies to enhance graduate employability: insights from Malaysian public university policy-makers. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 17(2), 137-165.

Meirani, R. K., Supriyanto, A., & Imron, A. (2023). Implementasi Total Quality Management melalui Penjaminan Mutu dan Pelibatan Stakeholder dalam Penyusunan Kurikulum SMK PK. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2).

Mirela, T. (2022). Evaluation Of The Qur'an Education Program (PAQ) At Masjid Syuhada Elementary School Yogyakarta. In Annual International Conference on Islamic Education for Students (Vol. 1, No. 1).

Muchith, M. S. (2019). Total Quality Management Pendidikan Islam (Studi TPQ Qiro’ati di Kabupaten Kudus Jawa Tengah). Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 14(2).

Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Absolute Media.

Muntoha, M. (2015). Pemanduan Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di Masjid Arofah, Dusun Bandung dan Dusun Songbanyu 1, Kecamatan Songbanyu, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. AJIE (Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship), 4(03), 155-160.

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Buku Ajar Praktis Cara Membuat Penelitian. Pantera Publising.

Nata, A. (2021). Peran dan fungsi masjid di Indonesia dalam perspektif pendidikan Islam. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(3), 414-432.

Olayiwola, R. K., Tuomi, V., Strid, J., & Nahan-Suomela, R. (2024). Impact of Total quality management on cleaning companies in Finland: A Focus on organisational performance and customer satisfaction. Cleaner Logistics and Supply Chain.

Ompusunggu, S. G., & Salomo, R. V. (2019). Analisis pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 5(1), 78-86.

Prayatna, Y. A., Yakin, N., & Citriadin, Y. (2023). Implementasi sistem manajemen mutu pendidikan islam di Yayasan Nurul Islam Sekarbela. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1).

Rahmi, S. (2015). Total quality management dalam memajukan Pendidikan Islam. Intelektualita, 3(1).

Rasdi, M. T. H. M. (1998). The mosque as a community development centre: programme and architectural design guidelines for contemporary Muslim societies. UTM.

Sallis, E. (2012). Total Quality Management In Education. Yogyakarta: Ircisod.

Santosa. (2019). Buku Ajar Metodologi Penelitian. IPB Press.

Sarvitri, A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2020). Penerapan manajemen mutu terpadu pada sistem penjaminan mutu pendidikan internal. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 38-51.

Savira, L. (2023). Peran guru pada transformasi pendidikan dalam menyongsong generasi emas 2045. Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 4(2), 28-36.

Shen, J., & Luo, Q. (2022). The construction and application of regional education quality monitoring databases: A case study of Suzhou’s education quality monitoring. Best Evidence in Chinese Education, 12(2), 1613-1628.

Sihabuddin, H. (2017). Bahan Ajar TPQ Berdasarkan Kurikulum Taman Pendidikan al-Qur'an. Semarang: Syiar Media Publising.

Snyder, C. R., Sympson, S. C., Ybasco, F. C., Borders, T. F., Babyak, M. A., & Higgins, R. L. (1996). Development and validation of the State Hope Scale. Journal of personality and social psychology, 70(2), 321.

Sözeri, S., & Altinyelken, H. K. (2019). What are children being taught in the mosque? Turkish mosque education in the Netherlands. Learning, Culture and Social Interaction, 22, 100326.

Syaharuddin, S., Mandailina, V., Riadi, R., & Mahsup, M. (2018). Peningkatan Manajemen Tata Kelola dan Metode Baca Tulis Al Qur’an Guru dan Santri Kelompok TPQ di Lombok Tengah NTB. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 1(1), 10-19.

Syaifullah, S., Yusuf, R. M., Hidayah, Z., & Pujiwati, A. (2023). A Literature Review of Total Quality management Practices in Malaysia and Indonesia Schools. International Journal of Social Service and Research, 3(9), 2344-2354.

Syamsih, D. (2024). Meningkatkan Peran Masjid dalam Ibadah dan Pendidikan Islam: Studi Kasus di Masjid Namira Lamongan. Maneggio, 1(2), 1-11.

Syarif, M. (2019). Sumber Daya Pendidikan Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Tarbiyatul Aulad, 5(1).

Syukron, B. (2017). Implementasi manajemen mutu terpadu (Studi transformasi pada perguruan tinggi). Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(1), 51-62.

Tamuri, A. H. (2021). Konsep Dan Pelaksanaan Fungsi Masjid Dalam Memartabatkan Masyarakat:(The Concept And The Implementation Of The Role Of Masjid In Elevating The Society). International Journal of Mosque, Zakat And Waqaf Management (Al-Mimbar), 1-12.

Thahira, A. (2023). Peningkatan Berkelanjutan: Pendekatan Analisis Tulang Ikan. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1).

Ulyani, H. (2019). Implementasi Total Quality Management Pendidikan Melalui Uswah Hasanah Pada Tk-It Umar Bin Khathab Kudus. QUALITY, 7(1).

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yusmina, E., & Murniati, A. R. (2014). Implementasi manajemen mutu terpadu dalam peningkatan kinerja sekolah pada SMK Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.23364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).