IMPLEMENTASI MEDIA BUKU CERITA ISLAMI DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA KELAS 3 MIN 4 MEDAN

Radhiatul Yusra(1*), Salminawati Salminawati(2)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Buku cerita islami merupakan buku yang berisi tentang cerita cerita islami yang dapat menumbuhkan rasa penasaran siswa apabila melihat gambar dan karakter pelakon dalam buku cerita islami tersebut. Penelitian ini di latar belakangi oleh media buku cerita islami yang digunakan dalam proses pembelajaran di MIN 4 Medan. Buku cerita islami dapat dijadikan media dalam menumbuhkan karakter gemar membaca siswa di siswa usia sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari media buku cerita islami dalam menumbuhkan karakter gemar membaca siswa. Dengan jenis penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Adapun subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III-A dan Wali kelas III-A MIN 4 medan. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dikumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik Triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan buku cerita Islami sebagai media dalam pembelajaran telah terbukti efektif dalam menarik perhatian siswa dan menumbuhkan karakter gemar membaca dalam diri siswa. selain mampu menumbuhkan karakter gemar membaca penerapan buku cerita Islami juga dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dan membantu siwa dalam membangkitkan semangat belajar mereka serta menjadikan proses pembelajaran lebih menyenangkan.


Keywords


Media Buku; Buku Cerita Islami; Karakter; Gemar membaca

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anas, N. (2022). The Effect of Mentimeter Learning Media on Students’ Learning Outcomes in Biology Learning. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8(2), 293–301. https://doi.org/10.36987/jpbn.v8i2.2791

Arifin, S. (2018). Penanaman Karakter Islami Melalui Program Hafalan Takhasus di SD Negeri 3 Gondanglegi Kulon Tahun Ajaran 2017/2018. Rahmatan Lil Alamin Journal of Peace Education and Islamic Studies, 1(1), 48.

Dewi, A. (2022). Upaya menumbuhkan karakter gemar membaca melalui gerakan literasi nasional. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 202–210. https://doi.org/10.21831/jpka.v13i2.48577

Fat, E. (2022). Peningkatan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) Masyarakat Melalui Pengukuran Indeks Gemar Membaca (IGM). Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(2), 341. https://doi.org/10.29240/tik.v6i2.5498

Harahap, A. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Akhlak Tercela melalui Model Pembelajaran Problem Solving. 185.

Hendrawan Triyanto, I. K. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menumbuhkan Karakter Gemar Membaca Siswa SD Muhammadiyah 2 Gbk Gresik (Vol. 1).

Indria, A. (2020). Multiple Intellegences. Atlantic Monthly, 3(1), 211–234.

Lubis, Z., & Harahap, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Web Educandy untuk Siswa SMP Cerdas Murni Tembung. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 657–673. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i1.4753

Manurung, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-book di Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad, 10(2). https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8978

Nasution, Z. (2019). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Alquran Untuk Membangun Karakter Peserta Didik. Jurnal Al-Fatih, 2(1), 50–66. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/24

Nurjanah, Ayu Putri., Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7. www.jleukbio.org

Oktradiksa, A., Studi, P., Manajemen, M., Islam, P., Islam, F. A., & Magelang, M. (2023). Brand Image Dan Kepuasan Layanan Terhadap. 7(2), 44–55.

Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211

Qoni’ah, S. (2020). Menumbuhkan Budaya Literasi Sebagai Dimensi Spiritual Melalui Kisah-Kisah Nabi Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2, hal 7-10. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/186

Rahayu, D. (2019). Pembentukan Karakter Gemar Membaca Anak Melalui Media Buku Cerita Bergambar Usia 5-6 Tahun Di Kelompok B Tk Azkia Sukabumi Bandar Lampung. Skripsi. https://docplayer.info/153807848-Pembentukan-karakter-gemar-membaca-anak-melalui-media-buku-cerita-bergambar-usia-5-6-tahun-di-kelompok-b-tk-azkia-sukabumi-bandar-lampung.html

Rambe, A. H., Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Sumatera, N. (2021). Diktat Edukatif Andina Halimsyah Rambe.docx. Journal Article, 1–10.

Ramiati, fitriatul masruroh & eka. (2021). Pembentukan Karakter Gemar Membaca Pada Anak Usia Melalui Media Buku Cerita Bergambar. Manfaat Buku Cerita, 02(06), 580.

Risqi, W., & Siregar, N. (2023). Media Papan Pintar Materi Perkalian dalam Pembelajaran Matematika Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 1–9. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63497

Ritonga1, S., & Riris Nurkholidah Rambe. (2022). Penggunaan Media Big Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1266–1272. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3129

Rukayah, Rosmalah, R. (2023). Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita terhadap Minat Membaca. 3(2), 243–248.

Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 122–123.

Saragih, S. &. (2018). Kata kunci; efektifitas, pemanfaatan, media pembelajaran. Pendidikan Islam, 7, 1–15. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/265/251

Sari, L., Purba, R., Umayroh, R., Munawaroh, S., & Akmalia, R. (2022). Penerapan Pendekatan Heuristik dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah. Akademi Pendidikan, 13(2), 199–209. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/aoej.v13i2.1234

Siregar, L. N. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga (Garis Bilangan) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2501–2509. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2369

Sumiati, S., Sulistyarini, S., & Hartoyo, A. (2021). Analisis Pendidikan Karakter Gemar Membaca dalam Kultur Sekolah Dasar Negeri 46 Kota Singkawang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(6), 1–10.

Supranoto, H. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran Sma. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 36–49. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.141

Veniaty, S. (2022). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Eksistensi Buku Cerita Islami Di Mts/Smp Islam Kota Palangka Raya The Existence Of Islamic Story Books In Mts/Islamic Smp At Palangka Raya City. 7, 7–20. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/

Wilinny, W., Halim, C., Sutarno, S., Nugroho, N., & Hutabarat, F. A. M. (2019). Analisis Komunikasi Di PT. Asuransi Buana Independent Medan. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(1), 1–6.

Wulandari, T. (2020). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan keterampilan membaca siswa sma n 1 purworejo.

Zaki, A., Al-Qadri, M., & Akmalia, R. (2022). Pengelolaan Kelas yang Aktif dan Menyenangkan Berbasis Karakter di Ponpes Darussaadah Kec. Pangkalan Susu. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(2), 141–148. Retrieved from https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/56.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.23339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).