PROBLEMATIKA GREEN SKILL TERHADAP KESIAPAN KERJA LULUSAN SMK DI SEKTOR INDUSTRI HIJAU

Hafis Muaddab(1*), Ika Zunitasari(2), Jefry Aulia Martha(3)

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan kejuruan memiliki tugas untuk membantu industri hijau dan pembangunan berkelanjutan di masyarakat dengan menyiapkan lulusan yang memiliki memiliki kompetensi yang dibutuhkan. Untuk itu kesiapan lulusan SMK di sektor industri hijau menjadi sebuah kebutuhan penting. Namun ternyata kurikulum pada pendidikan kejuruan belum mengajarkan green skill melalui pembelajaran dan praktik kerja di sekolah. Padahal green skill diharapkan dapat meningkatkan skill lulusan SMK di dunia kerja dan mengurangi angka pengangguran lulusan SMK yang masih relatif tinggi. Melalui pendekatan kualitatif diharapkan mengetahui problematika penguasaan green skill di SMK seiring pertumbuhan industrI hijau di Indonesia. Literatur riview digunakan dengan menghasilkan eksplorasi data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa tingkat keterampilan hijau siswa sekolah vokasi masih belum memenuhi tuntutan pasar kerja karena elemen dan dimensi keterampilan hijau yang belum terintegrasi dalam kurikulum sekolah vokasi.


Keywords


Green Skill; SMK; Industry Hijau

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aripin, W. A., Sahidu, H., & Makhrus, M. (2021). Efektivitas perangkat pembelajaran fisika berbasis model problem-based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 3(1).

Asnawi, R., & Djatmiko, I. W. (2015). A challenge of vocational education for preparing green employment. In 3rd UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (pp. 175-178). Atlantis Press.

Desa, U. N. (2016). Transforming our world: The 2030 agenda for sustainable development.

Diplan, D., Fitriyanto, M. N., & Pribadi, A. (2020). Upaya Peningkatan Green Skills Pada Pembelajaran Vokasi Melalui Penerapan Model Project Citizen. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(2), 11-17.

Elyawati, E., & Fatmawati, N. (2021). Dampak kerusakan lingkungan terhadap bencana alam (Studi kasus di Rintisan Desa Wisata Wonosoco Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus). IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 5(1), 19–32.

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan model problem-based learning pada pembelajaran materi sistem tata surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 27-35.

Fitriyanto, M. N., Permadi, A. S., & Putra, C. A. (2022). Faktor-Faktor Determinan Green Skills Mahasiswa Teknologi Informasi. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(1), 1-9.

Handayani, M. N. (2021). Infusi Green Skills ke dalam Kurikulum Pengolahan Hasil Pertanian di Sekolah Menengah Kejuruan. (Disertasi). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Handayani, M. N., Ali, M., & Mukhidin, D. W. (2020). Industry perceptions on the need of green skills in agribusiness vocational graduates. Journal of Technical Education and Training, 12(2), 24-33.

Handayani, Mustika & Ali, Mohammad & Wahyudin, Dinn & Mukhidin, & Ijost, Ijost. (2020). Green Skills Understanding of Agricultural Vocational School Teachers around West Java Indonesia. Indonesian Journal of Science and Technology.

INFEST. 2021. Monograf Problematika SMk Dalam Menghadapi Era Industrialisasi https://www.infest.or.id/post/problematika-smk-dalam-menghadapi-industrialisasi

Jaedun, A. (2011). Metodologi penelitian eksperimen. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.

Kamis, A., Alwi, A., & Yunus, F. A. (2017). Integration of green skillsin sustainable development in technical and vocational education. International Journal of Engineering Research and Applications, 7, 2248–962208.

Martinez-Fernandez, C., Ranieri, A., & Sharpe, S. A. (2013). Greener skills and jobs for a lowcarbon future. OECD Publishing.

McGrath, S., & Powell, L. (2016). Skills for Sustainable Development: Transforming Vocational Education and Training Beyond. International Journal of Educational Development, 12-19. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2016.05.006

Mcgrath, Simon & Alla-Mensah, Joyceline & Langthaler, Margarita. (2018). Skills for decent work, life and sustainable development Vocational Education and the Sustainable Development Goals 18.

Mina, R. (2016). Desentralisasi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sebagai alternatif menyelesaikan permasalahan lingkungan hidup. Arena Hukum, 9(2).

OECD. (2021). Adapting to changing skill needs in Southeast Asia. https://www.oecd.org/southeast-asia/events/regional-forum/OECD_SEA_RegionalForum_2021_Discussion_Note.pdf

Pavlova, M., & Huang, C. (2013). Advancing employability and green skills development: values education in TVET, the case of the people’s republic of China. Skills Development for Inclusive and Sustainable Growth in Developing Asia-Pacific Technical and Vocational Education and Training. Issues, Concerns and Prospects.

Pongtuluran, Y. (2015). Manajemen sumber daya alam dan lingkungan. Penerbit Andi.

Rahmatiar, Y., & Guntara, D. (2021). Asuransi lingkungan sebagai salah satu upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran lingkungan hidup yang disebabkan oleh kegiatan industri tekstil. Justisi Jurnal Ilmu Hukum, 6(1), 1–20.

Rivai, R.S., Anugrah, I.S. (2011). Konsep Dan Implementasi Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi.

Sern, L. C., Zaime, A. F., & Foong, L. M. (2018). Green skills for green industry: A review of literature. Journal of Physics: Conference Series, 1019(1), 012030.

UNEP, U. (2011). Yearbook: emerging issues in our global environment. Nairobi, Kenya.

Wahyuningsih, Wahyuningsih. (2018). Millenium Develompent Goals (Mdgs) Dan Sustainable Development Goals (Sdgs) Dalam Kesejahteraan Sosial. Bisma.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.23324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).