PELAKSANAAN EKSTRAKULIKULER ARKANA DALAM PEMBENTUKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SMP GENERASI BANGSA

Jamilatul Khoiriah(1*), Ponidi Ponidi(2)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Arkana dalam pembentukan nilai-nilai pendidikan karakter siswa di SMP Generasi Bangsa. Kegiatan ekstrakurikuler Arkana dipilih karena berfokus pada pengembangan soft skills, kepemimpinan, dan nilai-nilai sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi pembina Arkana, siswa peserta, serta pihak sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Arkana memberikan kontribusi yang signifikan dalam membentuk karakter siswa, meliputi nilai-nilai disiplin, tanggung jawab, kerja sama, kepemimpinan, empati, dan kepercayaan diri. Pembentukan nilai-nilai tersebut terjadi melalui kegiatan yang terstruktur, latihan kelompok, diskusi reflektif, serta praktik langsung yang mampu meningkatkan kesadaran moral dan sosial siswa. Selain itu, siswa menunjukkan perkembangan dalam berpikir kritis, ketangguhan menghadapi tantangan, serta kemampuan melakukan introspeksi diri. Mereka mengungkapkan bahwa kegiatan Arkana mengajarkan pentingnya menghargai sesama, bersikap adil, dan berani mengambil peran dalam kelompok. Pendekatan pembina yang menekankan keteladanan moral dan pembiasaan sikap positif juga berperan penting dalam keberhasilan program ini. Secara keseluruhan, kegiatan Arkana terbukti efektif sebagai sarana pembentukan karakter siswa yang berintegritas, berdisiplin, dan berjiwa kepemimpinan.


Keywords


Ekstrakurikuler Arkana; Nilai; Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168.

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492

Fatmah, N. (2018). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan. Jurnal Tribakti, 29(2), 369–387.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Nusa Media.

Marhamah, M. H. D. (2025). Building a Generation of Character : Strategies and Challenges of Character Education at the Elementary School Level in Indonesia. Journal of Social Work and Science Education, 6(3), 1200–1216. https://doi.org/https://doi.org/10.52690/jswse.v6i3.1198

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Nasution, N. H., & Ponidi, P. (2025). Integrasi Nilai Pendidikan Sosial Budaya dalam Pembelajaran IPS untuk Membentuk Karakter Siswa Kelas VI SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3468–3474. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7520

Padli, F., Ketua, P., Al, S., & Tinggi, H. T. (2022). Pendidikan Karakter Perguruan Tinggi Islam Berbasis Multikultural. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 353–364. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2127

Rahmat, S. (2016). Peran pendidikan dalam membentuk generasi berkarakter pancasila. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2), 1–15.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Taufiqurrohman, F. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa yang Berakhlak Mulia. Progressive of Cognitive and Ability, 1(2), 141–146. https://doi.org/10.56855/jpr.v1i2.30.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.23292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.