TRANSFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN: MEMIKAT LEARNING INTEREST MAHASISWA DENGAN MEDIA VR PADA MATERI TATA RUANG RAPAT
(1) 
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Dalam upaya mengatasi tantangan adaptasi teknologi di sektor pendidikan, penelitian ini secara khusus mengembangkan dan menilai efektivitas implementasi Virtual Reality (VR) sebagai metode pembelajaran yang inovatif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang konsep tata ruang rapat kantor. Dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE dalam kerangka R&D, penelitian ini berhasil mengintegrasikan VR ke dalam kurikulum Manajemen Perkantoran di Universitas Negeri Malang dengan fokus utama adalah pada peningkatan kapasitas visualisasi dan interaktivitas mahasiswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam minat belajar, keterlibatan, dan pemahaman mahasiswa tentang materi, jika dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Pengalaman belajar yang imersif dan interaktif yang disediakan oleh VR tidak hanya memikat, tetapi juga memperkaya mahasiswa dengan kemampuan untuk menerapkan teori ke dalam praktik secara lebih nyata dan efektif. Studi ini mengkonfirmasi bahwa, penggunaan VR dalam pendidikan manajemen perkantoran berpotensi besar dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi tuntutan kompetensi di dunia kerja yang semakin mengedepankan penguasaan teknologi, serta mendukung kebutuhan akademik yang berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Agusty, A. I., & Anggaryani, M. (2021). Teaching Global Warming with Millealab Virtual Reality. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 134–144.
Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440
Aini, N. N., Azizah, M., Bekti, R. S., & Thohir, M. A. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Reality terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di SD. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 267–275.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran.
Akgün, M., & Atici, B. (2022). The Effects of Immersive Virtual Reality Environments on Students’ Academic Achievement: A Meta-analytical and Meta-thematic Study. Participatory Educational Research, 9(3), 111–131. https://doi.org/10.17275/per.22.57.9.3
Allam, Z., Sharifi, A., Bibri, S. E., Jones, D. S., & Krogstie, J. (2022). The Metaverse as a Virtual Form of Smart Cities: Opportunities and Challenges for Environmental, Economic, and Social Sustainability in Urban Futures. Smart Cities, 5(3), 771–801. https://doi.org/10.3390/smartcities5030040
Almira, H. G. (2021). Penggunaan Teknologi Virtual Reality pada Media Pembelajaran Mata Kuliah Fotografi Dasar. Jurnal Laporan Akhir Teknik Komputer, 1(2), 30–40.
Anwar, C., Sofyan, H., & Ratnaningsih, N. (2024). Digital technology practices for vocational teachers in the industrial revolution 4.0: Mediating technology self-efficacy. Journal of Pedagogical Research, 1. https://doi.org/10.33902/JPR.202424585
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 120–123.
Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 29. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298
Banerjee, S., Pham, T., Eastaway, A., Auffermann, W. F., & Quigley, E. P. (2023). The Use of Virtual Reality in Teaching Three-Dimensional Anatomy and Pathology on CT. Journal of Digital Imaging, 36(3), 1279–1284. https://doi.org/10.1007/s10278-023-00784-2
Chavez, B., & Bayona, S. (2018). Virtual Reality in the Learning Process. In Á. Rocha, H. Adeli, L. P. Reis, & S. Costanzo (Eds.), Trends and Advances in Information Systems and Technologies (Vol. 746, pp. 1345–1356). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-77712-2_129
Christopoulos, A., Mystakidis, S., Cachafeiro, E., & Laakso, M.-J. (2023). Escaping the cell: Virtual reality escape rooms in biology education. Behaviour & Information Technology, 42(9), 1434–1451. https://doi.org/10.1080/0144929X.2022.2079560
Darojat, M. A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2022). Pengembangan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 91–99. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p091
Grilo, A. M., Almeida, B., Rodrigues, C., Isabel Gomes, A., & Caetano, M. (2023). Using virtual reality to prepare patients for radiotherapy: A systematic review of interventional studies with educational sessions. Technical Innovations & Patient Support in Radiation Oncology, 25, 100203. https://doi.org/10.1016/j.tipsro.2023.100203
Haryana, M. R. A., Warsono, S., Achjari, D., & Nahartyo, E. (2022). Virtual reality learning media with innovative learning materials to enhance individual learning outcomes based on cognitive load theory. The International Journal of Management Education, 20(3), 100657. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100657
Helle, N., Vikman, M. D., Dahl-Michelsen, T., & Lie, S. S. (2023). Health Care and Social Work Students’ Experiences With a Virtual Reality Simulation Learning Activity: Qualitative Study. JMIR Medical Education, 9, e49372. https://doi.org/10.2196/49372
Indarta, Y., Ambiyar, A., Samala, A. D., & Watrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351–3363. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2615
Khairunnisa, C. (2023). Manfaat Ilmu Forensik dalam Hukum Pidana. Cendekia: Jurnal Hukum, Sosial & Humaniora, 1(1), 1–12.
Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. (2005). Learning Styles and Learning Spaces: Enhancing Experiential Learning in Higher Education. Academy of Management Learning & Education, 4(2), 193–212. https://doi.org/10.5465/amle.2005.17268566
Kusdiyanti, H., Nurruddin Zanky, M., Febrianto, I., & Wijaya, R. (2021). Implementation of Web-Enhanced Course-Based Virtual Reality for Entrepreneurship Learning to Create Islamic Social Entrepreneur in The New Normal. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v5i8.9351
LeMarshall, S. J., Stevens, L. M., Ragg, N. P., Barnes, L., Foster, J., & Canetti, E. F. D. (2023). Virtual reality-based interventions for the rehabilitation of vestibular and balance impairments post-concussion: A scoping review. Journal of NeuroEngineering and Rehabilitation, 20(1), 31. https://doi.org/10.1186/s12984-023-01145-4
Liberman, L., & Dubovi, I. (2023). The effect of the modality principle to support learning with virtual reality: An eye?tracking and electrodermal activity study. Journal of Computer Assisted Learning, 39(2), 547–557. https://doi.org/10.1111/jcal.12763
Mansoory, M. S., Khazaei, M. R., Azizi, S. M., & Niromand, E. (2021). Comparison of the effectiveness of lecture instruction and virtual reality-based serious gaming instruction on the medical students’ learning outcome about approach to coma. BMC Medical Education, 21(1), 347. https://doi.org/10.1186/s12909-021-02771-z
Marlina, R. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pengalaman Belajar di Organisasi Kemahasiswaan. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(2), 103–108. https://doi.org/10.36706/jbti.v7i2.12688
Matamala-Gomez, M., Donegan, T., Bottiroli, S., Sandrini, G., Sanchez-Vives, M. V., & Tassorelli, C. (2019). Immersive Virtual Reality and Virtual Embodiment for Pain Relief. Frontiers in Human Neuroscience, 13, 279. https://doi.org/10.3389/fnhum.2019.00279
Musril, H. A., Jasmienti, J., & Hurrahman, M. (2020). Implementasi Teknologi Virtual Reality Pada Media Pembelajaran Perakitan Komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 9(1), 83. https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.23215
Pense, C., Tekta?, M., Kanj, H., & Ali, N. (2022). The Use of Virtual Reality Technology in Intelligent Transportation Systems Education. Sustainability, 15(1), 300. https://doi.org/10.3390/su15010300
Phelan, I., Furness, P. J., Matsangidou, M., Babiker, N. T., Fehily, O., Thompson, A., Carrion-Plaza, A., & Lindley, S. A. (2023). Designing effective virtual reality environments for pain management in burn-injured patients. Virtual Reality, 27(1), 201–215. https://doi.org/10.1007/s10055-021-00552-z
Radianti, J., Majchrzak, T. A., Fromm, J., & Wohlgenannt, I. (2020). A systematic review of immersive virtual reality applications for higher education: Design elements, lessons learned, and research agenda. Computers & Education, 147, 103778. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103778
Rossoni, M., Spadoni, E., Carulli, M., Barone, C., Colombo, G., & Bordegoni, M. (2023). Virtual Reality in Education to Enable Active Learning and Hands-on Experience. Computer-Aided Design and Applications, 258–269. https://doi.org/10.14733/cadaps.2024.258-269
Rostania, N. E., & Rizqi, M. (2023). Pemanfaatan Virtual Reality (VR) Untuk Pembuatan Simulasi Praktikum Perakitan Komputer Menggunakan Unreal Engine. Journal of Animation and Games Studies, 9(2), 159–176. https://doi.org/10.24821/jags.v9i2.8836
Sholihin, M., Sari, R. C., Yuniarti, N., & Ilyana, S. (2020). A new way of teaching business ethics: The evaluation of virtual reality-based learning media. The International Journal of Management Education, 18(3), 100428. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100428
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Sulaiman Kurdi, M. (2021). Realitas Virtual Dan Penelitian Pendidikan Dasar: Tren Saat Ini dan Arah Masa Depan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 1(4), 60–85. https://doi.org/10.55606/cendikia.v1i4.1317
Sundoro, D. P., & Wibawa, S. C. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS VIRTUAL REALITY (VR) PADA MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL DI SMK KARTIKA 2 SURABAYA. Jurnal IT-EDU, 04(01), 218–224.
Supriadi, M., & Hignasari, L. V. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1). https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1662
Suryaman, M., Setiyani, L., Gunawan, R., Santoso, D. B., Fitriyani, R., & Ikhsan, N. (2023). PENGENALAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY (VR) DAN AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PROSES PEMBELAJARAN KEPADA PARA GURU DAN SISWA DI SMK NEGERI 1 CILAMAYA KABUPATEN KARAWANG. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(1), 167–174.
Szita, K., Moss-Wellington, W., Sun, X., & Ch’ng, E. (2024). Going to the movies in VR: Virtual reality cinemas as alternatives to in-person co-viewing. International Journal of Human-Computer Studies, 181, 103150. https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2023.103150
Villena-Taranilla, R., Tirado-Olivares, S., Cózar-Gutiérrez, R., & González-Calero, J. A. (2022). Effects of virtual reality on learning outcomes in K-6 education: A meta-analysis. Educational Research Review, 35, 100434. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2022.100434.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.23259
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).