PERBANDINGAN KOMPETENSI MENGAJAR MELALUI PEMBELAJARAN LURING DAN DARING
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) (Sinta Id: 6178910) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan pembelajaran yang berhasil dicapai bukan sekadar dilihat dari faktor kemampuan akademik. Ditemukan faktor lainnya yang bisa dijadikan titik pngukuran keberhasilan antara lain kompetensi mengajar mahasiswa. Seluruh kegiatan bergeser menjadi digital dan otomasi sebab adanya perubahan fundamental yang terpengaruh global era revolusi industri 4.0. Studi ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi mengajar mahasiswa saat pembelajaran luring dan daring, serta perbedaan kompetensi mengajar mahasiswa saat pembelajaran luring dan daring. Studi yang dilaksanakan ini sifatnya eksperimen dan komparatif. Populasi yang dipakai diantaranya mahasiswa Universitas Indraprasta yang mencakup 2 kelas. Kelas pertama sejumlah 11 orang dan kelas kedua sejumlah 13 orang. Hasilnya memperlihatkan pengaruh kompetensi mengajar mahasiswa saat pembelajaran luring dan daring dan tidak ada perbedaan kompetensi mengajar mahasiswa saat pembelajaran luring dan daring. Praktek mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa baik secara luring maupun daring sama-sama dapat meningkatkan kompetensi mengajar nahasiswa. Secara luring mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan peserta didik, Teknik penguasan kelas, pengembangan metode dan media pembelajaran terlihat jelas, adanya feedback, evaluasi. Sedangkan secara daring, mahasiswa praktek mengajar dengan cara membuat video pembelajaran yang menarik, interaktif, dan kreatif.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aini, S., Fatinah, T., & Setyawan, A. (2022). Kesulitan Pembelajaran Daring Menuju Luring di UPTD SD Negeri Banyuajuh 5. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 61–68. https://doi.org/10.62388/jpdp.v2i2.149
Arifianto, C. F., Mutawali, & Subekti, H. (2021). The Teachers’ Online Readiness: an evaluation of Online Learning during Covid-19 Pandemic in Indonesia. International Journal of Social Learning (IJSL), 1(3), 270–282. https://doi.org/10.47134/ijsl.v1i3.63
Cahayani, L. P. (2021). Pengaruh Mata Kuliah Micro Teaching Dan Kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Pada Fkip Universitas Mahadewa Indonesia Tahun 2020. Widyadari, 22(2), 677–684. https://doi.org/10.5281/zenodo.5576032
Erlin, D. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Luring Terhadap Efektivitas Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022 Unisnu Jepara). Cendekia, 16(2), 78–93. https://doi.org/10.30957/cendekia.v16i2.800
Faidah, D. Y., Liatna, N. M., Fitria, A. A., & Philadelphia, R. R. (2023). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Dan Luring Pada Era Endemik Covid-19. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(3), 1514–1522. https://doi.org/10.46306/lb.v4i3.420
Hardiansyah, A., Ramadhan, I., Suriyanisa, Pratiwi, B., Kusumayanti, N., & Yeni. (2021). Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring ke Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840–5852.
Hidayat, N. (2022). Online Teaching during the Covid-19 Crisis in Indonesia: Is It Effective? International Journal of Social Learning (IJSL), 2(3), 285–296. https://doi.org/10.47134/ijsl.v2i3.146
Himmah, A. F. (2021). Implementasi Strategi Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Daring Dan Luring Pada Siswa Kelas II Mi Nurul Islam 02 Balung Kulon Di Masa Pandemi. PESAT: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 6(6), 124–133. http://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat
Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2022). Analisis Profesionalisme Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454–462. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Kurnia, W., & Lena, M. S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) Luring Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1743–1749.
Pratika, M. & Wahyuni, S. (2022). Analisis Komparasi Hasil Belajar Matematika Siswa SMP saat Pembelajaran Daring dan Luring Terbatas. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(1), 62–71. https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i1.443
Prasetyanto, D., Rizki, M., & Sunitiyoso, Y. (2022). Online Learning Participation Intention after COVID-19 Pandemic in Indonesia: Do Students Still Make Trips for Online Class? Sustainability (Switzerland), 14(4). https://doi.org/10.3390/su14041982
Ristanto, K. O., Primanata, D., Sidik, R. M., & ... (2023). Efektifitas Pembelajaran Luring dan Daring pada Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Era New Normal. Jurnal Pendidikan, 7(2), 12830–12836. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/8432%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/8432/6884
Siti, R., Suwardi, A. B., & Sofiyan. (2020). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Daring Pada Materi Biologi Di Sma Se Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan. Jurnal Jeumpa, 7(2), 433–438.
Syafrizal, S. (2022). Strategi dan Tantangan Pembelajarn Daring, Luring, dan Tatap Muka Terbatas pada Masa Covid 19 di SDN 199/X Suka Maju. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2073–2081.
Tesalonika, A., Wiryatmo, R. D., Bunbaban, Y. S., Tilman, A. de A., Dwikurnaningsih, Y., & Satyawati, S. T. (2021). Implementasi Supervisi Akademik Saat Pembelajaran Luring Dan Daring Di Sekolah Karangturi. Satya Widya, XXXVII(1), 62–71.
Yulianti, K., & Utomo, U. (2022). Perbandingan Implementasi Pembelajaran Daring dan Luring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2410–2418. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2231.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.23253
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020

RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).