PENGARUH STRATEGI READ ALOUD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI PENGGUNAAN TANDA BACA DI KELAS II MIN 4 KOTA MEDAN

Laila Mutiara Sari(1*), Zunidar Zunidar(2)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh strategi read aloud terhadap pemahaman tanda baca siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperiment dan menggunakan uji Mann Witney untuk menguji adanya pengaruh tersebut. Empat puluh dua siswa kelas 2 MIN 4 Medan dipilih secara tidak acak untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Witney. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan secara statistik antara strategi read aloud dan paham tanda baca pada siswa kelas 2 MIN 4 Medan. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi read aloud terhadap pemahaman tanda baca siswa. Implikasi dari temuan ini menekankan pentingnya memilih strategi yang sesuai dalam pembelajaran tanda baca. Hal ini penting untuk membekali siswa untuk memiliki literasi yang tinggi dengan persiapan diri holistik yang diperlukan untuk berhasil dalam belajarnya dan dengan lebih efektif. Penelitian ini dibatasi pada pentingnya pemahaman tanda baca agar mereka tidak keliru dalam memaknai kalimat.


Keywords


Strategi; Read Aloud; Kemampuan Siswa; Tanda Baca

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akbar, R., Weriana, Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 2023(2), 465–474.

Akmalia, R., Siahaan, A., & Mesiono, M. (2020). the Effect of Individual, Group and Team Work Behavior Toward Teacher Performance in Sman 3 Medan. Jurnal Tarbiyah, 27(1), 50–71. https://doi.org/10.30829/tar.v27i1.681

Anas, N., & Sapri, S. (2022). Komunikasi Antara Kognitif dan Kemampuan Berbahasa. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.997

Aqwal, S. M., Nurfadhillah, S., & Nuraeni, Y. (2022). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca Siswa Kelas 2 SDN Karawaci 1 Kota Tangerang. Tsaqofah, 2(3), 326–343. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i3.376

Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295

Bujangga, H. B. (2022). Metode Reading Aloud dalam Membantu Siswa dengan Kesulitan Belajar Disleksia. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(1), 63–78. https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.482

Gajah, E. S., Handayani, L., & Bara, B. (2023). Strategy to Improve the Digital Reading House. 7(2), 5230–5235.

Harziko, Y. (2021). Analisis Penggunaan Tanda Baca Pada Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidik Bahasa Indonesia Universitas Iqra Buru. Uniqbu Journal Of Social Sciences (UJSS), 2(December), 87–97.

Hasibuan, A. N., & Rambe, R. N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan menggunakan Model CIRC (Coorporative Integrated Reading and Composition) di Kelas IV SD Negeri 112331 Aek Kota Batu. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 19. https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.1000

Hasrianti, A. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karangan Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 213–222. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.618

Hikmawati, F. (2020). Metodelogi Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada.

Kamila, A., & Ritonga, R. (2021). Strategi Reading Aloud Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa di Kelas IV SDN Pancoran 07 Pagi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 13–22.

Kusumawati, T. I. (2022). Berbagai Strategi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(2), 138. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i2.2091

Lubis, I. S., Lamsari, M., Hasibuan, A. S., & Tulsofah, S. (2022). Kegiatan Memperkenalkan Tanda Baca Kepada Anak SD 200220 Kelas IV di Kelurahan Ujung Padang. Jurnal Adam IPTS, 1 No. 2(2), 85.

Mahartika, A. S., & Dewantoro, D. A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Anak Tunagrahita Ringan dengan Menggunakan Metode Reading Aloud. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 3(2), 123–126. https://doi.org/10.17977/um031v3i22017p123

Mardianto, M., Anas, N., Baniah, S., & Sadat, M. A. (2021). Strategi dan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Pandemi Covid-19. Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i1.56

Nugroho, S. (2008). Statistika Nonparametrika (J. Rizal (ed.); (1)). UNIB Press.

Nurhaliza, S., & Safran. (2023). ANALYSIS OF STUDENTS’ WRITING ABILITY THROUGH DIARY WRITING HABITS AT MIN 11 MEDAN CITY. MANAZHIM, 5(2022), 1041–1060.

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.

Rambe, A. H., Fitrah, F., Fadli, M. K., & Mauliza, S. (2024). Peran Guru dalam Meningkatkan Literasi Bahasa Indonesia di Sekolah MIN 4 Medan. 8, 1527–1532.

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Santika, P. (2019). Pengaruh Metode Reading Aloud Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di MIN 1 Mukomuko.

Sari, E. U., Hakim, L., & Pratama, A. (2023). Pengaruh Strategi Reading Aloud Melalui Media Cerita Bergambar terhadap Kemampuan Memahami Isi Bacaan pada Murid Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 1644–1651.

Simbolon, P. (2021). Penerapan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas XI.IPS.2 SMAN 4 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2018-2019. 1(1).

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42

Tantri. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Reading Aloud dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas I B MI Negeri 2 Pangkal Pinang Tantri. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(1), 2614–0217.

Trelease, J. (2013). The Read-Aloud Handbook (6th ed.). Penguin Book.

Wandini, R. R., Siregar, T. R. A., & Iskandar, W. (2021). Analisis Materi Pokok Bahasa Indonesia Kelas V MI/SD Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 156–166. https://doi.org/10.35931/am.v5i2.526

Wardina, S., Pagarra, H., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2023). Penerapan Metode reading Aloud Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN 151 Timbula Kabupaten Bulukumba the application of the reading aloud method to improve indonesian language learning outcomes for 3 rd Grade Students Of SD. 1–9.

Wati, A. S., Dayana, R., & Devianty, R. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Makalah Mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia Uin Sumatera Utara Medan. Nizhamiyah, 12(2), 81–94. https://doi.org/10.30821/niz.v12i2.1959

Yunita, D. A., Sugono, D., & Suendarti, M. (2021). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dan Kosakata dalam Penulisan Karangan Deskripsi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 121. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7494

Yusnaldi, E., Aulia, D., Handayani, N., Suhaila, N., Sari, I., & Sukma, D. P. (2023). Strategi Guru dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Keefektifan Belajar pada Siswa. 7(Eliana 2018), 30127–30132.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.23036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).