REVITALISASI DAN REORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MEMBANGUN GENERASI EMAS INDONESIA

Ai Odah(1*), Tatang Muhtar(2)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi yang melekatnya dengan generasi saat ini selain memberi dampak positif pada realitanya terdapat dampak negatif salah satunya adalah degradasi moral. Generasi yang akan menjadi penerus bangsa mengalami penurunan terhadap norma dan etika yang berlaku di masyarakat. Dalam hal ini perlu dibekali dengan tujuan agar tidak menjadi bumerang di masa mendatang untuk mencapai generasi emas sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalah dalam menyiapkan generasi emas yaitu dengan studi litelatur dengan mencari dan mengumpulkan data dan informasi dari beberapa sumber. Hasil dari data yang diperoleh dianalisis, sehingga diperoleh upaya untuk membangun generasi emas didasarkan pada desain pendidikan karakter. Pendidik memiliki peranan penting dalam pendidikan untuk mendidik selain pengetahuan dan keterampilan terutama pendidikan karakter. Kemajuan teknologi era revolusi 4.0 dan era society 5.0 memberikan ruang bagi pendidik untuk terus berkembang agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bahagia bagi siswa. Pendidik tidak dapat melaksanakan pendidikan karakter di sekolah sendiri akan tetapi perlu kerjasama antar intern sekolah dengan lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Sekolah bisa menjadi satu-satunya yang memerankan pendidikan karakter pada siswa apabila tidak adanya sinergi antar keluarga dan masyarakat. Maka dari itu membangun generasi emas melalui pendidikan karakter memerlukan pendidik yang berkualitas.

 


Keywords


Pendidikan; Pendidikan Karakter; Generasi Emas

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abi, A. R. (2017). Paradigma Membangun Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 85-90. http://dx.doi.org/10.17977/um019v2i22017p085

Amaliyah, S. (2021). Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1766-1770. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1171

Asa, A. I. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara dan Driyarkara. Jurnal Pendidikan Karakter,10(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.25361

Barlow, D. (2002). Building moral intelligence: the seven essential virtues that teach kids to do the right thing. The Education Digest.

Cahyo, E. D. (2017). Pendidikan karakter guna menanggulangi dekadensi moral yang terjadi pada siswa sekolah dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1). https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6150

Carayannis, E. G. (2022). The Futures of Europe: Society 5.0 and Industry 5.0 as Driving Forces of Future Universities. Journal of the Knowledge Economy, 13(4), 3445–3471. https://doi.org/10.1007/s13132-021-00854-2

Dewantara, K. H. (2011). Bagian pertama: pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Dewanti, A. K. (2020). Tantangan Masa Depan Pendidikan Karakter. Arsip Publikasi Ilmiah Biro Administrasi Akademik Universitas Muhamadiyah Malang. https://www.harianbhirawa.co.id/tantangan-masa-depan-pendidikan-karakter/

Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526

Dictionary, I. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. In Jakarta: Balai Pustaka. repository.umy.ac.id.

Erviana, V. Y. (2021). Penanganan dekadensi moral melalui penerapan karakter cinta damai dan nasionalisme. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 14(1). http://dx.doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.27149

Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). https://doi.org/10.33363/SN.V0I0.32

Harmawati, Y., Sapriya, A. A., & Bestari, P. (2022). Systematic Literature Review of Moral Education in Schools. Journal of Positive School Psychologi. 6(8). https://journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/11357

Hendriani, A., et.al. (2020). Effectiveness of Project-Based Learning Models In Improving The Metacognition Ability Of Elementary School Students. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt / Egyptology, 17(8), 665-679. Retrieved from https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/4458

Herlambang, Y. T. (2018). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta : Bumi Aksara

Herlambang, Y. T., et al. (2020). The impact of science learning multiliteration model based on futuristic pedagogic approach to metacognition ability of basic school students. International Conference on Elementary Education, 2(1), 1620-1627. Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/icee/article/view/789

Hidayat, U. S. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045. Sukabumi: Nusa putra Press.

Irianto, D. M. et al. (2021). The Effectiveness of Multiliteration Learning Models in Increasing Ecological Literacy of Primary School Students. Journal of Physics: Confence Series. Retrieved from: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012092

Jamal, N. (2016). Pengajian dan Dekadensi Moral Remaja. KABILAH: Journal of Social Community.

Kumar, S., & Ahmad, S. (2008). Meaning, aims and process of education. In School of Open Learning. academia.edu.

Lin, S. C., Yanto, H. A., Chen, C. C., Chen, Y. W., Wang, S. Y., & Asme. (2010). Establishment and Safety Evaluation of A Removable Experiment Platform For Vawt. In Proceedings of the Asme 10th Biennial Conference on Engineering Systems Design and Analysis, 2010, Vol 1. Amer Soc Mechanical Engineers.

Listari, L. (2021). Dekadensi Moral Remaja (Upaya Pembinaan Moral Oleh Keluarga Dan Sekolah). Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora.

Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. 8 (2). Retrieved from http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7190

Nitte, Y. M., & Bulu, V. R. (2020). Pemetaan implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar se-kota Kupang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. 6(1). https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2326

Nugroho, S. S., Anam, M. C., Pudjiono, M. J., Rahardjo, M., & Sukarjono, B. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hajar Dewantara Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Bagi Mahasiswa Generasi Mileneal. YUSTISIA MERDEKA : Jurnal Ilmiah Hukum, 6(2). https://doi.org/10.33319/yume.v6i2.61

Nurfadhilah, N. (2019). Analisis Pendidikan Karakter Dalam Mempersiapkan Pubertas Menuju Generasi Emas Indonesia 2045. Jurnal Pendidikan Dasar.

Nuryani, P., Abidin, Y., & Herlambang, Y. T. (2019). Model Pedagogik Multiliterasi Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Abad Ke-21. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(2). academia.edu.

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset. https://doi.org/10.14710/JATI.13.1.17-26

Pratama, D. (2021). Profesionalitas Guru Melalui Pendekatan Empat Pilar Pendidikan dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Siswa. Jurnal Paris Langkis.

Ruskandi, K., Pratama, E. Y., & Asri, D. J. N. (2021). Transformasi Arah Tujuan Pendidikan di Era Society 5.0.

Russo-Netzer, P. (2022). Recalibrating the Compass in a Changing World: Education for Meaning and Meaningful Education. Journal of Constructivist Psychology. https://doi.org/10.1080/10720537.2022.2068708

Samani, M., & Hariyanto. (2013). Pendidikan karakter konsep dan model. PT Remaja Rosdakarya.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41-53.

Schneider, P. (2018). Managerial challenges of Industry 4.0: an empirically backed research agenda for a nascent field. In Review of Managerial Science (Vol. 12, Issue 3, pp. 803–848). https://doi.org/10.1007/s11846-018-0283-2

Setyawati, Y. et al (2021). Imbas negatif globalisasi terhadap pendidikan di Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan Program Sarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 5(2). https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1530

Sutami, H. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa; Edisi Keempat. In Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia.

Suwahyu, I. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 192–204. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2290

Taulabi, I., & Mustofa, B. (2019). Dekadensi Moral Siswa Dan Penanggulangan Melalui Pendidikan Karakter. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman.

Tilaar, A. L. F. (2010). Dampak Penguasaan Guru dalam Pembelajaran terhadap Kesuksesan Siswa dalam Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2). https://dx.doi.org/10.36709/jpm.v1i2.1949.

Tsauri, S. (2015). Pendidikan Karakter Peluang Dalam Membangun Karakter Bangsa.

UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals Learning Objectives. UNESCO.

Wahyuni, A. (2021). Pendidikan karakter: membentuk pribadi positif dan unggul di sekolah.

Wibowo, M. E. (2012). Menyiapkan bangkitnya generasi emas Indonesia. Didaktika Biologi Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2). Diakses dari https://doi.org/10.32502/dikbio.v1i2.676.

Wilson, C., Grizzle, A., Tuazon, R., Akyempong, K., & Cheung, C.-K. (2011). Curriculum for Teachers Curriculum for Teachers. In Policy Studies. UNESCO.

Yanto, A. (2017). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Bandung: Unpad Press.

Yunansah, H., & Herlambang, Y. T. (2017). Pendidikan berbasis ekopedagogik dalam menumbuhkan kesadaran ekologis dan mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. 9(1). Retrived from:https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6153

Yunansah, H.et al.(2022). Rancang Bangun Media Bahan Ajar Digital Berbasis Multimodalality Dalam Pendekatan Pedagogik Futuristik. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1136–1149. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i2.1881

Zubaedi, Z. (2011). Desain pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.23001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).