PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 CILEUNGSI

Diah Mariana(1*), Nani Hanifah(2), Siti Suaedah(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kecerdasan emosional merupakan hal yang sangat penting bagi setiap individu, karena kecerdasan emosional merupakan suatu kemampuan untuk mengendalikan emosi, memotivasi diri sendiri, memiliki empati dan memiliki skill. Selain itu kecerdasan emosional juga memiliki peran yang sangat penting bagi siswa dalam proses belajar karena terkait dengan kesadaran diri dan motivasi yang ada dalam diri siswa. Untuk dapat kita ketahui apakah ada pengaruh yang positif kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 1 Cileungsi. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan pendekatan survey. Sebanyak 20% dari 287 jumlah peserta didik SMP Muhammadiyah Tahun Pelajaran 2023/2024 dan diperoleh 57 peserta didik sebagai sampel. Untuk teknik pengumpulan dilakukan secara acak tanpa ada perbedaan strata yang ada di dalam populasi itu. Hasil analisis dari pengolahan data penelitian bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional siswa terhadap motivasi belajar siswa, semakin tinggi kecerdasan emosional, semakin tinggi juga motivasi belajarnya, sebagai contoh kesadaran diri, niat belajar, komunikasi, kerja sama, kendali diri, empati, terutama kurangnya motivasi belajar.


Keywords


Kecerdasan Emosional; Kesadaran Diri; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aderoben, A., Darmawan, W., & Saripudin, D. (2024). Peran Empati dalam Pengajaran Sejarah. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 132–151. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.3128

Arikunto, S. (2011). Penilaian dan Penelitian Bidang Bimbingan dan Konseling. Aditya Media.

Jusar, I. R., Jamaris, J., & Solfema, S. (2023). Pendidikan dalam Teori Proses Sosialisasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 276–287. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4354

Lestari, P., Gutji, N., & Yaksa, A. R. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Adhyaksa I Jambi. Innovative: Journal Of Social Science Research , 3(3), 9027–9039.

Lombu, D., & Lase, F. (2023). Membangun Rasa Percaya Diri Individu Dalam Komunikasi Interpersonal. Edukativo Jurnal Pendidikan, 2(1), 241–251.

Permata, I., Asbari, M., Ariansyah, A., & Aprilia, M. (2024). HOME / ARCHIVES / VOL. 3 NO. 2 (2024): APRIL 2024 / Articles Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Neurosains di Dunia Pendidikan. JISMA, 3(2), 60–64.

Puspitasari, P. (2023). MENGEMBANGKAN KESADARAN DIRI PADA SISWA UNTUK MENCEGAH TINDAK PERUNDUNGAN DI SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 16–22. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.901

Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan Belajar Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung dan Motivasi Belajar. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234–1239. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13044.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.22858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).