PENGARUH PROFESI, KESEJAHTERAAN, DAN PRAKTIK PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN TERHADAP MINAT MENJADI GURU DIMODERASI LINGKUNGAN KELUARGA

Sri Maryati(1), Saringatun Mudrikah(2*)

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profesi, kesejahteraan, dan Praktik Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap minat menjadi guru dimoderasi lingkungan keluarga. Pendekatan penelitian ini kuantitatif dengan desain penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES Angkatan 2019 sebanyak 115 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dan jumlah sampel sebanyak 115 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan moderated regression analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesi tidak berpengaruh terhadap minat menjadi guru, kesejahteraan berpengaruh negatif terhadap minat menjadi guru, dan Praktik Pengenalan Lapangan Persekolahan berpengaruh positif terhadap minat menjadi guru. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa lingkungan keluarga mampu memoderasi pengaruh profesi dan kesejahteraan terhadap minat menjadi guru. Namun, penelitian ini tidak dapat memoderasi pengaruh Praktik Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap minat menjadi guru.


Keywords


Minat Menjadi Guru; Profesi; Kesejahteraan; Praktik Pengenalan Lapangan; Lingkungan Keluarga

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afifa, W. A., & Margunani, M. (2023). The Influence of Self Efficacy, Family Environment, and Teachers’ Perceptions of Welfare on the Interest to Become an Accounting Teacher. Economic Education Analysis Journal, 12(1), 44–58.

Ahmadi, A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aini, E. N. (2018). Pengaruh Efikasi Diri dan Persepsi terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi 2015 UNESA. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 2(2), 83-96.

Alexander, C., Wyatt-Smith, C., & Du Plessis, A. (2020). The role of motivations and perceptions on the retention of inservice teachers. Teaching and Teacher Education.

Alifia, A., & Hardini, H. T. (2022). Pengaruh Pembelajaran Microteaching, Praktik Lapangan Persekolahan, dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru SMK Akuntansi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1182-1192.

Amalia, N. N., & Pramusinto, H. (2020). Pengaruh Persepsi, Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru. Business and Accounting Education Journal, 1(1), 84-94. https://doi.org/10.15294/baej.v1i1.38939

Ardiyani, A., & Latifah, L. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa menjadi Guru Akuntansi pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 232–240.

Astarini, I., & Mahmud, A. (2015). Pengaruh Self Efficacy, Prestise Profesi Guru dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi 2011 FE UNNES. Economic Education Analysis Journal, 4(2).

Azizah, D. L., & Nurkin, A. (2022). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan Daring, Persepsi Profesi Guru, Persepsi Kesejahteraan Guru, Teman Sebaya, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru. BAEJ, 370(3), 370–386. https://doi.org/10.15294/baej.v3i3.61056

Bakar, Ab. R., Ismail, N., & Hamzah, R. (2014). Teaching as a Career Choice: A Discriminant Analysis of Factors as Perceived by Technical andVocational Education (TVE) Student Teachers in Malaysia. Middle-East Journal of Scientific Research, 19, 69–75. https://doi.org/10.5829/idosi.mejsr.2014.19.icmrp.11

Cash, A. H., Williams, J. A., & Hart, L. C. (2020). University-district partnerships to improve field experiences: Associations with candidate perceptions and performance. Teaching and Teacher Education, 94.

Egwu, S. O. (2015). Attitude of Students towards Teaching Profession in Nigeria : Implications for Education Development. Journal of Education and Practice, 6(29).

Febryanti, E. F., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Efikasi, Persepsi, Informasi Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Dengan Lingkungan Keluarga Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 9(1).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Universitas Diponegoro

Handini, D., Hidayat, F., Attamimi, A. N. R., Putri, D. A. V. P., Rouf, M. F., & Anjani, N. R. (2020). Statistik pendidikan tinggi tahun 2020. Jakarta: Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Hidayah, S., & Wulandari, R. N. A. (2022). Pengaruh Persepsi Profesi Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Guru Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(4), 992. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8815

IDX. (2023). Gaji Guru Honorer dari SD sampai SMA Terbaru 2023, Sampai Berapa?. IDX Channel. https://www.idxchannel.com/milenomic/gaji-guruhonorer-dari-sd-sampai-sma-terbaru-2023-sampai-berapa

Indonesia, C. (2020). Kemendikbud: Sekolah Kekurangan 1 Juta Guru Hingga 2024. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201005180513-20-554645/kemendikbud-sekolah-kekurangan-1-juta-guru-hingga-2024

Indrianti, E. D., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Kesejahteraan Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 13- 24.

Karyantini, D. A., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Hasil Belajar Micro Teaching dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Melalui Efikasi Diri Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 200-209.

Khan, H. K., Butt, M. N., Bibi, W., Malik, S. A., & Khattak, U. R. (2021). Role Of Practicum In Prospective Teachers Learning: Field Experiences In Teacher Education. Elementary Education Online, 20(1), 3648-3648.

Koross, R. (2016). The Student Teachers’ Experiences during Teaching Practice and Its Impact on their Perception of the Teaching Profession. IRA International Journal of Education and Multidisciplinary Studies (ISSN 2455-2526), 5(2), 76. https://doi.org/10.21013/jems.v5.n2.p3

Lent, R. W., Brown, S. D., & Hackett, G. (1994). Toward a unifying social cognitive theory of career and academic interest, choice, and performance. Journal of vocational behavior, 45(1), 79-122.

Lent, R. W., Brown, S. D., & Hackett, G. (2000). Contextual Supports and Barriers to Career Choice : A Social Cognitive Analysis. Journal of Counseling Psychology, 47(1), 36–49

Nani, E. F., & Melati, I. S. (2020). Peran Self Efficacy Dalam Memediasi Motivasi, Persepsi Profesi Guru Dan Gender Terhadap Minat Menjadi Guru. EEAJ, 9(2), 487–502. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39542

Oktaviani, T., & Yulianto, A. (2015). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan, Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru Akuntansi dan Kesejahteraan Guru Terhadap Minat Pada Profesi Guru Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri S. Economic Education Analysis Journal, 4(3).

Prasetyono, H., Ayuning, D., Ramdayana, I. P., & Hapsari, S. (2023). Improving Teacher Communication Skills Through Personality Variables and Perceptions of The Social Environment. Jurnal Pendidikan Progresif, 13(2), 847–858. https://doi.org/10.23960/jpp.v13.i2.202353

Prasetyono, H., Abdillah, A., Djuhartono, T., Ramdayana, I. P., & Desnaranti, L. (2021). Improvement of teacher’s professional competency in strengthening learning methods to maximize curriculum implementation. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 720–727. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21010

Sari, R., & Rusdarti, R. (2020). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Keluarga Melalui Self Efficacy Terhadap Minat Menjadi Guru. Business and Accounting Education Journal, 1(2), 135-146. https://doi.org/10.15294/baej.v1i2.41020

Sholichah, S., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Persepsi Profesi Guru dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(2), 187–194.

Slameto. (2014). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.

Stellmacher, A., Ohlemann, S., Pfetsch, J., & Ittel, A. (2020). Pre-service teacher career choice motivation: a comparison of vocational education and training teachers and comprehensive school teachers in Germany. International Journal for Research in Vocational Education and Training (IJRVET). https://doi.org/10.25656/01:20740

Suharti, R., Purwohedi, U., & Respati, D. K. (2023). The Effect Of Field Experience Program And Teacher Professional Perceptions On Interest To Become Teacher With Self-Efficacy Mediation. IJOMRAL: International Journal of Multidisciplinary Research and Literature, 2(1), 1–120. https://doi.org/10.53067/ijomral.v2i1

Syofyan, R., Hidayati, N. S., & Sofya, R. (2020). Pengaruh Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PLK) dan Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 10(2), 151. https://doi.org/10.24036/011103600

Tarmudji, T., Kardoyo, Thomas, P., & Oktarina, N. (2011). Etika dan Kepribadian Guru. Semarang: Unnes Press.

Tifani, S. S., & Wahjudi, E. (2022). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi UNESA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(3), 205-216. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n3.p205-216

Undang-Undang No 14 Tahun 2005

Wahjudi, E. (2021). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi.

Wahyuni, D., & Setiyani, R. (2017). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 669-683.

Wolf, A. G., Auerswald, S., Seinsche, A., Saul, I., & Klocke, H. (2021). German student teachers’ decision process of becoming a teacher: The relationship among career exploration and decision-making self-efficacy, teacher motivation and early field experience. Teaching and Teacher Education, 10(5).

Yu, X., An, M., & Zhao, X. (2023). Development of preservice teachers’ competence beliefs, career values, and perceptions of teaching as a profession: A longitudinal study. Heliyon, 9(3). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e13918

Yuniasari, T., & Djazari, M. (2017). Pengaruh Minat Menjadi Guru, Lingkungan Keluarga, Dan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 FE UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2), 78–91.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.22416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).