PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS, DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI DI MAN 1 TAPANULI SELATAN

Leli Khoiriyah Simatupang(1*), Ali Imran Sinaga(2), Hafsah Hafsah(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Tapak Suci di MAN 1 Tapanuli Selatan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mendidik anak tentang agama, kedisiplinan, dan tanggung jawab. Tujuan awal penelitian ini untuk menjawab permasalahan dalam penanaman karakter religious dan tanggung jawab melalui kegiatan ekstrakurikuler tapak suci di MAN 1 Tapanuli Selatan. Penelitian ini mencoba mencari cara untuk melakukan hal ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai pendekatan pengumpulan data untuk mengatasi permasalahan yang ada. Strategi pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan digunakan untuk menguji data yang diperoleh. Penelitian ini telah menunjukkan hal itu. Sebagai langkah awal dalam mengembangkan karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler tapak suci, siswa-siswa Tapak Suci berdoa sebelum dan sesudah latihan memohon ampun kepada Allah SWT. Kedua, dalam hal kedisiplinan, gesit dalam berlatih, mengenakan pakaian tertentu, dan disiplin dalam beribadah, semuanya berperan. Ketiga, karakter tanggung jawab ditunjukkan melalui kepercayaan yang mereka berikan dan bagaimana mereka menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Tapak Suci; Religius; Disiplin; Tanggung Jawab

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akmalia, R., Nst, W. N., & Siahaan, A. (2023). Influence of Self-Efficacy, Organizational Culture, and Job Satisfaction on The Performance of Madrasah Aliyah Teachers. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(3), 437–453. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v8i3.4091

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Kriswanto, E. S. (2015). Pencak Silat. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Lubis, S. P., Rambe, N. Z., Siregar, S., & Damanik, A. G. (2022). MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENUMBUHKAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(1), 42–46. Retrieved from https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/22

Martono, N. (2014). Sosiologi Pendiidkan Michel Foucault: Pengetahuan, Kekuasaan, Disiplin, Hukuman dan Seksualitas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Monalisa, F. N., Akmalia, R., Harahap, A. S. S., & Aulia, P. F. (2022). Upaya Dalam Menumbuhkan Karakter Agamis Siswa Pada Bulan Suci Ramadhan Di Madrasah Tsanawiyyah Negeri Binjai. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 206–222.

Nawawi, M. A., & Iskandar, R. (2019). Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Budaya Religius Sekolah Terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa SMA Islam Sinar Cendekia Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 357–367. https://doi.org/https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.63

Rahmawati, F., Afifulloh, M., & Sulistiono, M. (2020). Budaya Religius: Implikasinya Dalam Meningkatkan Karakter Keagamaan Siswa Di MIN Kota Malang. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 22–35. https://doi.org/https://doi.org/10.33474/elementeris.v2i2.868

Setiawan, F., Taufiq, W., Puji Lestari, A., Restianty, A., Risma, & Irna Sari, L. (2021). Kebijakan Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisir Kenakalan Remaja. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(1), 62–71. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i1.263

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabet.

Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, (November).

Yusuf, M., & Mursal, M. (2020). Implementasi karakter disiplin dalam kurikulum 2013 pada bidang studi PAI di SMA Islam terpadu darul hikmah. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 49–60. https://doi.org/https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3437.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.22334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).