MENANAMKAN NILAI-NILAI KEBHINNEKAAN PADA SISWA MELALUI PELAJARAN PPKN (STUDI KASUS SMP NEGERI 4 BILAH HULU)

Rohmatun Toiba Rambe(1), Toni Toni(2*), Rohana Rohana(3)

(1) Universitas Labuhanbatu
(2) Universitas Labuhanbatu
(3) Universitas Labuhanbatu
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman siswa/i terhadap nilai-nilai kebhinnekaan melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), terkait nilai toleransi, nilai penghormatan, nilai keadilan dan nilai kerja sama. Jenis penelitian kualitatif dengan melakukan pengamatan secara langsung pada objek penelitian. Tempat objek peneliti di SMP Negeri 4 Bila Hulu, subjek peneliti siswa kelas VIII 1, VIII 2, dan informan peneliti guru PPKn. Sumber data primer berupa observasi, angket, dan wawancara, sumber data skunder dokumentasi, buku, dan jurnal yang relefansi dengan judul penelitian. Penelitian kualitatif digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, dimana peneliti merupakan instrumen kunci, Pendekatan dengan studi kasus berupa menghayati suatu persoalan pada objek interaksi individu dalam suatu unit sosial atau kelompok sosial secara utuh, mendalam, intensif dan naturalistik. Hasil penelitian pertama setelah diteliti menunjukkan (1). Nilai toleransi siswa/i yang memahami materi berjumlah 70% sedangkan siswa kurang memahami materi berjumlah 30%. (2). Nilai penghormatan siswa/i yang memahami materi berjumlah 80% sedangkan siswa kurang memahami materi berjumlah 20%. (3). Nilai keadilan siswa/i yang memahami materi berjumlah 82% sedangkan siswa kurang memahami materi berjumlah 18%. (4). Nilai kerja sama siswa/i yang memahami materi berjumlah 80% sedangkan siswa kurang memahami materi berjumlah 20%. Hasil penelitian kedua terhadap informan guru PPKn menerangkan masih ditemukan beberapa siswa kurang memahami materi pelajaran tentang nilai-nilai kebhinekaan dari empat materi yang diajarkan, dalam hal ini guru akan memaksimalkan pengajaran sesuai dengan Kurikulum 2013 di sekolah dan juga meberikan evaluasi pengajaran di kelas.


Keywords


Nilai; Kebhinnekaan; PPKN; siswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin, S., Kholish, M. A., & Mu’iz, D. H. T. (2022). Teologi Konversi Agama Dan Upaya Menumbuhkan Nilai-Nilai Toleransi Di Basis Multikultural. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 6(1), 43. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2022.006.01.4

Aryani, N., & Wilyanita, N. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Terintegrasi Pembelajaran untuk Menanamkan Nilai-nilai Toleransi Sejak Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4653–4660. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2339

Buana, M. S. (2022). Peraturan Daerah bernuansa Relijius-Mayoritarian sebagai Tantangan Kebhinekaan Pancasila. Researchgate.Net, April.

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.

Effendi, Y. R. (2020). Model Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Budaya, Humanistik, Dan Nasionalisme Dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 161–179. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.31645

Ekaningtyas, N. L. D. (2020). Psikologi Komunikasi Untuk Memaksimalkan Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14–20. https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/issue/archive. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14–20.

Fattah, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M. Albina (ed.); Cet Pertam). CV. Harve Creative.

Gaol, P. L. (2019). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti.

Hadi, S., & Bayu, Y. (2021). Membangun Kerukunan Umat Beragama melalui Model Pembelajaran PAI Berbasis Kearifan Lokal pada Penguruan Tinggi. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 23–36.

Kartono, Gufron, U., & Siregar, N. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Kebhinnekaan Melalui Mata Pelajaran Pkn Sma Islam Harapan Ibu Jakarta Selatan The Implementation of Diversity Values Through Civic Education Subjects of Harapan Ibu Islamic High School South Jakarta. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinekaan Dan Wawasan Kebangsaan, 2(2), 22–32.

Khoirunnisa, Rahmi Susanti, & Meilinda. (2023). Penerapan Pendidikan Karakter Yang Beracuan Pada Kebhinekaan dan Pancasila Pada Kegiatan Sekolah SMA Negeri 1 Palembang(146-154). Jurnal Adijaya Multidisplin, , 1(01), 146–154.

Mudjiyanto, B., & Dunan, A. (2021). Pengarusutamaan Nilai-Nilai Pancasila Di Era Pandemi Covid-19 Mainstreaming Pancasila Values In The Covid-19 Pandemic Era. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 2(1), 35–50.

Patty, F. N., Wenno, V. K., & Toisuta, F. A. (2020). Keluarga dan Pendidikan Karakter: Menggali Implikasi Nilai-nilai Hausetafel dalam Efesus 6:1-9. Kurios, 6(2), 102. https://doi.org/10.30995/kur.v6i2.155

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Pratama, F. & Chandra, D. (2022). Pemahaman Kontekstual Siswa Sekolah Dasar Terhadap Nilai-Nilai Multikulturalisme. 7(2).

Rusmiati, E. T. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 248–256. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.3077

Sandi, I. D. K. W. R. (2021). INTEGRASI NILAI-NILAI KEBHINEKAAN DAN SEMANGAT NASIONALISME MENGHADAPI TANTANGAN DI TENGAH PANDEMI COVID 19. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar (Vol. 1, No. 1, pp. 1-6).

Setiawati, R., & Rosyidah, H. (2023). Pendampingan Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SMA Muhammadiyah 2 Kota Magelang. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 111–115. https://doi.org/10.53860/losari.v5i2.163

Setyaningsih, W. (2021). Implementasi Pendekatan Multikultural dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Kebhinekaan Menuju Masyarakat Madani. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 65–74. https://doi.org/10.19105/ejpis.v3i1.4647

Sidu, M., & Rumbi, F. P. (2021). Nilai Budaya dari Ritual Perkawinan Massarak sebagai Materi Pendidikan Keluarga Kristen di Mamasa. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 58. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.383

Simanjuntak, L. (2023). Pengaruh Pembeljaran Berbasis Budaya Lokal dan Nilai Kebhinnekaan Terhadp Hasil Belajar PKn Siswa. 4, 242–250.

Swandaru, D. S. (2022). Memaknai Nilai-Nilai Pancasila dari Kehidupan Masyarakat Desa Diasma. Jurnal Pancasila Dan Bela Negara, 2(2), 1–13.

Ulinnuha, N. Z., & Solikhudin, A. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Dalam Buku Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Impressive Journal of Education, 1(3), 2829–1468.

Utomo, P., & Prayogi, F. (2021). Literasi Digital: Perilaku dan Interaksi Sosial Masyarakat Bengkulu Terhadap Penanaman Nilai-nilai Kebhinekaan Melalui Diseminasi Media Sosial. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 3(1), 65. https://doi.org/10.29300/ijsse.v3i1.4306

Widiyanti, A., Ernawati, T., Hasanah, M., & Dewi, N. P. (2022). Profil Mahasiswa Pancasila dalam Meningkatkan Karakter Kebhinekaan Global di Era 4 . 0. Prosiding Semdikjar, 5, 735–739.

Yulisa, B., Joko Wahyu Yuniarto, Y., Astuti, A., & St Fransiskus Asisi Semarang, Stpk. (2023). Efektivitas Metode Group Investigation (GI) Berbantuan Modul Terhadap Sikap Kebinekaan Global Siswa Pada Kurikulum Merdeka. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(3), 186–202.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.22326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).