EVALUASI PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH: IMPLIKASI BAGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DI MALAYSIA DAN INDONESIA

Toni Nasution(1*)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan manajemen berbasis sekolah (MBS) serta implikasinya bagi pengembangan pendidikan di Malaysia dan Indonesia, dengan studi kasus di MIN 1 Medan dan Sekolah Indonesia Johor Bahru. Penelitian ini menggunakan metodologi kulitatif dengan desain studi kasus, data di kumpulkan melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan MBS memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kualitas pendidikan melalui peningkatan hasil belajar siswa, keterlibatan orang tua dan masyarakat, serta lingkungan belajar yang lebih inklusif dan kolaboratif. Penerapan MBS memungkinkan penyesuaian kurikulum yang relevan dengan kebutuhan lokal dan peningkatan transparansi serta efisiensi dalam pengelolaan sumber daya, yang mendukung pendidikan yang lebih berkualitas. Selain itu, MBS juga meningkatkan profesionalisme guru melalui partisipasi aktif mereka dalam proses pengambilan keputusan, yang berkontribusi pada pengembangan karakter dan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan komunitas dalam menciptakan pendidikan berkelanjutan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa MBS dapat menjadi model manajemen efektif dalam pengembangan pendidikan di berbagai konteks, khususnya di Malaysia dan Indonesia.


Keywords


Manajemen Berbasis Madrasah; Implikasi; Malaysia; Indonesia

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Baker, D. P., & LeTendre, G. K. (2005). National Differences, Global Connections: Conceptual Frameworks for Comparative Education. Stanford University Press.

Cohen, J., McCabe, L., Michelli, N. M., & Pickeral, T. (2009). School Climate: Research, Policy, Practice, and Teacher Education. Teachers College Record.

Firdianti, A. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. CV. Gre Publising.

Ginanjar, A., & Herman, M. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah pada SMA Negeri. Indonesian Journal Of Education Management & Administrasionn Rievew , 3(1), 1–8. http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2942

Harahap, N. I. Y. (2024). Problematika Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di Indonesia. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 133-149.

Hastuti, M., Yamin, M., & Hakim, L. (2018). Manajemen Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah SMA Negeri 10 Tanjung Jabung Timur. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 18(2), 131–148. https://doi.org/10.30631/innovatio.v18i2.45

Mahmud, M. E., Julaiha, S., Kholifah, Y. B., & Nurbayani, E. (2024). Manajemen Berbasis Komunitas Untuk Sekolah Islam Modern : Studi Kasus Perbatasan Pontianak - Sarawak. Community Development Journal, 5(5), 9447–9453.

Muhammad, S., & Rahman, M. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar Islam Insan Kamil Bacan Kabupaten Halmahera Selatan. Edukasi, 15(1), 610–620.

Rohimah, Nurhaidah, S. N., & Soraya, S. (2024). Manajemen Sekolah Dalam Pengembangan Sinergitas Guru Pendidikan Agama Islam. Tadbir Muwahhid, 8(1), 31–52.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatit Dan R&D. Alfabeta.

Timpal, C. (2024). Manajemen Berbasis Sekolah (Nurhaeni (ed.)). Mega Press Nusantara.

Wasilah, Z., Widiyanah, I., & Trihantoyo, S. (2025). Manajemen digital perpustakaan sekolah untuk mendorong literasi siswa. Journal of Education Research, 6(1), 114-123.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.22323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.