STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH UNGGUL DI SEKOLAH ANUBAN RANONG DAN SEKOLAH CHATCHALERM DI THAILAND

Rookaiya Koono(1*), Lia Yuliana(2), Azman Suhardiman(3), Moh. Muslih(4)

(1) 
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas Negeri Yogyakarta
(4) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan Strategi kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah unggul di Sekolah Anuban Ranong 2) Mendeskripsikan Strategi kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah unggul di Sekolah Chatchalerm 3) Mendeskrifsikan strategi kepala sekolah yang efektif dalam mewujudkan sekolah unggul. Penelitian ini berfokus pada peran pemimpin sekolah dalam menerapkan strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, memotivasi pembelajaran, mengontrol kualitas, dan mengelola sumber daya secara efektif.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pendekatan kualitatif dengan observasi, wawancara mendalam dan kajian dokumentasi dengan mengumpulkan sejumlah informasi atau data untuk menemukan strategi kepala sekolah yang efektif untuk mewujudkan sekolah unggul. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Strategi kepala sekolah yang efektif dalam mewujudkan sekolah unggul di Sekolah Anuban Ranong, dan sekolah Chatchalerm, meliputi: (a) Kepemimpinan Visioner (b) Budaya Mutu (c) Pengelolaan Sumber Daya (d) Pemberdayaan Guru dan Staf. Dengan menerapkan strategi-strategi yang telah dipaparkan di atas, kepala sekolah dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pencapaian tujuan pendidikan dan menjadikan sekolah sebagai institusi unggul.


Keywords


Strategi; Kepala Sekolah; Sekolah Unggul

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Bahasa. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi VI). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Belfield, C. (2002). Economic principles for education: Theory and evidence. Edward Elgar Publishing.

Burns, J. M. (1978). Leadership. Harper & Row.

Duke, D. L., Tucker, P. D., Salmonowicz, M. J., & Levy, M. K. (2013). Assessing school leadership: Connecting theory to practice. Routledge.

Fredricks, J. A., & Eccles, J. S. (2006). Is extracurricular participation associated with beneficial outcomes? Concurrent and longitudinal relations. Developmental Psychology, 42(4), 698–713. https://doi.org/10.1037/0012-1649.42.4.698

Fullan, M. (2006). Turnaround leadership. Jossey-Bass.

Fullan, M. (2020). The new meaning of educational change (5th ed.). Teachers College Press.

Ganratchakan, N., & Sirilak, A. (2015). The Management for Excellence of the Schools under the Bureau of Special Education, Office of the Basic Education Commission. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 207, 407-414.

Harris, D. N., & Sass, T. R. (2011). Teacher training, teacher quality and student achievement. Journal of Public Economics, 95(7–8), 798–812. https://doi.org/10.1016/j.jpubeco.2010.11.009

Office of the Basic Education Commission. (2018). World-Class Standard School (Basic education quality criteria for excellent schools). Bangkok: Office of the Basic Education Commission.

Leithwood, K., & Jantzi, D. (2006). Transformational school leadership for large-scale reform: Effects on students, teachers, and their classroom practices. School Effectiveness and School Improvement, 17(2), 201–227. https://doi.org/10.1080/09243450600565829

Lufri. (2020). Pengembangan kurikulum terpadu dalam pendidikan sains. UNP Press.

Mortimore, P. (2014). The Road to Improvement: Reflections on School Effectiveness. Routledge/Taylor & Francis.

Nattaya, P., & Nitwadi, K. (2018). Quality culture in excellent schools in Thailand: Practices and challenges. Journal of Education Studies, 46(1), 45–62.

Noprika, M., Puspita, D., & Rahmi, L. (2020). Variasi metode pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 123–132.

OECD. (2019). PISA 2018 results: What students know and can do? (Vol. I). Paris: OECD Publishing.

Panarat, S. (2022). Strategic resource management in Thai excellent schools: A case study approach. Asian Journal of Education and Training, 8(3), 142–150.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.22250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.