ENRICHMENT MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH TENTANG KUMPENI DI BANGER ABAD XVIII

Paundra Wangsa Fajar Kusuma(1*), Daya Negri Wijaya(2)

(1) Department of History, Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini ditulis untuk pengembangan materi pembelajaran sejarah tentang Kumpeni di Banger Abad XVIII. Metode sejarah digunakan sebagai acuan dalam menyelesaikan artikel ini melalui tahap pemilihan topik, heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Artikel ini menghimpun hasil penelitian terdahulu yang telah merekonstruksi pengaruh Kumpeni di Banger Abad XVII pada aspek politik, ekonomi, dan sosial. Historiografi tersebut berguna sebagai enrichment dalam pembelajaran sejarah pada materi Penjajahan Bangsa Barat Indonesia pada jenjang SMA/Sederajat sesuai dengan struktur Kurikulum Merdeka. Penulisan artikel ini berupaya untuk mengkaji, menelaah, dan menarasikan dampak kolonialisme Kumpeni di Banger Abad XVIII dalam aspek politik, ekonomi, dan sosial untuk selanjutnya dapat dijadikan suplemen berikut dengan contoh implementasinya pada jenjang SMA/sederajat. Kajian ini dapat membangun rekonstruksi sejarah secara menyeluruh sehingga dapat menghasilkan ilmu pengetahuan, persepsi, dan historiografi kolonialisme di Nusantara berdasar perspektif lokal guna kebutuhan pendidikan sejarah era Kurikulum Merdeka.


Keywords


Enrichment; Materi Pembelajaran Sejarah; Kumpeni; Banger; Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembanagan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101.

Arifin, W. (1995). Babad Blambangan. Ecole Française d’Extrême-Orient & Yayasan Bentang Budaya.

Astutik, R. M., & Alrianingrum, S. (2013). Gemeente Probolinggo 1918-1926. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 1(3).

Aziz, A. (2020). Persekutuan Muslim Jawa Dan Etnis Tionghoa Melawan Belanda Dalam Perang Sabil Di Lasem (1750 M) (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Aziz, A. & Wildan, M. (2022). Persekutuan Musim Jawa-Tionghoa Melawan Belanda Dalam Perang Sabil Lasem (1750 M). Tsaqofah dan Tarikh: Jurnal.

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118.

Basri, M., Ayu, S. N., Nabilla, G., & Berutu, S. L. (2024). Background to the Arrival of the Dutch, VOC, Dutch East Indies. EDUCTUM: Journal Research, 3(1), 21-26.

Buddingh, S. A. (1859). Neêrlands Oost Indië (Vol. 1). M. Wijt en zonen.

Daradjadi, D. (2017). Geger Pecinan 1740-1743: Persekutuan Tionghoa-Jawa Melawan VOC. PT. Kompas Media Nusantara.

Firmansyah, H., Putri, A. E., & Hakim, L. (2022). Penguatan literasi sejarah untuk meningkatkan historical thingking peserta didik. Jurnal Artefak, 9(2), 93-102.

Fitriani, Y., & Fatmariza, F. (2022). Manfaat kesadaran sejarah dalam membangun karakter bangsa. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 7(2), 278-283.

Hartatik, E. S. (2018). the Highway and Economy Development a Historical Study of the Development of Economical Knots At the North Coastal of Java (Pantura) in 1930S-1980S. Paramita-Historical Studies Journal, 28(1), 80-91.

Hasibuan, E. D., Basri, M., & Siregar, D. (2024). Situasi Dan Kondisi Perlawanan Terhadap Penjajahan Belanda Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 325-329.

Hidayanti, T., & Hidayat, B. (2022). Pengembangan Ensiklopedia Digital Bangunan Bersejarah Di Kota Metro Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal Kelas X Sma Negeri 2 Metro. SwarnaDwipa, 4(2), 83-91.

Husin, H. (2016). Ujung Senja Pabrik-Pabrik Gula di Batavia Awal Abad ke-18. Sosio e-Kons, 8(2).

Indriastuty, H. R., & Jumardi, J. (2021). Daan Mogot Dalam Pertempuran Lengkong Sebagai Suplemen Materi Perjuangan Revolusi Mempertahankan Kemerdekaan. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 7(1), 1-9.

Jonge, J. K. J. de. (1862). De opkomst van het Nederlandsch gezag in Oost-Indië: 1595-1610 (Vol. 1). Nijhoff.

Kartodirdjo, S. (1988). Pengantar sejarah Indonesia baru: 1500-1900. Gramedia.

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 032/H/KR/2024 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka, Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi 1 (2024). Https://Kurikulum.Kemdikbud.Go.Id/File/1718471412_Manage_File.Pdf

Kuntowijoyo, D. R. (2005). Pengantar ilmu sejarah. Bentang Pustaka.

Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model proses inovasi kurikulum merdeka implikasinya bagi siswa dan guru abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408-423.

Kuswono, K., Sumiyatun, S., & Setiawati, E. (2021). Pemanfaatan Kajian Sejarah Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah di Indonesia. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 6(2), 206-209.

Lekkkerkerker, J. G. W. (1931). Probolinggo, Geschidenis En Overlevering. J. H. De Bussy.

Mahdun, M. (2017). Pembakaran Rumah Cina Di Desa Trusmi Tahun 1948. Tamaddun, 5(2), 76–93.

Malik, M. A. (2023). Kajian Literatur Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Pelajaran IPS SMP. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 387-393.

Margana, S. (2007). Java's Last Frontier: The Struggle for Hegemony of Blambangan C. 1763-1813 (Doctoral dissertation, Universiteit Leiden).

Nawawi, I., & Swandari, T. (2021). Pengembangan Potensi Siswa Cerdas Intelektual Berbakat Islami Melalui Program Akselerasi. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(2), 152-182.

Nst, H. M., Lubis, L. S., Siagian, I. D., & Sahlan, S. (2024). Kasus Kasus di Indonesia White Color Crime (WCC). Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 56-61.

Nugroho, A. S. (2023). Perubahan Ekonomi Dan Politik Surabaya Di Bawah Hegemoni Voc Pada Abad Ke-18. Handep: Jurnal Sejarah dan Budaya, 6(2), 131-154.

Ofianto, O. (2017). Model Learning Continuum Keterampilan Berpikir Historis (Historical Thingking) Pembelajaran Sejarah SMA. Diakronika, 17(2), 168-204.

Pramartha, I. N. B., & Parwati, N. P. Y. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah. Widyadari, 21(2), 688-694.

Pramasto, A., & Meyrynaldy, B. (2020). Pengaruh Penetrasi Barat dalam Peredaran Komoditas Candu di Indonesia Abad Ke-17 Hingga Ke-20. Jurnal Artefak, 7(2), 117-128.

Prasetiya, A., Warto, W., & Sudiyanto, S. (2022). Sejarah Lokal Dalam Kurikulum Merdeka: Situs Loyang Mendale Dan Loyang Ujung Karang Sebagai Muatan Sejarah Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 5(2).

Rahayu, D. P., & Wirajaya, A. Y. (2020). Hikayat Susunan Kuning dalam Negeri Gagelang: Sebuah Tinjauan Historiografi. Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara, 11(1), 1-18.

Rani, P. R. P. N., Asbari, M., Ananta, V. D., & Alim, I. (2023). Kurikulum merdeka: transformasi pembelajaran yang relevan, sederhana, dan fleksibel. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 78-84.

Remmelink, W. (2022). Perang Cina Dan Runtuhnya Negara Jawa 1725-1743. Jendela.

Rimatuzzahriah, E., & Abrar, N. I. (2023). Implementasi Aplikasi Moodle Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Kurikulum Merdeka. Sosial Dan Humaniora.

Salsabilla, D., & Ramadinata, M. L. (2021). Potensi Wisata Sejarah Peristiwa Geger Pecinan Di Kartasura Melalui Situs Keraton Kartasura Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Pekan Sejarah.

Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. Jurnal Education and development, 10(3), 694-700.

Sapto, A. (2014). Kota Probolinggo pada masa menjelang dan awal revolusi. LITERASI: Indonesian Journal of Humanities, 2(1), 36-48.

Schunk, D. H. (2012). Learning theories an educational perspective. Pearson Education, Inc.

Shabri, S., Kusdiwanggo, S., & Yusran, Y. A. (2023). Dari Realita Menjadi Wacana: Representasi Panoptisisme Pada Perencanaan Kota Probolinggo. Langkau Betang: Jurnal Arsitektur, 10(1), 29-44.

Sulistiyono, S. T. (2017). Peranan Pantai Utara Jawa Dalam Jaringan Perdagangan Rempah. In Makalah disampaikan pada Seminar Nasional mengenai Jalur Rempah dengan tema “Rempah Mengubah Dunia”(Makassar: 11–13 Agustus 2017).

Sulistyo, W. D. (2019). Study on Historical Sites: Pemanfaatan Situs Sejarah Masa Kolonial di Kota Batu sebagai sumber pembelajaran berbasis outdoor Learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 124-135.

Supardan, H. D. (2016). Teori dan praktik pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1).

Surya, R. A. (2015). Penerapan Remedial dan Enrichment Model Renzulli untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik SMK Negeri 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015.

Tifada, D. A., & Noviana, R. (2020). Asal-Usul Lahirnya Kata “Kompeni”.

Tricahyono, D. (2021). Tradisi Meganan dan Muatan Pendidikan Nilai sebagai Enrichment dalam Pembelajaran Sejarah di Kabupaten Trenggalek. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 3(1), 1-9.

Utami, C. S. M., Wijayati, P. A., Milla, N. U. P., & Rohman, M. (2023). Ekonomi Perdagangan Dan Penyebaran Islam: Menelisik Kejayaan Demak Dalam Jaringan Kemaritiman. Bookchapter Ekonomi Universitas Negeri Semarang, (2), 72-100.

Warren, J. F. (1998). The Sulu Zone: The world capitalist economy and the historical imagination. VU University Press.

Wasino, W., & Hartatik, E. S. (2019). Rice Policy in Java from Traditional Kingdoms to Dutch Colonial Time. KnE Social Sciences, 730-735.

Wertheim, W. F. (1959). Indonesian society in transition: A study of social change. Sumur Bandung.

Widja, I. G. (1991). Sejarah lokal suatu perspektif dalam pengajaran sejarah. Penerbit Angkasa.

Wijayati, P. A. (2010). Model Pungutan Pajak Pada Masa Kumpeni Di Jawa Timur. Paramita: Historical Studies Journal, 20(2).

Winarni, R. (2018). Maduranisation Native Government Bureaucracy Elite in Besuki Residency, 1818-1942. PARAMITA: Historical Studies Journal, 28(2), 152-163.

Yokoyama, Y., Nadeak, B., & Sihotang, H. (2023). Implementasi Kompetensi Guru Penggerak Dalam Menerapkan Merdeka Belajar SMK Di Tana Toraja. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(2), 187-200.

Yulianti, I., Kurniawati, Y., & Winarko, A. Enrichment Materi Pembelajaran Sejarah tentang Peranan Peranakan Arab Pada Masa Pergerakan Kemerdekaan Indonesia. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 5(1), 1-8.

Yulien, B. Z., & Harahap, A. (2022). Analisis Kebijakan Kemendikbud Dalam Pendidikan Masa Covid-19 Penulis. Annaba’: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, Pembelajaran Dan Pengajaran, 1(1), 1–11.

Zed, M. (2018). Tentang konsep berfikir sejarah. Lensa Budaya: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Budaya, 13(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.22216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).