PENERAPAN PERMENDIKBUD NO. 82 TAHUN 2015 TERHADAP PENCEGAHAN BULLYING DI SMA NEGERI 1 MARBAU
(1) Universitas Labuhanbatu
(2) Universitas Labuhanbatu
(3) Universitas Labuhanbatu
(*) Corresponding Author
Abstract
Bullying sering terjadi pada lingkungan sekolah dikarenakan prilaku watak dan karakter para peserta didik yang beragam perbedaan pola pikir. Sedangkan perilaku penyimpangan bullying sering terjadi di sekolah dikarenakan faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam setiap interaksi sosial di sekolah. Bentuk bullying yang terjadi seperti bullying fisik dan bulllying verbal. Bullying sering dianggap masalah biasa oleh sebagian satuan pendidikan, untuk itu bullying butuh penanganan dan pencegahan yang serius dilakukan oleh pihak sekolah. Dampak bullying dapat dirasakan pada penekanan terhadap kejiwaan peserta didik yang menjadi korban. Metodologi Jenis penelitian ini deskriptfi kualitatif, dengan melakukan observasi, dokumentasi dan wawancara terhadap guru kesiswaan, guru BK, dan peserta didik dikaitkan dengan peraturan. Faktor terjadinya bullying disekolah dan penerapan penecgahan dan penaggulangan dari bullying dapat diatasi dengan keseriusan dari perangkat satuan pendidik. Hasil penelitian (1) Faktor dari penyebab bullying disekolah dikarenakan faktor keluarga kurang perhatian dan pengawasan dari orang tua dan pergaulan peserta yang tidak kondusif dalam interaksi sosial. (2) Penerapan Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015 pada “ ketentuan Pasal 7, 8, 9, 10, dan 11. Dalam penjabaran diatas maka disimpulkan persoalan bullying tidak bisa dianggap masalah tidak serius sehubungan sudah banyak kasus bullying disatuan pendidikan sekolah, untuk itu satuan pendidikan harus merespon dan tanggap setiap kejadian disekolah. Dengan harapan sekolah menjadi kondusif proses belajar mengajar dalam lingkungan interaksi sekolah. Maka untuk pencegahan dan penanggulangan bullying harus dijalankan sesuai dengan perintah Permendikbud, dan setiap satuan pendidikan harus memahami dari isi peraturan tersebut. Sedangkan bagi pelaku bullying tindak tegas secara hukum supaya adanya proteksi dan perlindungan terhadap korban bullying.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Afiyani, I. A., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2019). Identifikasi Ciri-Ciri Perilaku Bullying Dan Solusi Untuk Mengatasinya Di Sekolah. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 5(3), 21–25.
Arumsari, A. D., Suminten, Zuro Ida hanum, R., & Hidayati, I. (2018). Bullying Pada Anak Usia Dini. Motoric, 1(1), 8.
Bachri, Y., Putri, M., Sari, Y. P., & Ningsih, R. (2021). Pencegahan Perilaku Bullying Pada Remaja. Jurnal Salingka Abdimas, 1(1), 30–36.
Bernadeta Mulia, Yuliana Wahyu, L. N. (2020). dari berbagai kalangan mulai dari masyarakat umum hingga mahasiswa dan pelajar. Journal Literasi Pendidikan Dasar, 1(1), 56–64.
Dafiq, N. D., Claudia Fariday Dewi, Nai Sema, & Sahrul Salam. (2020). Upaya Edukasi Pencegahan Bullying Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Manggarai Ntt. Randang Tana - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 120–129. https://doi.org/10.36928/jrt.v3i3.610
Damayanti, R., Hanim, D. W., & Karsih. (2016). Studi Kasus Dampak Psikologis Bullying pada Siswa Tunarungu di SMK Negeri 30 Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 86–90.
Daulay, N., Aulia, M., Nadila, N., Anggaraini, S. A., Tanjung, S. M. F., & Hashibuan, I. D. (2023). Implementasi layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi permasalahan bullying. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1).
Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526
Firmansyah, H., Sudiro, A., Sintya, S., Besila, C. P., & Shrishti. (2021). Pencegahan Bullying Terhadap Masyarakat Difabel Dan. Prosiding Serina III, 1(1), 1785–1790.
Husnul Chotimah, Evi Afiati, R. (2023). Hubungan Bullying Verbal Dengan Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal Bening, 7(1), 39–50.
Iskandar, E., Solina, E., & Elsera, M. (2022). Bullying Pada Remaja di Kota Tanjungpinang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora), 1(Desember), 247–258.
Kurniawan, D. C., Astuti, I., & Wicaksono, L. (2019). Perilaku Bullying terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun 2018. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1), 1–9.
Maria Natalia Bete, A. (2023). Peran Guru Dalam Mengatasi Bullying Di Sma Negeri Sasitamean Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka. Urnal Ilmu Pendidikan (JIP), 8(1), 15–25.
Noer, K. U. (2019). Mencegah Tindak Kekerasan pada Anak di Lembaga Pendidikan. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 14(1), 47. https://doi.org/10.21580/sa.v14i1.2998
Nurazizah, N., Nasokah, N., & Khoiri, A. (2022). Bullying terhadap Kondisi Psikologis Anak Berdasarkan Kajian Qs. Al-Hujurat Ayat 11. 2(2), 113.
Permendikbud No 82. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2015 Tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Tindak Kekerasan Di Lingkungan Satuan Pendidikan. Republik Indonesia, 53, 16. https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_82_15.pdf
Putri, E. D. (2022). Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah : Dampak Serta Penanganannya. Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian.
Rifiani, D. (2023). Fenomena Bullying Dan Upaya Preventif. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2008).
Sagala, N. E., & Br Perangin-angin, M. A. (2023). Gambaran Umum Pengalaman Bullying pada Remaja SMA. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(2), 721–734.
Samsudi, M. A., & Muhid, A. (2020). Efek Bullying Terhadap Proses Belajar Siswa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(02), 122–133.
Saraswati, R., & Hadiyono, V. (2020). Pencegahan Perundungan/Bullying di Insititusi Pendidikan: Pendekatan Norma Hukum dan Perubahan Perilaku. Jurnal Hukum, Politik Dan Kekuasaan, 1(1), 1. https://doi.org/10.24167/jhpk.v1i1.2670
Sari, R. N., & Agung, I. M. (2015). Pemaafan dan Kecenderungan Perilaku Bullying pada Siswa Korban Bullying. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Tangkas, N. M. K. S., Wardana, K. E. L., & Sedana, K. P. (2023). Peningkatan Pengetahuan Melalui Edukasi Antibullying pada Remaja Menurut Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015. Jurnal Kesehatan STIKes Buleleng, 8(1), 75–79.
Tirmidziani, A., Farida, N. S., Lestari, R. F., Trianita, R., Khoerunnisa, S., & Khomaeny, E. F. F. (2018). Upaya Menghindari Bullying Pada Anak Usia Dini Melalui Parenting. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(1), 59–65.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.22115
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).