ANALISIS SWOT RAPOR PENDIDIKAN TENTANG LITERASI DI SD SWASTA KEAGAMAAN

Andry Fitrian(1*), Rais Hidayat(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Pakuan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi, mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman sehingga dapat merancang strategi dalam upaya meningkatkan literasi di SD Swasta Keagamaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk menggambarkan dan menganalisis fenomena yang ada. Data penelitian diperoleh melalui studi dokumen dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Analisis SWOT dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang kondisi Rapor Pendidikan tentang literasi, sehingga dapat digunakan untuk menyusun strategi yang tepat untuk meningkatkan mutu literasi. Strategi tersebut yaitu strategi S-O yang memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada dengan memiliki 5 komponen hasil, strategi S-T yang memanfaatkan kekuatan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi dengan memiliki 3 komponen hasil, strategi W-O yang meminimalkan kelemahan untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan memiliki 5 komponen hasil, dan strategi W-T yang meminimalkan kelemahan untuk menghadapai tantangan yang dihadapi dengan memiliki 2 komponen hasil. Sehingga diharapkan analisis SWOT yang menghasilkan total 15 komponen tersebut dapat digunakan oleh SD Swasta Keagamaan guna meningkatkan literasi sehingga menjadi indikator untuk pengembangan rencana strategis untuk mencapai Rapor Pendidikan yang berstandar Nasional di SD tersebut yang akan datang.


Keywords


Analisis SWOT; Rapor Pendidikan; Literasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afriani, R., Ardhyaningrum, R. S., Novayanti, N., & Mulawarman, W. G. (2022). Strategi Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik dan Kependidikan di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan: Kajian Analisis SWOT. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 2(2), 57–64.

Ahyani, H., Waluyo, R., & Mahfud, M. (2021). Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian Pada Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(8), 1–17.

Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi pelaksanaan program kampus mengajar angkatan 1 terdampak pandemi covid-19. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38–47.

Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Unj Press.

Jannah, U. R., Basori, I. S., Amiruddin, M., Rifanda, A. R., & Agustin, S. P. D. (2024). EFEKTIVITAS ANALISIS AKAR MASALAH “METODE PEMBELAJARAN” PADA RAPOR PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR PENGGERAK ANGKATAN I. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 539–559.

Kemendikbudristek. (2023). Rapor Pendidikan. Retrieved December 1, 2023, from raporpendidikan.kemdikbud.go.id website: https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/login

Kemendikbudristek, K. (2021). Buku saku rapor pendidikan Indonesia untuk satuan pendidikan: rapot pendidikan indentifikasi, refleksi, benahi. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Kiriana, I. N., & Widiasih, N. N. S. (2023). Implementasi Rapor Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional. Widya Accarya, 14(2), 156–164.

Larassati, M. A., & Imran, M. (2023). Peningkatan SDM Guru Profesional Di Kabupaten Sumbawa Barat Dengan Literasi Baru Guna Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 11(1), 11–19.

Muammarulloh, A. G. A., & Wiyani, N. A. (2023). Analisis SWOT Implementasi Website Rapor Digital Madrasah Dalam Dalam Meningkatkan Kualitas Lembaga Di MA MINAT Kesugihan. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(3), 2451–2461.

Mukhlasin, A., & Pasaribu, M. H. (2020). Analisis Swot dalam membuat keputusan dan mengambil kebijakan yang tepat. Invention: Journal Research and Education Studies, 1(1), 33–44.

Nurlaela, N. (2023). STRATEGI KEPEMIMPINAN VISIONER DALAM IMPLEMENTASI VISI DAN MISI BERBASIS RAPOR PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 2 CEPU. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 12(2).

RISNA, R. (2023). Strategi Pengembangan Program Literasi Peserta Didik SMP di Kota Palopo. Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Robiah, R., Hendarman, H., & Hidayat, R. (2023). Evaluasi Program Literasi Anak dengan Pendekatan Model CIPPO. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 528–539.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.

Sammara, R., & Hasbi, H. (2023). IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 8(1), 45–58.

Stronge, J. H. (2018). Qualities of effective teachers. Ascd.

Zuhrufillah, N. N., Kurniawan, A., & Syekh, M. I. A. I. N. I. (n.d.). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 6 KOTA CIREBON STRATEGIC HEADMASTER IN IMPROVING THE QUALITY OF EDUCATION USING SWOT ANALYSIS IN PUBLIC SENIOR HIGH SCHOOL 6 CIREBON.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.21898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).