PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 SULTAN DAULAT KOTA SUBULUSSALAM

Muhammad Ali Bashir Sambo(1*), Afrahul Fadhila Daulay(2), Zulfahmi Lubis(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi bagaimana penerapan pendidikan karakter, strategi atau metode, media dan alat serta kurikulum pendidikan karakter yang di terapkan di SMA Negeri 1 Sultan Daulat Kota Subulussalam. Adapun subjek atau objek dalam penelitian ini adalah guru bidang study agama islam, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tatausaha, guru bimbingan konseling, dan siswa-siswi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter yang diterapkan melalui kegiatan yang melibatkan siswa-siswi secara aktif baik dari sikap dan perilaku guru sebagai teladan bagi siswa, seperti disiplin waktu, berkata baik sopan dan santun, memakai pakaian yang rapi dan bersih, membimbing peserta didik dalam kegiatan salat dhuha, memberikan arahan dan ceramah agama setelah salat zuhur, berdoa sebelum belajar dimulai, menanamkan sikap kerja keras dan mandiri, melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap pembelajaran. Adapun strategi atau metode penerapan karakter yang di lakukan adalah dengan sikap keteladan guru, kedisiplinan dan pembiasaan. Untuk media dan alat yang digunakan adalah buku-buku pembelajaran yang terkait dengan penanaman karakter, seperti buku Pendidikan Agama Islam, PKN, dan lainnya yang dapat membantu memperkaya pengetahuan siswa-siswi hingga menggunakan Multimedia seperti Video atau Audio dan Alat Tulis (Whiteboard). Dan hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa penerapan pendidikan sekolah tersebut sangat baik dan bisa menjadi percontohan sekolah negeri lainnya.


Keywords


Pendidikan; Karakter; PAI

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akmalia, R., Nst, W. N., & Siahaan, A. (2023). Influence of Self-Efficacy, Organizational Culture, and Job Satisfaction on The Performance of Madrasah Aliyah Teachers. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(3), 437–453. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v8i3.4091

Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat pendidikan, belajar dan pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2).

Ayunisa, L. N., & Sholeh, M. (2022). Strategi Lembaga Pendidikan Formal Dalam Meningkatkan School Branding Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(1), 59–72.

Chotimah, U., Aisyah, N., & Sumayeka, M. (2020). Memperkuat Karakter Peserta Didik Melalui Implementasi Model Pembelajaran Berbasis HOTS pada Pembelajaran PPKn. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(1), 55–67.

Daulay, H., & Pasha, N. (2016). Pendidikan Karakter. Medan: CV Manhaji Medan.

Hartati, Y. (2021). Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(3), 335–342.

Ismatullah, N. H. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Membangun Karakter Akhlakul Karimah Peserta Didik. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI), 1(1), 2019.

Kurniawan, M. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Batusangkar. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 147–160. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31958/jaf.v4i2.416

Kuswanto, E. (2014). Peranan Guru PAI dalam Pendidikan Akhlak di Sekolah. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(2), 194–220. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/mdr.v6i2.194-220

Lubis, S. P., Rambe, N. Z., Siregar, S., & Damanik, A. G. (2022). MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENUMBUHKAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(1), 42–46. Retrieved from https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/22

Ma’ruf, M. F. (2020). Implementasi Permendikbud Nomor 20 tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dewantara: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 6(2), 93–102.

Monalisa, F. N., Akmalia, R., Harahap, A. S. S., & Aulia, P. F. (2022). Upaya Dalam Menumbuhkan Karakter Agamis Siswa Pada Bulan Suci Ramadhan Di Madrasah Tsanawiyyah Negeri Binjai. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 206–222.

Nadia, V. (2022). Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Karakter Peserta Didik Kelas IX MTs Darul Ma’arif Cipondoh Tangerang. UNUSIA.

Nurochim. (2016). Sekolah berbasis pesantren sebagai salah satu model pendidikan Islam dalam konsepsi perubahan sosial. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 16(1), 69–88. https://doi.org/10.21154/al-tahrir.v16i1.320

Pristiwanti, D., Badaria, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Satriani. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo. Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Solehat, T. L., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Program Penguatan Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2270–2277. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1202

Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., Adiarta, A., & Artanayasa, W. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124–136. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jfi.v2i3.22187

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabet.

Turmidzi, I. (2021). Implementasi supervisi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4(1), 33–49. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/tarbawi.v4i1.245

Zaki, A., Al-Qadri, M., & Akmalia, R. (2022). Pengelolaan Kelas yang Aktif dan Menyenangkan Berbasis Karakter di Ponpes Darussaadah Kec. Pangkalan Susu. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(2), 141–148. Retrieved from https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/56.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.21788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).