DAMPAK PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Vindy Antia(1*), Ibrahim Ibrahim(2)

(1) 
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandangan pelajaran matematika bagi mayoritas siswa yaitu pelajaran yang sulit dan menakutkan. Sehingga guru perlu memberikan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran matematika agar dapat menumbuhkan semangat siswa untuk belajar matematika. Salah satu cara yang dapat guru lakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika yaitu dengan pemberian reward. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan yaitu untuk mengetahui dampak pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini berdasarkan hasil wawancara dari guru matematika dan 3 siswa kelas VIII E pada salah satu madrasah di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward berdampak positif terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Pemberian reward dapat menciptakan rasa senang dan semangat pada siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Reward yang diberikan ini berupa tambahan nilai dan berupa sejumlah uang.


Keywords


Reward; Motivasi Belajar; Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al-Amin, Y., & Murtiyasa, B. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 5(1), 49–65.

Aljena, S. C., Andari, K. D. W., & Kartini, K. (2020). Pengaruh reward terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, 1(2), 127–137.

As’ad, & Fatimah. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Peranan Agama, Sosial Dan Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sma Bina Spora Mandiri Cigombong Bogor. Research and Development Journal Of Education, 6(1), 3–17

Budiyani, A., Marlina, R., & Lestari, K. E. (2021). Analisis motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. MAJU, 8(2), 310–319.

Ernata, Y. (2017). Analisis motivasi belajar peserta didik melalui pemberian reward dan punishment di SDN ngaringan 05 kec.gandusari kab.blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.781-790

Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan motivasi belajar dengan pemberian reward and punishment yang positif. Jurnal Edunomic, 6(2), 93–102. https://core.ac.uk/download/pdf/229997374.pdf

Heriyati. (2017). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 22–32. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/1383

Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2023). Korelasi motivasi belajar dan pemahaman matematis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-M5, 3(1), 42–57.

Lena, M. sri, Nisa, S., Khairani, R., & Aisyah, S. W. (2023). Analisis dampak pemberian reward dan punishment bagi motivasi belajar siswa di SD. Lencana : Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(3), 236–246. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i3.1833

Lestari, S., Aziz, A., & Susilawati, S. (2021). The influence of rewards and punishments on the students’ learning motivation at grade v. PRIMARY, 10, 1254–1261.

Noor, W. N., Safitri, M., & Darwis, D. (2022). Pengaruh pemberian reward terhadap kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(3), 172–180. https://doi.org/10.21093/twt.v9i3.4807

Prasetyo, A. H., Prasetyo, S. A., & Agustini, F. (2019). Analisis dampak pemberian reward dan punishment dalam proses pembelajaran matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 402–409.

Ratnasari, K. (2018). Penerapan pembelajaran means eand analysis untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas vi madrasah ibtidaiyah 2 jombang. Palapa, 6(2), 121–137. https://doi.org/10.36088/palapa.v6i2.70

Rismawati, M., & Khairiati, E. (2020). Analisis faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. J-PiMat, 2(2), 203–212.

Rizqiyah, N., & Lestari, T. (2021). Pengaruh metode reward dan punishment terhadap perkembangan moral siswa sekolah dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 242–249. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1361

Sudirman, Kasmawati, & Jauhar, S. (2023). Pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa kelas v SDN 198 cinennung kecamatan cina kabupaten bone. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.

Suharni, & Purwanti. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131–145.

Tafsil, M. (2019). Pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi MA mathlaul anwar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.21764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).