PANDUAN TEKNIK CANGKRUKAN DALAM BIMBINGAN UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL SANTRI LUHUR
(1) 
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Cangkrukan digunakan sebagai teknik bimbingan karena berisi nilai sosial yang baik, egaliter, demokratis, dan solidaritas. Nilai tersebut dapat membentuk perilaku santri menjadi lebih baik. Penelitiaan dan pengembangan ini bertujuan untuk mengahasilkan produk panduan cangkrukan sebagai teknik dalam bimbingan untuk meningkatkan penyesuaian sosial santri. Model penelitian dan pengembangan menggunakan rancangan dari Borg & Gall (1983) yang diadaptasi sampai tahap review calon pengguna. Review ahli dilakukan oleh ahli materi bimbingan dan konseling, ahli media pembelajaran dan calon pengguna. Aspek kelayakan yang dinilai yaitu aspek ketepatan, kegunaan, kejelasan, kemenarikan, dan kemudahan. Instrumen penelitian yaitu need assesment dengan observasi dan wawancara di lapangan. Disamping itu, dilakukan kajian literatur hasil penelitian terdahulu. Data yang diperoleh berupa data numerik. Analisis hasil menggunakan interrater agreement model oleh Gregory. Dari hasil review ahli dan calon pengguna mendapatkan nilai yang sangat tinggi dengan indeks validator 1, sehingga dapat diambil kesimpulan terkait panduan yang dikembangkan memenuhi kriteria keberterimaan secara akseptabel dan dapat dimanfaatkan untuk media layanan bimbingan dan konseling.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Alfadla, M. T., AT, A. M.-, & Rahman, D. H. (2021). Identifikasi Social Power dalam Karakteristik Kiai sebagai Rujukan Kualitas Diri Konselor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(6). https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i6.14901
Andira, A., & Suarni, W. O. (2020). Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa. Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.36709/bening.v4i2.12088
Apriliyanti, K., Latif, M. D. I., & Mutiarin, D. (2021). Narasi Budaya Arek Suroboyo dan Pandemi Covid-19: Sebuah Perspektif Agile Governance di Kota Surabaya. Jurnal Transformative, 7(1), 1–28. https://doi.org/10.21776/ub.transformative.2021.007.01.1
Asfarina, L. M. A. (2014). Fleksibilitas ekspresi status ego sebagai fungsi dari teknik cangkrukan dan drama segitiga Karpman pada siswa SMP [Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/id/eprint/2081
Basmallah, F. D., Muchtar, M., & Sihombing, P. R. (2024). Pengaruh Dimensi Kepuasan Hidup Terhadap Indeks Kebahagiaan: Perspektif Regional Di Indonesia. Journal of Law, Administration, and Social Science, 4(1). https://doi.org/10.54957/jolas.v4i1.697
Bau, N. A., Kadir, L., & Abudi, R. (2022). Hubungan Tingkat Stres Remaja Dengan Kemampuan Beradaptasi Di Asrama Pondok Pesantren Sabrun Jamil. Jambura Journal of Epidemiology, 1(1). https://doi.org/10.37905/jje.v1i1.15076
Borg, W., & Gall, M. (1983). Educational Research: An Introduction 4th edition Longman Inc. New York.
Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2). https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057
Fuadi, M., Lasan, B. B., & Setiyowati, A. J. (2020). Adaptasi Budaya Cangkruk’an sebagai Teknik Dalam Panduan Pelatihan Konseling Sebaya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13947
Gregory, R. J. (2014). Psychological Testing: History, Principles and Applications Seventh Edition. In Pearson Education.
Gumilang, G. S. (2015). Urgensi Kesadaran Budaya Konselor Dalam Melaksanakan Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea). GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 45. https://doi.org/10.24127/gdn.v5i2.316
Leksana, D. M. (2018). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial. JCE (Journal of Childhood Education), 1(1). https://doi.org/10.30736/jce.v1i1.2
Mudzkiyyah, L., Wahib, A., & Bulut, S. (2022). Well-being among boarding school students: Academic self-efficacy and peer attachment as predictors. Psikohumaniora, 7(1). https://doi.org/10.21580/pjpp.v7i1.10374
Niam, S., & Nurhayati, A. (2021). “Cangkru’an” Dan Harmonisasi Kehidupan Umat Beragama. Harmoni, 20(2), 293-316.
Panewaty, D. F., & Endang Sri Indrawati. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa Dalam Asuhan Nenek Di Smp Negeri 1 Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Empati, 7(1).
Risal, H. G., & Alam, F. A. (2021). Upaya Meningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di Sekolah. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(1).
Rohiman, I., & Pamuji, R. (2017). Pengembangan Kesadaran Multibudaya bagi Calon Konselor di Era Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Universitas Ahmad Dahlan 2017, 109–116.
Santoso, L. (2017). Etnografi Warung Kopi : Politik Identitas Cangkrukan di Kota Surabaya dan Sidoarjo ( The Etnography of Coffee Shop : Identity Politics of Cangkrukan in the City of Surabaya and Sidoarjo ). Mozaik Humaniora, 17(1), 113–125.
Saputra, B., Hartuti, P., & Mishbahuddin, A. (2017). REINFORCEMENT TECHNIQUE TO INCREASE SELF CONFIDENCE OF. 1, 60–68.
Setiawan, I. (2017). Jagongan Kabudayan : Membangun ruang dan komunikasi kultural. 1–6.
Sudirman, M. Y., AT, A. M.-, & Hambali, I. (2021). Adopsi Nilai Etika Pappaseng Bugis sebagai Konten Bibliokonseling dalam Langkah Konseling KIPAS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(8). https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i8.14950
Sue, D. W., & Sue, D. (2016). Counseling the culturally diverse: Theory and practice (7th edition). John Wiley & Sons, Inc.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.
Uthia, E. (2015). Pengaruh dukungan sosial sahabat terhadap penyesuaian sosial mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 4(1).
Widiyawati, A. T. (2019). Literasi informasi masyarakat Desa Paseban, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember melalui budaya ‘marung.’ Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1). https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.19529.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.21738
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).