PENERAPAN ACCELERATED LEARNING DALAM MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA
(1) Universita Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Kegunaan penelitian ini mempelajari disposisi matematik pada siswa setelah diterapkannya pembelajaran Accelerated Learning, bagaimana aktivitas dan tanggapan siswa saat pembelajaran, serta adanya tingkat kemajuan pada hasil pembelajaran siswa dengan Accelerated Learning. Selain itu bertujuan untuk menjabarkan bagaimana proses ajar pelajaran matematika pasca diberlakukan Accelerated Learning. Kegiatan penelitian dilakukan pada satu Sekolah Menengah Atas tingkat Swasta di Jakarta Selatan. Metode yang digunakan pada riset ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan diberlakukan 2 tahapan pada empat tingkatan kegiatan diantaranya adalah tingkatan perancangan, tingkatan penerapan, tingkatan pengamatan serta tingkatam refleksi. Penelitian ini menggunakan instrumen angket untuk mengetahui skala disposisi matematik, observasi berupa lembaran kegiatan siswa, wawancara, jurnal harian untuk siswa, serta soal tes hasil belajar. Dalam hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan Accelerated Learning untuk menaikan disposisi matematik siswa berjalan maksimal. Didukung dari hasil rata-rata sebesar 65,57% meningkat menjadi 74,34%. Pada bagian percaya diri dari 60,33% menjadi 72,08%, aspek ingin tahu dari 68,29% menjadi 74,76%, aspek rajin dan tekun dari 58,86% menjadi 73,33% siklus II, aspek fleksibel dari 75,71% menjadi 80,10% siklus II, dan aspek reflektif dari 64,65% menjadi 71,43%. Penerapan Accelerated Learning menjadikan aktivitas, respon dan prestasi ajar yang siswa miliki meningkat. Hal ini ditunjukkan pada aktivitas siswa 60,10% berkembang naik 77,94%, angka respon siswa yang positif berkembang dari 59,33% ke 79,00%, dan nilai prestasi ajar siswa miliki berkembang naik dari 48,57% ke angka 88,58%.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Adhiyati, U.P. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Disposisi Matematika Dan Pemahaman Matematika. Research and Development Journal of Education Special Edition, 81-90.
Dede, A. (2021). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Accelerated Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa Mts Al-Waahidah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA). 133-139. Subang: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Subang.
Putra, R.W.Y & Sari. L. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Metode Accelerated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMP. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 211-220.
Samad, I &Wibowo, A. (2022). Pengaruh Model Accelerated Learning Terhadap Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika, 3(2), 27-36.
Syarifah, F.S.D., Nuraidah, S., Riajanto, M.L.E.J., Maya, R. (2018). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif, 1(2), 219-228.
Silitonga, R.H.Y. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Accelerated Learning. SUPERMAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 38-45.
Yulianingrum, C.A., Kurniawan, A.P., Lubab, A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Accelerated Learning Dengan Strategi Firing Line Untuk Melatih Disposisi Matematis Siswa. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 39-50.
Yunarti, T., Asnawati, R., Coesamin, M. (2022). Pengaruh Disposisi Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA dalam Pembelajaran di Instagram. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 121-127.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.21700
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).