PENGARUH PEMBIASAAN SALAT TAHAJUD TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DAN XI DI SMA ISLAM DARUL ABROR

Ahmad Haetami(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah terdapat adanya keterkaitan atau pengaruh dari pembiasaan salat tahajud terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi, adapun sampel dari penelitian ini berjumlah 61 siswa dari kelas yang berbeda, adapun metode pengumpulan data menggunakan angket yang di sebar yang nantinya menjadi acuan peneliti sebagai alat ukur dari penelitian. Hasil penelitian menunjukan 1) Kedisiplian seorang siswa pada Salatnya akan membentuk kedisiplinan pula dalam belajarnya. 2) Intensitas Salat tahajud yang dilakukan oleh siswa membuat siswa lebih dekat dengan Tuhannya yang mana dari kedekatan itu akan melahirkan sikap sadar bahwasanya Tuhan merupakan Dzat yang peduli dan akan memberikan pertolongan serta kemudahan bagi setiap hambaNya yang bangun di waktu malam untuk Salat dan memohon kepadaNya. 3) Salat tahajud melahirkan sikap tenang dan stabil sehingga dapat mengatur tingkat stress yang dialami ketika kegiatan belajar mata pelajaran ekonomi berlangsung. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dari pembiasaan salat tahajud yang dilakukan oleh siswa secara disiplin begitu juga dengan tingginya intensitas salat tajud yang memberikan dampak terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan ekonomi.

 


Keywords


Salat Tahajud; Hasil Belajar; Pendidikan Ekonomi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amaliah, D. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: UNINDRA Press.

Azam, S. M., & Abidin, Z. (2014). Efektivitas Salat Tahajud Dalam Mengurangi Tingkat Stres Santri. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 6(2), 171–180. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol6.iss2.art3

Hamim, M. (2017). Fathul Qorib. Kediri: Santri Salaf Press.

Nur’aeni, Saraswati, & Utami, S. (2017). Pengantar Pendidikan. Jakarta: UNINDRA Press.

Ritonga, A., & Azizah, B. (2018). Salat Tahajud Berpengaruh terhadap Penurunan Stres Mahasiswa Artikel history. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan, 6(1), 2338–9095.

Sabiq Azam, M., Abidin, Z., & Soedarto Tembalang Semarang, J. S. (2015). EFEKtivitas Salat Tahajud Dalam Mengurangi Tingkat Stres Santri Pondok Islam Nurul Amal Bekasi Jawa Barat.

Sulfemi, W. B. (2018). Pengaruh Disiplin Ibadah Salat, Lingkungan Sekolah, Dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 166–178. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.474

Wihardina, A., S., Hasan, A. K., & Sukoharjo, A. (2017). Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Dan Intensitas Salat Tahajud Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Qur’an-Hadis. PROFETIKA, Jurnal Studi Islam, 18(1), 48–54.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.21687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).