TREN PEMETAAN RISET ENTREPRENEURSHIP EDUCATION DAN EDUCATION COMPUTING DI UNIVERSITAS: SEBUAH ANALISIS BIBLIOMETRIK

Fadli Agus Triansyah(1*), Nela Permata Sari Lubis(2), Marito Ritonga(3), Andi Cici Thania(4), Hafiz Irwandi(5), Nofriansyah Nofriansyah(6)

(1) 
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
(6) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan memetakan tren penelitian Entrepreneurship Education dan education computing di universPenelitian ini bertujuan memetakan tren riset Entrepreneurship Education dan education computing di universitas melalui analisis bibliometrik. Data diperoleh dari basis data Scopus dengan kata kunci “Entrepreneurship Education” AND “Education computing” AND University pada 2 September 2025. Dari 220 dokumen yang ditemukan, sebanyak 219 dokumen berbahasa Inggris dianalisis lebih lanjut menggunakan Publish or Perish, Microsoft Excel, dan VOSviewer. Hasil penelitian menunjukkan tren publikasi meningkat signifikan sejak 2020, seiring percepatan transformasi digital di masa pandemi. Sumber publikasi didominasi prosiding internasional dan jurnal multidisipliner, dengan kontribusi terbesar berasal dari Tiongkok (135 dokumen), disusul Amerika Serikat (19 dokumen). Artikel paling berpengaruh membahas kompetensi digital pendidik, model pembelajaran berbasis pengalaman, serious games, dan faktor institusional kewirausahaan. Visualisasi kata kunci mengungkap empat klaster utama: (1) niat dan efikasi kewirausahaan, (2) pembelajaran teknik dan pengalaman, (3) kecerdasan buatan dan big data, serta (4) evaluasi komputasional. Overlay visualization menunjukkan kebaruan riset pada tema keberlanjutan, model bisnis, dan kemampuan inovasi. Penelitian ini berkontribusi memperkaya literatur interdisipliner dan memberi rujukan strategis bagi universitas dalam merancang kurikulum adaptif berbasis teknologi untuk memperkuat peran sebagai penggerak inovasi dan kewirausahaan digital.


Keywords


Bibliometrik; Education computing; Entrepreneurship Education; Universitas

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adnyana, P. E. S., Juansa, A., Rianty, E., Saputro, D. R. S., Andryadi, A., Winatha, K. R., Yunefri, Y., Lakadjo, M. A., Gunadi, A., & Na’imah, T. (2025). Pendidikan Abad Ke-21: Tantangan, Strategi dan Inovasi Pendidikan Masa Depan. PT. Star Digital Publishing.

Akhmad, A., Badruddin, S., Januaripin, M., Salwa, S., & Gaspersz, V. (2024). Inovasi dalam manajemen pendidikan tinggi: Membangun masa depan yang berkelanjutan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Antonaci, A., Dagnino, F. M., Ott, M., Bellotti, F., Berta, R., De Gloria, A., Lavagnino, E., Romero, M., Usart, M., & Mayer, I. (2015). A gamified collaborative course in entrepreneurship: Focus on objectives and tools. Computers in Human Behavior, 51, 1276–1283. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.11.082

Asmara, A. Y., Kusumawardhani, D., & Hidayati, E. (2022). Reposisi peran universitas dalam memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat desa berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi: Perspektif quadruple helix. Proceedings of Annual Conference on Community Engagement, 3, 597–622.

Bellotti, F., Berta, R., De Gloria, A., Lavagnino, E., Antonaci, A., Dagnino, F., Ott, M., Romero, M., Usart, M., & Mayer, I. S. (2014). Serious games and the development of an entrepreneurial mindset in higher education engineering students. Entertainment Computing, 5(4), 357–366. https://doi.org/10.1016/j.entcom.2014.07.003

Cahyono, E., & Sarjita, S. (2022). Peran entrepreneurial education dalam membentuk entrepreneurial mindset mahasiswa. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 9(1), 9–14.

Cui, L., Yu, M., & Xu, S. (2024). Comparative Study of the Chinese and Foreign Digital Home: A Visual Analysis of Research Hotspots and Trends Using CiteSpace. IEEE Access. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2024.3457927

Duval-Couetil, N., Ladisch, M., & Yi, S. (2021). Addressing academic researcher priorities through science and technology entrepreneurship education. The Journal of Technology Transfer, 46(2), 288–318. https://doi.org/10.1007/s10961-020-09787-5

Duval-Couetil, N., Shartrand, A., & Reed, T. (2016). The role of entrepreneurship program models and experiential activities on engineering student outcomes. Advances in Engineering Education, 5(1), n1.

Dwi, K., Siregar, P., Ramadhaniyati, R., Muhammad, I., & Triansyah, F. A. (2023). Analisis Bibliometrik : Fokus Penelitian Critical Thinking pada Sekolah Menengah ( 1992-2023 ). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 349–360.

Fernandes, C., Pires, R., & Gaspar Alves, M.-C. (2023). Digital Entrepreneurship and Sustainability: The State of the Art and Research Agenda. Economies, 11(1). https://doi.org/10.3390/economies11010003

Gianiodis, P. T., & Meek, W. R. (2020). Entrepreneurial education for the entrepreneurial university: a stakeholder perspective. The Journal of Technology Transfer, 45(4), 1167–1195. https://doi.org/10.1007/s10961-019-09742-z

Mäkimurto-Koivumaa, S., & Belt, P. (2016). About, for, in or through entrepreneurship in engineering education. European Journal of Engineering Education, 41(5), 512–529. https://doi.org/10.1080/03043797.2015.1095163

Miftakhudin, M., Farkhan, M., & Izaki, M. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Institusi Pendidikan di Indonesia melalui Platform E-Learning Berbasis Cloud Computing.

Muhammad, I., & Triansyah, F. A. (2023). Panduan Lengkap Analisis Bibliometrik dengan VOSviewer: Memahami Perkembangan dan Tren Penelitian di Era Digital. Penerbit Adab.

Núñez-Canal, M., de Obesso, M. de las M., & Pérez-Rivero, C. A. (2022). New challenges in higher education: A study of the digital competence of educators in Covid times. Technological Forecasting and Social Change, 174, 121270. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.121270

Putrawan, A., Mahdi, R., Md, A., & IP, S. (2020). Momentum Inovasi Perpustakaan: Cara Baru Mengembangkan Pusat Ilmu Pengetahuan di Era Disruptive Innovation. Ahlimedia Book.

Ramadhaniyati, R., Dwi, K., Siregar, P., Muhammad, I., & Triansyah, F. A. (2023). Guide Discovery Learning ( GDL ) in Education : A Bibliometric Analysis. Journal on Education, 05(04), 11473–11484.

Rohimah, R. (2021). KNOWLEDGE-BASED ECONOMY AS HUMAN CAPITAL INVESTMENT TO DRIVE THE NATION’S ECONOMIC GROWTH. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 29–46.

Rohmah, J., Jannah, W., Aryawati, N. U., & Wahyunintyas, S. P. (2025). Peran Pembangunan Ekonomi dalam Membentuk Sumber Daya Manusia yang Unggul di Indonesia. Jurnal Ilmiah Nusantara, 2(3), 70–87.

Sanusi, N., Triansyah, F. A., Muhammad, I., & Susanti, S. (2023). Analisis Bibliometrik: Penelitian Communication Skills Pada Pendidikan Tinggi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1694–1701. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1763

Sholeh, A., Yaqien, N., & Faizah, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Entrepreneurship Berbasis Multikultural. Batari Pustaka.

Syerlita, R., & Siagian, I. (2024). Dampak perkembangan revolusi industri 4.0 terhadap pendidikan di era globalisasi saat ini. Journal on Education, 7(1), 3507–3515.

Triansyah, F. A., Gunawan, A., & Ramadhaniyati, R. (2023). Factors of Indonesia Economic Growth (2017-2022). Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 11(01), 51–65. https://doi.org/10.21009/JPEB.011.1.5

Triansyah, F. A., Suwatno, S., & Machmud, A. (2023). Trends and Research Focus of the Jigsaw Learning Model in Economic Learning : Bibliometric Review and Analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan, 23(1), 1–15.

Triansyah, F. A., Ugli, Y. K. B., Muhammad, I., & Nurhoiriyah, N. (2023). Determinants of Teacher Competence in Islamic Education: Bibliometric Analysis and Approach. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 6(1), 17–32. https://doi.org/10.33367/ijies.v6i1.3458

Urbano, D., Aparicio, S., Guerrero, M., Noguera, M., & Torrent-Sellens, J. (2017). Institutional determinants of student employer entrepreneurs at Catalan universities. Technological Forecasting and Social Change, 123, 271–282. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2016.06.021

van Eck, N. J., & Waltman, L. (2010). Software survey: VOSviewer, a computer program for bibliometric mapping. Scientometrics, 84(2), 523–538. https://doi.org/10.1007/s11192-009-0146-3

Zappe, S., Hochstedt, K., Kisenwether, E., & Shartrand, A. (2013). Teaching to innovate: Beliefs and perceptions of instructors who teach entrepreneurship to engineering students. International Journal of Engineering Education, 29(1), 45–62.

Zhou, Y., & Zhou, H. (2022). Research on the Quality Evaluation of Innovation and Entrepreneurship Education of College Students Based on Extenics. Procedia Computer Science, 199, 605–612. https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.01.074.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.21648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.