MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C (STUDI MULTISITUS DI SPNF SKB KOTA YOGYAKARTA DAN SPNF SKB KOTA SURAKARTA)

Atika Mega Jingga(1*), Slamet Lestari(2)

(1) 
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kurikulum, kendala yang dihadapi, serta solusi untuk mengatasi kendala terkait manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Kota Yogyakarta dan SPNF SKB Kota Surakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian multisitus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis situs tunggal dan analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan data dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua SPNF SKB telah menerapkan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka secara adaptif sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan karakteristik lokal. Manajemen kurikulum dilakukan secara sistematis melalui tahapan perencanaan berbasis kebutuhan, pengorganisasian sumber daya, pelaksanaan pembelajaran kontekstual, serta evaluasi berkelanjutan. Temuan juga menunjukkan adanya kesamaan dalam prinsip dasar pengelolaan kurikulum, namun terdapat perbedaan dalam pengorganisasian sumber daya dan strategi pelaksanaan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas pengelola dan pendidik, pengembangan kurikulum kontekstual, serta peningkatan kolaborasi lintas sektor dalam mendukung keberlanjutan program pendidikan kesetaraan.


Keywords


Manajemen Kurikulum; Mutu Pendidikan; Paket C; Studi Multisitus

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2006). Petunjuk Pelaksanaan Program Paket C. Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah.

Fauziyah, N. M., Huriyah, L., & Ibrahim, A. M. (2024). Curriculum Management of Package C Equivalent Program in Preparing Graduates Ready to Work in PKBM Alam Rumah Matahari Sukodono Sidoarjo. Educational Insights, 2(2), 87-97.

Joyce, B., & Showers, B. (2002). Student Achievement Through Staff Development. Alexandria: ASCD.

Kauchak, D. P., & Eggen, P. D. (2012). Learning and Teaching: Research-Based Methods (6th ed.). Boston: Pearson.

Laksono, B. A., Hamdan, A., & Alviansyah, M. R. (2023). Pengaruh Stigma Lulusan Pendidikan Kesetaraan Terhadap Keputusan Rekrutmen Di Dunia Kerja. Comm-Edu (Community Education Journal), 6(2), 105-114.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125.

Miles, M.B., Huberman, A.M., & SaldaƱa, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Mulyana, D. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2009). Manajemen Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasbi, I. (2017). Manajemen kurikulum: Sebuah kajian teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).

Pangestu, L. F., Yuliani, L., & Darusman, Y. (2021). Manajemen Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jendela PLS, 6(2), 85-94.

Raharjo, T. J., & Suminar, T. (2019). Penerapan Pedagogi dan Andragogi pada Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar Paket A, B, dan C di Kota Semarang. Edukasi, 13(1).

Rusman. (2011). Pengembangan Model Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiawan, D. (2015)."Stigma Sosial terhadap Pendidikan Kesetaraan di Indonesia". Jurnal Pendidikan Nonformal, 9(1), 12-20.

Sudjana, N. (2001). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukmadinata, N. S. (2009). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaputra, R., & Shomedran, S. (2023). Penyelenggaraan Program Pendidikan Kesetaraan Pada Satuan Pendidikan Non Formal SKB Kota Palembang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 17-34.

Tyler, R. W. (1949). Basic Principles of Curriculum and Instruction. University of Chicago Press.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 butir 19.

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Widiastuti, N. (2019). Dampak Perubahan Kurikulum terhadap Pendidikan Kesetaraan: Perspektif Pengelola dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Nonformal, 17(3), 44-56.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.21646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.