PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM UNGGULAN DI SMA SAINS TAHFIZ QUR’AN AL-AMMAR TANJUNG MORAWA

Rabiah Al-Adawiyah(1*), Mesiono Mesiono(2), Muhammad Rifa'i(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana Strategi Kepala Sekolah Dalam Melaksankan Program Unggulan di SMA Sains Tahfiz Quran Al-Ammar Tanjung Morawa; 2) Cara yang paling efektif untuk menjalankan tugas kepala sekolah dalam menjalankan program unggulan di SMA Sains Tahfiz Quran Al-Ammar Tanjung Morawa; 3) Unsur pendukung dan penghambat dalam menjalankan program unggulan di SMA Sains Tahfiz Quran Al-Ammar Tanjung Morawa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metodologi observasi. Dalam proses pengumpulan informasi, menggunakan strategi observasi, pertemuan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Strategi akan terlihat dari output atau hasil dalam membentuk pelatihan yang berkualitas melalui langkah-langkah yang layak dan efektif ke arah melakukan, memilah dan melibatkan setiap kemungkinan yang ada dalam menjalankan kewajiban dan kewajibannya dengan sumber daya yang ada. melalui administrasi. Pemimpin memberikan kesempatan untuk membantu tenaga pendidik untuk mengerjakan panggilan mereka, dan memberdayakan keterlibatan semua tenanga pendidik dalam berbagai kegiatan yang mendukung program sekolah. 2) Melalui pembuatan rencana kerja bermaksud mewujudkan dan meningkatkan mutu sekolah, administrasi yang baik yang hebat, pelaksanaan instruktur dan pembinaan kedisiplinan dosen, serta perluasan Sumber Daya Manusia dengan memberikan peluang seluas-luasnya kepada para pendidik untuk maju ke jenjang yang lebih tinggi. pendidikan melalui program biaya pendidikan. 3) factor pendukung dalam pengembangan diri siswa meliputi; antusiasi dan semangat siswa, partisipasi dan kekompakan, segala sesuatunya setara, dukungan dari orang tua, komunikasi yang baik, dan kerangka kerja yang mendukung. Faktor penghambatnya adalah tidak adanya disiplin dan rasa percaya diri siswa, latar belakang keluarga, faktor pertemanan.

 


Keywords


Kepala Sekolah; Program; Program Unggulan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ade, M. (2012). Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Pembelajaran Pada SMK Se Kabupaten Purwakarta. Jurnal Administrasi Pendidikan, 14(1).

Aprilianto, A., Sirojuddin, A., & Afif, A. (2021). Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 107–130.

Azharuddin. (2020). Peran dan Fungsi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. JIHAFAS, 3(2).

Candra, W. (2021). Kapita Selekta Manajemen Pendidikan. CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Fahma, A., Mesiono, M., & Hadijaya, Y. (2021). Leading class program evaluation in improving the quality of education. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 7(02), 233–242.

Hadis, A. (2014). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ishaq, & Yusrizal. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulabih dan SMA Negeri Meulabih. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1).

Keling, M., Suwandi, S., & Hasibuan, M. M. (2022). MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL YUSUFIAH KECAMATAN RANTAU SELATAN. Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 124–136.

Kompri. (2017). Standarisasi kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Kencana.

Malingkas, M. (2022). Integritas Kinerja Kepala Sekolah. Pasaman Barat: CV. Azka Pustaka.

Manurung, S. R. R. W., Siahaan, A., Syukri, M., & Keling, M. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIK DI MAN ASAHAN. Research and Development Journal of Education, 9(2), 999–1015.

Muhammad, A. (2022). Pengelolaan Madrasah Diniyah Kontemporer. Jember: Yayasan Darul Hikam.

Timor, H., Saud, U. S., & Suhardan, D. (2018). Mutu Sekolah; Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 21–30.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.21227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).