PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS APLIKASI GOOGLE MEET TERHADAP PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI PRODI PJKR UPMI MEDAN

Epi Supriyani Siregar(1*), Bambang Gulyanto(2), Imanuddin Imanuddin(3), Puji Hariati(4), Rizki Kurniati(5)

(1) Universitas Pembinanan Masyarakat Indonesia
(2) Universitas Asahan
(3) Universitas Pembinanan Masyarakat Indonesia
(4) Universitas Pembinanan Masyarakat Indonesia
(5) Universitas Pembinanan Masyarakat Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pembelajaran agama Islam pada Program Studi PJKR UPMI Medan akan dinilai dalam penelitian ini dari hasil pemanfaatan media pembelajaran online melalui aplikasi Google Meet. Kelompok mahasiswa yang berpartisipasi dalam pembelajaran melalui Google Meet diberikan data pretest dan posttest sebagai bagian dari desain penelitian eksperimental. Hasil penilaian menunjukkan 1) bahwa peningkatan hasil belajar Mahasiswa berkorelasi signifikan dan positif dengan penggunaan Google Meet. Hasil penelitian ini memiliki implikasi penting dalam pengembangan pendidikan agama berbasis teknologi dan menegaskan potensi penggunaan Google Meet sebagai alat pembelajaran yang efektif. Disarankan untuk terus mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran agama dan melakukan pelatihan lebih lanjut untuk meningkatkan kompetensi dosen dan Mahasiswa dalam menggunakan media pembelajaran online. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas media pembelajaran online dalam konteks agama.

 


Keywords


Media Pembelajaran; Online; Google Meet; Hasil Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anderson, T., & Dron, J. (2011). Three generations of distance education pedagogy. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 12(3), 97.

Bates, A. W. (2015). Teaching in a digital age: Guidelines for designing teaching and learning for a digital age. Tony Bates Associates Ltd.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning. John Wiley & Sons.

Garrison, D. R., Anderson, T., & Archer, W. (2015). Critical inquiry in a text-based environment: Computer conferencing in higher education. The Internet and Higher Education, 2(2–3), 87–105.

Jonassen, D. H., & Land, S. M. (2012). Theoretical foundations of learning environments. Routledge.

Laurillard, D. (2012). Teaching as a design science: Building pedagogical patterns for learning and technology. Routledge.

Lowenthal, P. R., & Dunlap, J. C. (2010). From pixel on a screen to real person in your students’ lives: Establishing social presence using digital storytelling. The Internet and Higher Education, 11(1), 1–12.

Moore, M. G., & Kearsley, G. (2011). Distance Education: A Systems View of Online Learning. Cengage Learning.

Palloff, R. M., & Pratt, K. (2015). Lessons from the cyberspace classroom: The realities of online teaching. John Wiley & Sons.

Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants part 1. On the Horizon, 9(5), 1–6.

Reeves, T. C., Herrington, J., & Oliver, R. (2005). Design research: A socially responsible approach to instructional technology research in higher education. Journal of Computing in Higher Education, 16(2), 96–115.

Salmon, G. (2013). E-tivities: The key to active online learning. Routledge.

Siemens, G. (2005). Connectivism: A learning theory for the digital age. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 2(1), 3–10.

Swan, K., & Shih, L. F. (2005). On the nature and development of social presence in online course discussions. Journal of Asynchronous Learning Networks, 9(3), 115–136.

Tapscott, D. (1998). Growing up digital: The rise of the net generation. McGraw-Hill.

Wiley, D. A., & Green, C. (2012). Why openness in education? The Open Education Consortium.

Zhao, Y., & Frank, K. A. (2003). Factors affecting technology uses in schools: An ecological perspective. American Educational Research Journal, 40(4), 807–840.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.21154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).