KONSEP DASAR DAN METODE PENGAJARAN FISIKA, BIOLOGI, KIMIA, ILMU PENGETAHUAN BUMI DAN ANTARIKSA DALAM IPA DI SD/MI

Sukma Lestari(1*), Muhd. Hayyanul Damanik(2), Azhar Azmi Manurung(3)

(1) 
(2) Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Tebing Tinggi
(3) Sekolah Dasar Negeri 168060
(*) Corresponding Author

Abstract


Peneltian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam terkait Konsep dasar Ilmu Pengetahuan Alam di Tingkat SD/MI yang memiliki peran penting dalam membangun fondasi pengetahuan ilmiah dan keterampilan berpikir kritis siswa. Artikel ini membahas konsep dasar dan metode pengajaran lima cabang IPA, yaitu Fisika, Biologi, Kimia, Ilmu Pengetahuan Bumi, dan Ilmu Antariksa, yang diajarkan di SD/MI. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka (library research) untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi dari berbagai literatur ilmiah, seperti buku, jurnal, dan dokumen resmi terkait pendidikan IPA di tingkat dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap cabang ilmu memiliki konsep dasar yang unik dan metode pengajaran yang relevan. Fisika berfokus pada fenomena seperti gerak, gaya, dan energi, dengan metode pengajaran berbasis eksperimen dan demonstrasi. Biologi mengajarkan tentang makhluk hidup dan ekosistem melalui observasi dan inkuiri. Kimia menekankan pada perubahan materi dan reaksi sederhana menggunakan pendekatan eksperimen praktis. Ilmu Pengetahuan Bumi memperkenalkan siswa pada struktur bumi dan fenomena geosains melalui model visual dan karya wisata, sementara Ilmu Antariksa mengajarkan tata surya dan fenomena astronomi menggunakan simulasi digital dan animasi. Metode pembelajaran yang interaktif dan kontekstual, seperti pembelajaran berbasis proyek, diskusi, dan teknologi digital, terbukti efektif meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap IPA. Artikel ini memberikan panduan praktis bagi guru untuk mengoptimalkan pembelajaran IPA di SD/MI, sekaligus menghadapi tantangan seperti keterbatasan fasilitas dan sumber daya. Dengan pendekatan yang tepat, pembelajaran IPA dapat membangun dasar ilmiah yang kokoh dan menginspirasi siswa untuk terus belajar di masa depan.


Keywords


Konsep Dasar; Metode Pengajaran; Ilmu Pengetahuan Alam

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afandi, T., & Mahmudah, U. (2025). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Inovatif dalam Pembelajaran IPAS untuk Melestarian Sumber Daya Alam. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 56-68.

Aisyah, H., Savitri, R. D., Putri, J. F., Husnufa, F. D., Saputra, A. B. M., Sudarti, S., & Habibah, H. (2024). Analisis Pengukuran Pada Materi Besaran Dan Satuan Terhadap Benda Beraturan Dan Tidak Beraturan. PHYDAGOGIC: Jurnal Fisika dan Pembelajarannya, 7(1), 1-5.

Andriani, Z. J. D. (2023). Membangun Siswa Sadar Lingkungan Melalui Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Ke Dalam Pembelajaran IPA Di SDN 1Tegaldlimo Sebagai Alternatif Mewujudkan Sekolah Bersih Dan Hijau. Indonesian Journal of Science Learning (IJSL), 4(1), 48-60.

Anggraini, U. (2023). Pengaruh Model Explicit Instruction Dengan Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep Sifat–Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V Mi Al Hidayah Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Anugrah, M. I. (2015). Pengembangan alat praktikum medan magnet sebagai media pembelajaran Fisika SMA (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Arvianti, L. A., Afifi, E. H. N., & Keliata, K. (2024). Inisiatif Guru Sekolah Dasar Menyediakan Media Dan Bahan Pratikum Sains Di Tengah Keterbatasan Fasilitas Laboratorium. Search: Science Education Research Journal, 2(2), 102-114.

Bennett, J. O., Donahue, M., Schneider, N., & Voit, M. (2020). The Cosmic Perspective: 9th ed. Pearson.

Carroll, B. W. & Ostlie, D, A. (2017). An Introduction to Modern Astrophysics (2nd ed.). Cambridge University Press.

Chang, R. & Goldsby, K. (2016). Chemistry (12th ed.). McGraw-Hill Education.

Chaisson, E., & McMillan, S. (1995). Astronomy: a beginner's guide to the universe. Prentice Hall. Pearson.

Damanik, M. H., Hairani, A., Antika, D., Sukma, D. P., Adlina, F., & Aulia, L. (2025). Peran guru madrasah ibtidaiyah sebagai agen pembelajaran literasi humanis. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 121-129.

Dwikoranto, D. (2011). Aplikasi metode diskusi dalam mengembangkan kemampuan kognitif, afektif dan sosial dalam pembelajaran sains. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 1(2), 40-49.

Freeman, S. & Herron, J. C. (2020). Evolutionary Analysis (6th ed.). Pearson.

Huda, M. K., Sulasmi, S. S. T., Keb, M. T., Mukhoyyaroh, Q., Nasution, J., Sadat, L. A., ... & Muhsinin, S. (2024). BIOLOGI DASAR. Cendikia Mulia Mandiri.

Ikhsan, R. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriente Guided Inquiry Learning (Pogil) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mts Muhammadiyah Penyasawan Pada Materi Pencemaran Lingkungan (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Ikhsan, M. H., & Prasetyo, S. (2025). Sinergi cabang-cabang ilmu pengetahuan alam dalam kompleksitas fenomena fotosintesis pada tumbuhan. Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 9(1), 001-026.

Khoirudin, A., Khoiri, N., Fahreza, R. B., & Nisa, I. F. (2023). Manajemen sekolah di era society 5.0 dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas sumber daya manusia. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 222-240.

Kurniawan, D. T., Santi, D. P. D., & Maryanti, S. (2020). Program edukasi astronomi melalui kegiatan stream untuk siswa sekolah dasar dalam upaya peningkatan kesadaran keamanan pengamatan peristiwa gerhana matahari. Al-Khidmat, 3(1), 70-78.

Kusumawati, N. (2022). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cv. Ae Media Grafika.

Lasaiba, M. A. (2022). Fenomena geosfer dalam perspektif geografi telaah substansi dan kompleksitas 1. 15 (1), 1–14.

Lestari, B., Damanik, M. H., Wati, K., Siregar, M., Siregar, S. K. I. S., Putri, F. A., ... & Amri, M. S. N. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual Terhadap Daya Ingat Materi Pelajaran IPAS pada Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar Kelas IV. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 5(2), 1902-1910.

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa Journal of Gender Studies, 13(1), 116-152.

Nasution, N. R., & Surya, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Mahasiswa PPS, 1(1), 98-102.

Odum, E. P. & Barrett, G. W. (2005). Fundamentals of Ecology. Nature.

Parrangan, J., Liputo, B., ... & Muaja, E. B. (2024). Mekanika Dasar. CV. Gita Lentera.

Ramadanti, N., Saefuddin, A., & Rahman, A. Y. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pelajaran IPA di MI: Team Quiz Cooperative Learning Model, Creative Thinking Ability, Science Subjects. TADRUSUUN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 4(2), 93-106.

Raven, P., Johnson, G., Mason, K., Losos, J., & Singer, S. (2013). Biology. McGraw-Hill Education.

Reece, J. B., Meyers, N., Urry, L. A., Cain, M. L., Wasserman, S. A., & Minorsky, P. V. (2015). Campbell Biology Australian and New Zealand Edition (Vol. 10). Pearson Higher Education AU.

Rumiati, R., Handayani, R. A. D., & Mahardika, I. K. (2021). Analisis konsep fisika energi mekanik pada permainan tradisional egrang sebagai bahan pembelajaran fisika. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 9(2), 131-146.

Seeds, M. A., & Backman, D. (2016). Foundations of Astronomy, Enhanced. Cengage Learning.

Tarbuck, E. J., Lutgens, F. K., & Tasa, D. G. (2018). Earth Science (15th ed.). Pearson.

Wiwidiyananingtiyas, E. (2024). Analis Pemanfaatan Lingkungan Pegunungan Desa Kepel sebagai Sumber Belajar IPS Siswa Kelas VII MTs Al-Falah (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Zaid, M., Razak, F., & Alam, A. A. F. (2022). Keefektifan media pembelajaran augmented reality berbasis STEAM dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal PELITA, 2(2), 59-68.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Zumdahl, S. S. & Zumdahl, S. A. (2019). Chemistry (10th ed.). Cengage Learning.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.21140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.