PENERAPAN KONSEP TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SD ISLAM PERTI JAKARTA BARAT

M. Ardiansyah(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada era revolusi 4.0 ini, munculnya Total Quality Management (TQM) dianggap sebagai solusi terhadap permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan beberapa konsep TQM yang diterapkan oleh SD Islam Perti Tomang, yaitu (1) fokus pada kepuasan konsumen, (2) komunikasi dan kerjasama antar karyawan, dan (3) upaya dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Metode yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif dalam studi kasus, dalam hal ini analisis data dilakukan melalui empat langkah: pengumpulan data, klasifikasi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil artikel menunjukkan bahwa SD Islam Perti Tomang mengimplementasikan konsep TQM untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakan, terutama dalam menggabungkan ilmu umum dengan nilai keislaman. Dalam merumuskan masalah, ditemukan bahwa ketiga konsep TQM yang dibahas saling terkait dan diterapkan secara terpadu oleh SD Islam Perti Tomang.


Keywords


Total Quality Management; TQM; Kualitas pendidikan; Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bahtiar, Y., Syaifuddin, M., & Khasibah, N. (2023). Pembinaan Kedisiplinan Belajar Santri Di Pondok Pesantren. Ej, 5(2), 211–226. https://doi.org/10.37092/ej.v5i2.466

Christy M. Tumbel1, Altje L. Tumbel2, I. D. P. (2016). Penerapan Sistem Manajemen Mutu Dalam Meningkatkan Kinerja Operasional Koperasi Simpan Pinjam (Studi Pada Koperasi Glaistygil Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(3), 14–26.

Indana, N., Pendidikan, P., Islam, A., Al-Urwatul, S., & Jombang, W. (2017). Implementasi Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng). 1(1), 62–86.

Miftahussaadah, M., & Subiyantoro, S. (2021). Paradigma Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa. Islamika, 3(1), 97–107. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1008

Muhali. (2018). Arah Pengembangan Pendidikan Masa Kini Menurut Perspektif Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala.

Muhammadiyah Makassar, U. (2017). Penerapan Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan mutu pelayanan pada PT. Pegadaian cabang Sopeng. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 105–129.

Musran Munizu. (2010). Praktik Total Quality Management (TQM) Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Telkom Tbk. Cabang Makassar). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(2), pp.185-194.

Prestiadi, D. (2015). Implementasi Total Quality Management (TQM) Dalam Mencapai Kepuasan Siswa. Educational Management, 4(2), 107–115.

Saril, S. (2019). Total Quality Management (Tqm) Sebagai Wujud Peningkatan Mutu Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 963–972.

Syahrul Riyadi, D., Chairany, E., Mardiah, A., Wahdaniah Ijatul Islamiah, N., & Ahmad Dahlan Yogyakarta, U. (2021). Peran Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(3), 497–506.

Tismat, T., & Mitrohardjono, M. (2018). Management Dan Penerapan Operasional Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Dalam peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan, 3(1), 7–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.21090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).