KORELASI MOTIVASI KERJA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN DISIPLIN KERJA GURU

Sri Rahayu Nasution(1*), Candra Wijaya(2), Nurika Khalila Daulay(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan motivasi kerja dengan disiplin kerja guru (2) hubungan interaksi interpersonal dengan disiplin kerja guru (3 hubungan antara motivasi kerja dengan interaksi interpersonal Mempengaruhi disiplin kerja guru. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan sampel penelitian ini adalah 132 guru. Kuesioner model skala Likert digunakan untuk mengumpulkan data penelitian, dan rumus korelasi product-moment digunakan untuk mengetahui hubungan antar variabel, sedangkan disiplin kerja guru dan beberapa faktor digabungkan untuk menentukan derajat hubungan antar variabel tersebut. seperti motivasi kerja dan komunikasi interpersonal. Relevansi digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) adanya hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dengan disiplin kerja guru; 2) adanya hubungan yang signifikan antara interaksi interpersonal dengan disiplin kerja guru (3) adanya hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara motivasi kerja dengan interaksi interpersonal.


Keywords


Motivasi Kerja; Komunikasi; Pribadi; Disiplin Kerja; Guru

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arianto, D. A. N. (2013). Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi Tehadap Kinerja Tenaga Pengajar. 9(2). http://journal.uny.ac.id/1809 Vol. 9. No. 2.

Mulyasam, E. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Remaja Rosdakarya.

Pace, R. W. dan D. F. F. (2006). Komunikasi Organisasi, Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Remaja Rosdakarya.

Syukri, M. (2021). Budaya Kerja Kepala Madrasah (Aktualisasi Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama Pada Madrasah Aliyah),. Pusdikara Mitra Jaya.

W, P. (2006). Pengaruh Faktor-Faktor Kepuasan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B di Klaten. Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori Aplikasi dan Penelitian. Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.21055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).