PENGARUH PBL MELALUI YOUTUBE PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN MAKASAR 03 JAKARTA PADA MATA PELAJARAN IPAS

Alifia Kintan Rachmadani(1*), Yulia Rahmadhar(2)

(1) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF.DR.HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Peranan penting dalam mengembangkan kecerdasan suatu negara dipegang oleh pendidikan. Dalam pendidikan, kecerdasan peserta didik dikembangkan dari kemampuan berpikir kritis. Namun, kemampuan berpikir kritis masih terkategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PBL melalui youtube pada kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas 5 SDN Makasar 03 Jakarta pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini dilakukan di SDN Makasar 03 Jakarta Timur. Penelitian ini berjenis eksperimen. Eksperimen menggunakan kelas kontrol (VC) dan eksperimen (VA) yang terdiri dari 30 peserta didik tiap kelasnya. Mata pelajaran penelitian adalah IPAS. Pengumpulan data dari observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data melalui uji anova dan uji hipotesis. Hasil menyatakan adanya pengaruh PBL melalui youtube pada kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas 5 SDN Makasar 03 Jakarta pada mata pelajaran IPAS.


Keywords


Model; PBL; Audio Visual; Youtube; Berpikir Kritis

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adam, S. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2).

Auniyah, F., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Logis Siswa Terhadap Kemampuan Belajar Secara Kolaboratif Pada Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4(7), 2178-2185.

Cecariyani, S. A., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Kreatif dan Tujuan Konten Youtube (Studi Kasus Konten prank Yudist Ardhana). Prologia, 2(2), 495-502..

Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67-72.

Mason, Mark. (2007). Critical Thinking and Learning. Educational Philosophy and Theory.

Ngalimun. (2017). Strategi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Panarama Ilmu.

Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 246-259.

Sanjaya, Wina. (2021). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, Dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.20879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).