IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Ira Pratiwi Ramdayana(1*), Memmy Dwi Jayanti(2), Irham Ramdani(3)

(1) universitas indraprasta pgri
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter pada jenjang sekolah menengah pertama. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Desa Putera Jakarta pada tahun 2021. Informan kunci para pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru dengan instrumen penelitian menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data, yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil: implementasi Pendidikan karakter. Implementasi pendidikan karakter tersbut tergambar dari keseharian yang berjalan di SMP Desa Putera, di mana seluruh civitas sekolah ikut menciptakan suasana dan lingkungan belajar yang kondusif di sekolah. Hasil dari penanaman dari ke-18 nilai tersebut terlihat pada peserta didik yang religius, mampu hidup berdampingan di tengah perbedaan, rendah dan murah hati, sopan dan ramah, saling menghormati, berdaya juang, juga mampu bekerja sama dan gotong royong. Nilai-nilai tersebut dalam prakteknya sudah memenuhi dimensi pendidikan karakter yang diantaranya terdapat dimensi olah hati (etika), olah rasa (estetik) etika (olah hati), olah pikiran (literasi), dan olah raga (kinestetik). Implementasi Pendidikan Karakter ini cenderung dilakuan secara implisit baik di tengah kegiatan belajar mengajar, kegiatan minat dan bakat siswa (ekstra kulikuler), dan kokurikuler.


Keywords


Kualitatif; Metode Deskriptif; Wawancara; Observasi; Informan Kunci

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akhmad, F. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Konsep Pendidikan Muhammadiyah. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 8(2), 79–85.

Ben?ea, C.-C. (2013). Investigation of the Organizational School Climate and Attitudes towards Change: A Study on a Sample of In-service Romanian Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 76, 100–104.

Bommel, J. V., Randahl, A. C., Liljekvist, Y., & Ruthven, K. (2020). Tracing teachers’ transformation of knowledge in social media. Teaching and Teacher Education.

Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., Bywaters, D., & Walker, K. (2020). Purposive sampling: complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing, 25(8), 652–661.

Ceyda, G., & Sevinc, P. (2012). Determination of high schools organizational climate. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 2947–2950.

Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77.

Fitriyani, P. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah „Aisyiyah (APPPTMA), 307–314.

Handayani, S., & Yuliana, A. (2014). Manfaat Nilai Tokoh Wayang Kumbakarna Terhadap Pengembangan Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA. Artikel Ilmiah Mahassiwa, 1–8.

Hendriana, C., & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2).

Islam, S. (2017). Karakteristik pendidikan karakter; menjawab tantangan multidimensional melalui implementasi kurikulum 2013. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Kleij, V. D. (2019). Comparison of teacher and student perceptions of formative assessment feedback practices and association with individual student characteristics. Teaching and Teacher Education, 85, 175–189. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.06.010.

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 280–289.

Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu, 14(2), 226–239.

Lubis, R. R. & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip

Maunah, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 90–101.

Mulyono, D. (2012). Menegaskan Karakter Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 63–68. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/365

Prasetyo, I. (2009). Membangun Karakter Wirausaha melalui Pendidikan Berbasis Nilai dalam program Pendidikan Non Formal. Jurnal Pendidikan Non Formal Indonesia, 1(1), 1–12. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Prasetyono, H. (2016). Graduate Program Evaluation in the Area Leading Educational, Outlying and Backward. Journal of Education and Practice, 7(36), 109–116.

Prasetyono, H. (2020). Peningkatan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMK Walisongo Jakarta). Research and Development Journal Of Education, Special Ed(October), 49–59.

Prasetyono, H., Abdillah, A., Djuhartono, T., Ramdayana, I. P., & Desnaranti, L. (2021). Improvement of teacher’s professional competency in strengthening learning methods to maximize curriculum implementation. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 720–727.

Prasetyono, H., Abdillah, A., Widiarto, T., & Sriyono, H. (2018). Character-based Economic Learning Implementation and Teacher’s Reinforcement on Student’s Affective Competence in Minimizing Hoax. Cakrawala Pendidikan, 37(3).

Prasetyono, H., Kurniasari, D., & Desnaranti, L. (2019). Evaluation of the implementation of Batik-skills training program. Research and Evaluation in Education, 5(2).

Rahayu, B. L. G., Putu, A. L., Ketut, S. I., & Hery, S. M. (2018). How consistent is teachers’ planning, implementation, and assessment in character education?. In SHS Web of Conferences. EDP Sciences.

Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Sukmaya, Y. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Dengan Metode Dongeng Menggunakan Media Wayang Golek Untuk Mengembangkan Karakter Persahabatan Anak Usia Dini: Penelitian Eksperimen Semu Di TK Islam Terpadu At-Taqwa KPAD Geger Kalong Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Supranoto, H. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran SMA. Jurnal Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro), 3(1), 36–49.

Tamam, B. (2019). Implementasi Edupreneurship Dalam Pembentukan Karakter Sekolah Unggul. 5(1).

Ulug, M., Ozden, M. S., & Eryilmaz, A. (2011). The effects of teachers’ attitudes on students’ personality and performance. Procedia - Social and Behavioral Sciences.

Wahyulestari, M. R. D. (2018). Keterampilan Dasar Mengajar Di Sekolah Dasar, Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0.” Universitas Muhammadiyah Jakarya.

Yeung, S. Y. S. (2012). A school evaluation policy with a dual character: Evaluating the school evaluation policy in Hong Kong from the perspective of curriculum leaders. Educational Management Administration and Leadership, 40(1), 37–68.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.20690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).