FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU SMKN 1 DEPOK DAN SMKS YAPAN INDONESIA

Anna Nurfarhana(1*), Agus Abdillah(2), Hendro Prasetyono(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh peran kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap disiplin kerja guru SMKN 1 Depok dan SMKS Yapan Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru kelompok bisnis dan manajemen di SMKN 1 Depok dan SMKS Yapan Indonesia yang berjumlah 120 orang. Dalam penelitian ini mengelompokkan guru berdasarkan pangkat/golongan/ruang, yaitu golongan III sebanyak 75 orang dan golongan IV sebanyak 45 orang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik stratified proportionated random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 90 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja (1), peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja (2), peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru (3), motivasi kerja terhadap kepuasan kerja (4) motivasi kerja terhadap disiplin kerja guru (5) dan kepuasan kerja terhadap disiplin kerja guru (6). Secara keseluruhan, baik secara langsung dan tidak langsung besarnya pengaruh diketahui 41,22%, sedangkan sisanya sebesar 59,20% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : Disiplin Kerja Guru, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja, Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah.


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v4i1.2065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).