PENGARUH BLENDED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AL-QUR’AN HADIS KELAS VIII MTSS HIDAYATUS SHIBYAAN
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan blended learning, motivasi belajar, dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Al-Qur’an Hadits. Kita juga ingin mengetahui bagaimana motivasi belajar berinteraksi dengan media pembelajaran. Seratus tiga puluh empat siswa kelas delapan dari empat mata pelajaran MTsS Hidayatus Shibyaan yang berbeda berpartisipasi dalam studi kuantitatif yang berlangsung pada tahun 2020–2021 ini. Dua kelas ditawarkan; satu adalah program hybrid dan yang lainnya adalah kursus online berbasis CRS. Penelitian telah menunjukkan bahwa siswa memperoleh lebih banyak informasi dari buku-buku Islam seperti Al-Qur'an dan Hadits ketika mereka memiliki akses ke pengajaran online dan tatap muka. Di Madrasah Swasta Tsanawiyah Hidayatus Shibyaan Labuhan Deli, hasil belajar siswa kelas VIII Al-Qur'an Hadits dipengaruhi oleh motivasi belajarnya. Di Madrasah Swasta Tsanawiyah Hidayatus Shibyaan Labuhan Deli, siswa kelas VIII yang memiliki keinginan belajar yang kuat (x = 78,17) berprestasi lebih baik dibandingkan siswa kelas VIII yang memiliki keinginan belajar yang lemah (x =72, 22). (3) Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Hidayatus Shibyaan Labuhan Deli saling berkomunikasi dan dengan sumber belajar yang disediakan untuk kajian Al-Qur'an dan Hadits.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Akmalia, R. (2021). Intensitas Motivasi Berprestasi Melalui Pembelajaran Daring. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3), 1–11. https://doi.org/10.22373/pjp.v10i3.12174
Astutik, P., & Hariyati, N. (2021). Peran Guru Dan Strategi Pembelajaran Dalampenerapan Keterampilan Abad 21 Pada Pendidikandasar Dan Menengah. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3).
Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Rajawali Pers.
Fernanda, D. A. E., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Online Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1195–1201. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1195-1201
Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84–92.
Fitriyana, N., Wiyarsi, A., Ikhsan, J., & Sugiyarto, K. H. (2020). ANDROID-BASED-GAME AND BLENDED LEARNING IN CHEMISTRY: EFFECT ON STUDENTS’SELF-EFFICACY AND ACHIEVEMENT. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(3), 507–521.
Hima, L. R. (2017). Pengaruh pembelajaran bauran (blended learning) terhadap motivasi siswa pada materi relasi dan fungsi. JIPMat, 2(1).
Lestari, P. (2021). Inovasi Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di SMA Negeri 7 Purworejo. Quality, 9(2), 293–310. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/quality.v9i2.12615
Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1568
Pusposari, D. (2017). Pendidikan yang Demokratis dalam Era Global. Seminar Nasional: PS PBSI FKIP Universitas Jember.
Ramadhan, G., Sari, D. Y., Erizon, N., & Rahim, B. (2022). Pengaruh Blended Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Las SMAW Kelas XI di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Jurnal Vokasi Mekanika, 4(2), 113–117. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/vomek.v4i2.367
Sadirman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada (Rajawali Pers).
Samsuddin, & Akmalia, R. (2017). Tafsir Ayat-Ayat Alquran Tentang Komunikasi Pendidikan. Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 95–106. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/almufida.v2i2.65
Sudjana, N. (2014). Penilaian dan Hasil Proses Belajar Mengajar, cet. XVIII. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Uno, H. B. dan N. L. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran; Aspek Yang Mempengaruhi. Jakarta: Bumi Aksara.
Warman, B. (2016). The Effect of Teachers Professional Competence and Learning Motivation on Accounting Students Learning Outcomes at Vocational High School I of Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 31–45.
Wicaksono, C. (2017). kontribusi motivasi belajar, lingkungan belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa teknik kendaraan ringan SMK muhammadiyah 1 salam, magelang. Universitas negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Zakiyyah, D., Suswandari, M., & Khayati, N. (2022). Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Sugihan 03. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 73–85. https://doi.org/https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.333.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.20634
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).