IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULLUM DALAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Hidden Curricullum PAI dalam pembinaan karakter religius siswa dan karakter yang terbentuk melalui proses belajar PAI. Penelitian ini bersifat kualitatif jenis deskriptif, yaitu jenis penelitian yang mengkaji data yang dapat menggambarkan realita sosial yang kompleks dan konkrit. Observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai alat yang digunakan untuk pengumpulan data. Analisa data berbasis interaktif mengikuti tahapan pra lapangan, kemudian pelaksanaan, selanjutnya analisa data, serta tahap kesimpulan dan tahap pelaporan merupakan analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat empat proses dalam penerapan Hidden Curricullum, diantaranya Tahfidz Qur'an, Qira'at Qur'an, Tilawah Qur'an dan Wisata Rohani. Kegiatan-kegiatan proses belajar PAI juga turut memiliki andil dalam membentuk karakter peribadi siswa, contohnya seperti pengenalan akan kitab suci Alquran, shalat fardhu dan sunnah, kegiatan sosial, akhlak mulia yang senantiasa dibiasakan sampai pada penanaman nilai-nilai sejarah dan keagamaan. Melalui kegiatan ini peserta didik akan terbiasa berbicara santun, membantu orang lain, disiplin dan lainnya, c) Solusi Penerapan Hidden Curricullum Dalam Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik di SDN. 136539 Tanjungbalai.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Akmalia, R. (2021). Intensitas Motivasi Berprestasi Melalui Pembelajaran Daring. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3), 1–11. https://doi.org/10.22373/pjp.v10i3.12174
Akmalia, R., & Kurnia, H. (2021). Problematika Guru dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 di SMP Binajaya, Bantul. AL-IRSYAD: JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING, 11(2), 300–312.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2).
Diajeng, R. F. D. P. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Budaya Sekolah Untuk Membangun Karakter Peserta Didik di MI Masyariqul Anwar 7 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Fauzan, F. (2017). Integrasi Islam Adan Sains Dalam Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru MI Berbasis KKNI. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 1(1).
Heryadi, A., & Bashori, K. (2022). Membangun Generasi Insan Kamil, Generasi Anti Korupsi. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 12(1), 159–170. https://doi.org/https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/article/view/955
Iman, M. F. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2).
Lafendry, F. (2020). Kualifikasi dan kompetensi guru dalam dunia pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam (2020), 3.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Nurhidayati, T. (2015). Inovasi pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 23–56. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.23-56
Sari, L., Purba, R., Umayroh, R., Munawaroh, S., & Akmalia, R. (2022). Penerapan Pendekatan Heuristik dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah. Akademi Pendidikan, 13(2), 199–209. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/aoej.v13i2.1234
Siahaan, A., & Hidayat, R. (2017). Konsep-Konsep Keguruan dalam Pendidikan Islam. Medan: LPPPI.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryanti, E. W., & Widayanti, F. D. (2018). Penguatan pendidikan karakter berbasis religius. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), 1(1), 254–262.
Syafaruddin, S., & Amiruddin, A. (2017). Manajemen Kurikulum.
Syibromilisi, S. (2021). FUNGSI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERJUANGAN DAKWAH RASULULLAH SAW. Tsaqafatuna, 3(2). https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v3i2.77
Trianingsih, R., Inayati, I. N., & Faishol, R. (2019). Pengaruh Keluarga Broken Home Terhadap Perkembangan Moral dan Psikososial Siswa Kelas V SDN 1 Sumberbaru Banyuwangi. Jurnal Pena Karakter (Jurnal Pendidikan Anak Dan Karakter), 2(1), 9–16.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.20477
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).